5 Langkah Budidaya Ternak Jalak Suren

5 Langkah Budidaya Ternak Jalak Suren

Posted on

Kebanyakan para pria akan lebih suka ternak dan membudidayakan hewan seperti burung, ikan, unggas, dna yang lainnya. Berbicara mengenai ternak hewan burung, salah satu jenis burung yang sekarang ini sedang jadi sorotan akan budidaya ternaknya adalah jalak suren. Burung jalak sendiri memang memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Namun dari sekian banyak burung jalak, jalak suren adalah salah satu burung yang memiliki banyak peminatnya. Ini dikarenakan burung jalak suren memang langka, sehingga bagi mereka yang memilikinya, pastinya akan sangat menguntungkan jika bisa mengelolanya. Ternak jalak suren ini akan bisa menghasilkan keuntungan besar jika peternak jalak bisa memberikan kualitas burung yang baik dan bermutu.

Misalnya saja pada hasil kicauan yang dihasilkan, semakin keras dan lulutnya jalak dengan pemilik maka harga yang ditawarkanpun akan sangat mahal. Ternak burung jalak suren ini sebenarnya akan sangat mudah jika pemilik jalak mengetahui beberapa cara dalam merawat dan membuatnya supaya bisa berkicau dengan indah. Dan pastinya dalam cara merawatnya, mereka harus tahu akan apa saja yang menjadi kesukaan, ketidaksukaan, dan jenis pakan yang mereka butuhkan. Dengan cara ini, pastinya pemilik akan bisa mendapatkan kualitas burung jalak yang bermutu. Nah, untuk mengetahui seperti apa dan bagaimana cara merawat serta beternak burung jalak suren supaya menghasilkan kualitas yang bagus, anda bisa pilih dan menggunakan cara berikut untuk cara ternak yang baik.

5 Langkah Budidaya Ternak Jalak Suren

Budidaya Ternak Burung Jalak Suren

Mendapatkan burung jalak suren yang memang sudah langka dan sulit untuk mendapatkan nya, bagi mereka yang memilikinya bisa ternak dengan cara yang mudah seperti yang akan diberikannya berikut. Untuk bisa ternak burung jalak dengan kualitas yang baik, langkah apa saja yang harus dilakukan ini harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya jika pemilik burung sulit untuk merawat atau menjaganya, maka ini akan berakibat fatal dengan hasil yang akan didapatkannya nanti. Cara budidaya ternak burung jalak suren bisa dilakukan dengan 5 tahap berikut, dan anda bisa melakukannya dengan mengikuti tiap tahapan yang akan diberikan.

Langkah Tepat Budidaya Jalak Suren

Langkah dan cara untuk melakukan budidaya ternak jalak suren yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil yang berkualitas yaitu:

  1. Memilih Induk dari Jalak Suren

Untuk memilih induk burung jalak terbaik supaya mendapatkan hasil yang berkualitas, maka pilihlah induk jantan dan betina dengan umur sekitar 1 hingga 2 tahun. Ini dilakukan karena usia jalak suren tersebut sudah memiliki kesiapan untuk kawin. Selain usia yang sudah di tentukan tersebut, pilihlah jalak suren yang jinak supaya saat mereka melakukan reproduksi akan bisa lancar dan tidak liar.

  1. Membuat Kandang untuk Penangkaran

Untuk membuat ukuran kandang pada jalak suren sebenarnya ini tidak memiliki ukuran tetap. Hanya saja ukuran penangkaran burung jalak suren yang ideal panjangnya 2 m, tinggi 2,25 m dan lebarnya sekitar 1 m. Tapi jika lahan yang dibutuhkan tidak mencukupi maka kandang untuk burung ternak jalak suren bisa dibuat dengan ukuran 1x1x1 meter3.

  1. Reproduksi Jalak Suren

Cara tepat untuk mengawinkan jalak suren betina dan jantan, peternak tidak usah bingung karena cara yang dilakukan tidak beda jauh seperti jenis burung lainnya.

  1. Mencukupi Kebutuhan Pakan

Dengan mencukupi kebutuhan pakan dari burung jalak suren, ini akan memberikan asupan yang baik supaya jalak bisa hidup dan mendapatkan kebutuhannya. Pakan utama yang biasa dipilih dan diberikan pada jalak suren, peternak jalak bisa memberi voer sebagai pakanannya. Sedangkan untuk pakan ekstranya, peternak bisa memberi pakanan lain seperti pisang kepok, ulat hongkong, dan jangkrik. Dengan pemberian kebutuhan seperti yang disebutkan, maka jalak suren betina akan mampu bertelur 1 minggu lamanya setelah dirinya melakukan proses kawinnya. Kemudian setelah itu, jalak betina akan mengerami hasil telurnya hingga telur menetas.

Budidaya Burung Jalak Suren

  1. Merawat Anak Burung Jalak Suren

Setelah mengetahui 4 langkah di atas, saat cara untuk melakukan perawatan dari anak burung jalak suren adalah dengan membiarkan anak jalak tinggal bersama induk selama kurang lebih 1 minggu hingga 1 bulan. Tapi beberapa penelitian yang sudah terbukti, anak jalak yang sudah berumur 1 minggu, biasanya sudah akan diambil dan dirawat sendiri.

Kelima langkah dalam cara budidaya ternak jalak suren juga bisa digunakan dalam ternak jenis jalak yang lainnya seperti jalak putih, jalak bali, jalak albino atau yang lainnya. Dengan menggunakan langkah di atas diharapkan anda bisa menghasilkan kualitas jalak terbaik yang bermutu dan sangat bagus. Semakin bagus jalak yang dihasilkan maka harganyapun juga akan sangat mahal sehingga ini akan sangat menggiurkan bagi para peternak jalak yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *