You are here
Bercocok Tanam Dengan Media Hidroponik Tanpa Tanah Pertanian 

Bercocok Tanam Dengan Media Hidroponik Tanpa Tanah

Pak-Tani.com –  Cara menanam hidroponik – kemajuan jaman seperti yang kita rasakan sekarang ini ternyata memiliki sisi buruk. Di tengah maraknya pembangunan gedung-gedung besar diberbagai kota ternyata berdampak pada berkurangnya lahan kosong yang berdampak pada sedikitnya tanaman hijau yang kita jumpai, terutama di kota-kota besar. Hal ini menyebabkan mahalnya berbagai tanaman bahkan sayuran yang biasa kita makan di sekitar kita. Namun, kini masyarakat modern tak perlu lagi khawatir karena sekarang kita dapat bercocok tanam dengan cara hidroponik. Apa itu hidroponik?berikut penjelasannya.

Bercocok Tanam Dengan Media Hidroponik Tanpa Tanah
Bercocok Tanam Dengan Media Hidroponik Tanpa Tanah

Hidroponik adalah cara budidaya suatu tanaman dengan memanfaatkan media lain sebagai pengganti tanah. Meskipun tidak menggunakan tanah, bertanam dengan metode ini juga menggunakan beberapa unsur lainnya seperti air, kerikil, sabut kelapa, pupuk dan lain sebagainya. untuk tempatnya pun sangat mudah, anda dapat memanfaatkan botol-botol bekas anda yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan sebagai media tanam atau anda dapat menggunakan plastik bekas. Untuk tanaman yang dapat ditanam menggunakan metode ini pun sangat beragam. Anda dapat menanam sayur, buah, bahkan tanaman hias kesayangan anda.

Berbagai Macam Metode Penanaman Hidroponik

Ada berbagai macam metode penanaman hidroponik yang perlu anda tahu. Pertama ialah metode hydroponic kultur agregat. Metode jenis ini menggunakan media kerikil, sekam padi, dan pupuk sebagai media tanamnya. Sedangkan yang kedua adalah hydroponic kultur air. Metode ini merupakan metode yang sangat praktis karena kita hanya memerlukan air sebagai media tanamnya. Agar nutrisi makanan tanaman tetap tercukupi, anda dapat menambahkan larutan hara atau pupuk kandang pada bagian dasar media ini dan selanjutnya anda hanya perlu menanam tanaman ini hingga akar menyentuh dasar. Terakhir adalah hydroponic nutrient film technique. Metode ini merupakan metode yang seringkali kita jumpai. Pada metode ini, tanaman akan ditanam pada meida panjang dan sempit yang kemudian dialiri oleh air dan juga pupuk atau nutrisi bagi tanaman itu sendiri. bagi anda yang tertarik bercocok tanam dengan cara hidroponik, berikut akan kami rangkum caranya.

Baca juga : Terapkan Langkah Ini Untuk Bercocok Tanam Secara Hidroponik

Cara Mudah Menanam Tanaman Dengan Hidroponik

Cara menanam hidroponik sebenarnya cukup mudah karena bahan yang diperlukan ada di sekitar kita, hanya saja kita perlu ketelitian dan kesabaran saat menanamnya. Untuk pertumbuhan tanaman ini lebih cepat daripada tanaman biasanya karena tanaman ini mendapat nutrisi yang cukup. Bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup, anda dapat mencoba metode tanam berikut ini.

Bahan dan Alat Yang Diperlukan untuk Menanam dengan Hidroponik

Bahan yang diperlukan yakni :

  • Botol plastik air mineral yang sudah tidak terpakai
  • Gelas plastik air mineral bekas yang sudah tak terpakai
  • Kain untuk sumbu, jika ada gunakan kain flanel
  • Nutrisi hidroponik (campuran pupuk urea, KCL, NPK, gandasil)
  • Media tanam seperti kerikil, pecahan genting, batu bata atau kerikil.
  • Biji yang akan ditanam

Alat yang diperlukan yakni :

  • Ember plastik
  • Timbangan
  • Alat pengaduk
  • Air sumur / air sungai
  • Gunting

Baca juga : Benarkah Bercocok Tanam Sayuran di Polybag Hasilnya Memuaskan?

Langkah Mudah Menanam Hidroponik Sistem Wick
Langkah Mudah Menanam Hidroponik Sistem Wick

Langkah Mudah Menanam Hidroponik

  • Cara menanam hidroponik yang pertama, gunting botol bekas menjadi 2 bagian. Bagian atas botol tutup dengan sumbu dari kain lalu masukkan bagian atas ke botol yang satunya dengan cara terbalik.
  • Isi atas sumbu dengan media tanam yang mudah anda dapat.
  • Taburkan biji ke media tanam dan siram dengan nutrisi hidroponik.
  • Bagian botol yang bawah isi dengan air dan tunggu hingga tanaman anda tumbuh dengan subur.

Related posts

Leave a Comment