You are here
5 Langkah Cara Ternak Cucak Ijo Yang Berhasil Burung 

5 Langkah Cara Ternak Cucak Ijo Yang Berhasil

Kicauan burung adalah salah satu pemikat dari kualitas bagusnya burung. Semakin kencang kicauan yang dihasilkan maka kualitas burung akan semakin sempurna. Salah satu burung yang memiliki kicauan terbaik adalah cucok ijo. Burung yang memiliki bulu hijau dengan paru hitam ini sering membuat para peternak burung ingin sekali memilikinya. Cara ternak cucok ijo sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang sulit, karena para peternak cucok ijo harus sering melatih dan merawatnya supaya mereka bisa luluh dan akrab dengan pemilik dari dirinya. Cucok ijo sendiri juga merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai oleh para pecinta burung. Sehingga harga yang ditawarkanpun juga termasuk sangat mahal, apalagi jika burung tersebut sudah luluh dengan pemiliknya dan bisa berkicau dengan indah. Suara yang dihasilkan burungpun juga sangat khas sehingga ini membuat para pecinta burung juga ingin memilikinya.

Melihat banyaknya penggemar yang suka dan ingin memilikinya, prospek akan perkembangbiakan dari cucok ijo memang sangat bagus. Cara ternak bubidaya cucok ijo yang bisa di bilang tidak terlalu sulit, dan ini membuat para pecinta burung juga ingin beternak dan mengembangbiakan supaya dirinya bisa menghasilkan jenis burung lagi untuk dijadikan hobi dalam beternak atau bahkan bisa dijual dengan keuntungan yang lebih besar jika sudah luluh nantinya. Sifat dari burung cucok ijo sendiri memang agresif dan sering dijadikan bahan untuk tarung dengan jenis burung yang lainnya. Namun untuk bisa bertarung, pemilik harus bisa melatih dengan sabar, konsisten dan belajar untuk bisa bertarung dengan lawan jenis burung lainnya.

5 Langkah Cara Ternak Cucak Ijo Yang Berhasil

Cara Ternak Budidaya Cucok Ijo

Untuk cara ternak cucok ijo sendiri sudah dijelaskan secara gamblang bahwa dalam merawat burung ini tidaklah sulit. Hanya saja pemilik harus benar-benar memperhatikan proses akan pemeliharaannya mulai dari pemilihan induk, proses akan perkawinanya nanti, pakannya, kandang dan masa akan pengeraman dari anak telurnya. Untuk itulah, bagi anda yang suka dengan burung cucok ijo dan ingin memeliharanya, anda bisa ikuti langkah cara dalam ternak burung cucok ijo berikut ini.

Langkah Tepat Cara Ternak Burung Cucok Ijo

  1. Pemilihan Induk

Langkah pertama untuk cara menernak burung cucok ijo, pemilik burung harus bisa memilih induk burung yang tepat supaya mampu menghasilkan kualitas yang bermutu dan bagus. Dan jenis induk cucok ijo yang berkualitas, biasanya mereka akan menghasilkan keturunan yang positif dan berkualitas pula. Jenis induk yangberkualitas ini memiliki beberapa ciri seperti:

  • Umur induk cucok ijo jantan diatas 2 tahun
  • Umur induk cucok ijo betina diatas 1 tahun
  • Kondisi yang bagus, lincah dan tidak cacat fisiknya
  • Cucok ijo jantan akan rajin berkicau
  • Punya ukuran badan yang sesuai dan serasi baik pajang dan besarnya
  • Proses Kawin

Saat burung cucok ijo jantan dan betina akan melakukan perkawinan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya mendapatkan hasil kualitas yang bagus yaitu:

  • Pertama, masukkan induk cucok ijo dalam kandang dan setelah itu baru induk cucok ijo betina
  • Dekatkan kedua induk tapi berbeda sangkar/kandang
  • Lalu tunggu dan lihatlah apakah kedua burung memiliki reaksi yang positif atau tidak
  • Untuk mempertemukan kedua induk, anda bisa meletakkan sekat dibagian masing-masing sangkar untuk jalan mereka bertemu
  • Kemudian angkatlah sekat dan lihat apakah mereka ingin bertemu atau tidak, jika mereka mau bertemu maka mereka sudah siap untuk kawin dan begitu sebaliknya
  • Biasanya ciri mereka sudah rukun dan ingin kawin, cucok ijo jantan akan terus berkicau dan cucok ijo betinapun juga sama dengan ciri khasnya yang ngepler suara nya
  • Jika cucok betina menghindar bertanda bahwa dirinya belum mau untuk kawin
  1. Kandang Ternak Cucok Ijo

Untuk memilih kandang dari cara ternak cucok ijo ini memiliki 2 bentuk, saat mereka akan dikandang sendiri dan saat kawin akan memiliki kandang yang berbeda. Umumya kandang untuk peternak cucok ijo yang biasa digunakan, mereka akan memilih ukuran tinggi kandang 2,5 m dengan lebar 3 m, kemudian didalam kandang akan diberi sejenis pepohonan rindang untuk mengelabui akan burung supaya lebih jinak dan nyaman. Biasanya jenis pohon yang dipilih adalah pohon sawo, mangga dan belimbing atau yang lainnya. Kemudian didalamnya juga akan diberi tempat makan, minum, mandi, dan tangkringan untuk bersantai.

Menggeluti Pembudidayaan Ternak Cucak Ijo
Menggeluti Pembudidayaan Ternak Cucak Ijo
  1. Pakan

Jenis pakan yang digunakan untuk ternak cucok ijo haruslah memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan kalsium, mineral, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D3, E, C serta K3, dan juga kaya akan zat esensial seperti I-Lisin HCL, D-L Methionine, Folic Acid, serta Ca-D Pantothenate.

  1. Proses Pengeraman Cuck Ijo

Langkah terakhir adalah masa pengeraman dimana cucok ijo akan butuh kenyamanan dan rasa tenang didalam kandang untuk mengeram telur yang dihasilkan. Waktu pengeraman yang dibutuhkan biasanya sekitar 2 minggu/ 14 hari dengan daya akan penetasan telur yang ada didalam pengeramannya itu tergantung dengan kondisi lingkungan serta betina.

Nah, itulah sedikit wacana mengenai akan langkah dan cara ternak cucok ijo dengan kualitas yang baik dan bermutu. Semoga dengan diberikannya informasi di atas dapat membantu para peternak cucok ijo untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus dalam membudidayakannya supaya dapat menghasilkan burung cucok ijo yang bermutu dan berkualitas.

Related posts

Leave a Comment