You are here
Bertanam Cabe Rawit Dengan Mudah Dan Cepat Sayur 

Bertanam Cabe Rawit Dengan Mudah Dan Cepat

Cara menanam cabe rawit – cabe adalah salah satu rempah yang memiliki rasa yang pedas. Cabe sendiri juga banyak digunakan sebagai bumbu disetiap masakan khas Indonesia, salah satunya adalah rendang. Cabe bukan sembarang rempah karena cabe memiliki beberapa manfaat yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan juga antikanker. Kandungan vitamin C pada cabe juga sangat tinggi sehingga bagus untuk daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Namun, untuk anda yang memiliki gangguan pencernaan, anda disarankan tidak terlalu banyak mengkonsumsi cabe karena akan menyebabkan sakit asam lambung pada anda.

Selain sebagai bumbu masakan, cabe juga dapat diolah menjadi sesuatu yang berbeda yakni sebagai manisan. Ya, manisan cabe. Anda tak perlu khawatir karena manisan cabe ini memiliki rasa yang manis bukan rasa pedas seperti yang anda bayangkan. Selain menjadi manisan, cabai juga kerap digunakan sebagai sambal. Banyak masyarakat yang meyakini bahwa makan dengan ditemani cabe akan menambah rasa nikmat setiap masakan. Namun, anda juga harus mengetahui jenis-jenis cabe sebelum menobatkan cabe sebagai teman makan anda.

Bertanam Cabe Rawit Dengan Mudah Dan Cepat

Jenis-Jenis Cabai

Bagi anda pecinta cabe, anda perlu kenal dengan jenis-jenis cabe yang ada di Indonesia. Pertama adalah cabe rawit. Cabe rawit ini memiliki bentuk yang kecil namun memiliki rasa yang pedas. Cabe rawit ini biasa digunakan masyarakat sebagai bumbu masakan atau sebagai pelengkap makan. Cara menanam cabe rawit juga sangat mudah. Kedua, cabe keriting. Cabe ini memiliki bentuk keriting dan panjang. Cabe ini tidak terlalu pedas namun warna yang dihasilkan dari cabe ini sangat merah sehingga sering digunakan sebagai bumbu masakan yang menggunakan warna merah seperti kari atau balado. Ketiga adalah cabe gendot. Cabe jenis ini berbentuk kecil dan agak bulat. Cabe ini memiliki beragam warna seperti hijau, kuning, dan juga orange.

Keempat adalah cabe ceplik. Cabe jenis ini memiliki citarasa yang pedas. Bentuk cabe ini bulat agak memanjang dan sering digunakan sebagai pewarna hijau pada masakan. Kelima adalah cabai jemprit. Cabe jenis ini berbentuk kecil dan pendek. Cabe jenis ini biasa dijumpai pada saat kita memakan gorengan. Rasanya yang pedas sangat cocok dimakan bersama dengan gorengan. Keenam adalah cabe hijau. Cabe jenis ini seringkali kita jumpai pada masakan-masakan tumis. Bentuknya besar panjang. Cabai ini tidak berasa pedas. Selanjutnya masih banyak jenis cabe yang ada di Indonesia maupun didunia.

Cara menanam cabe rawit

Budidaya Tanaman Cabai

Budidaya tanaman cabai sangat mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus. Khusus masyarakat Indonesia sangat menggemari cabai jenis rawit karena cabe jenis ini harus selalu ada disetiap masakan. Cara tanamnya juga sama dengan cabe jenis lainnya. Namun ada hal yang perlu diperhatikan yakni jarak tanam pohon cabe agar produksi dapat maksimal. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

Cara menanam cabe rawit ini sangat mudah. Bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup, anda dapat menggunakan pot sebagai media tanam. Pertama, siapkan tanah berhumus dan pupuk kandang. Kemudian siapkan bibit cabai siap tanam. Jika anda menggunakan pot atau polybag, anda tinggal memasukkan bibit ke tengah-tengah media. Namun jika anda langsung menanamnya didalam tanah, tanamlah dengan jarak yang tidak terlalu dekat. Beri pupuk dan air. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment