cara merawat bunga mawar agar tidak layu

Biar Mawarmu Tetap Cantik, Coba Tips Merawat Bunga Mawar Ini

Posted on

Pak-Tani.com – Jenis bunga mawar sangat beraneka ragam, tak heran jika bunga mawar kerap ditemui sebagai hiasan tempat tinggal. Manfaat yang dapat kita rasakan dari bunga mawar adalah keindahan bunganya, dan keharuman yang khas dari bunganya. Menanam bunga mawar tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, sahabat harus tahu tentang cara menanam bunga mawar yang baik. Jika dilakukan dengan asal asalan, peluang bunga mawar yang sahabat tanam untuk hidup sangat kecil sekali.

cara merawat bunga mawar agar tidak layu

Banyak yang menanam bunga mawar didalam pot karena kurangnya lahan dan tempat. Untuk menanam bunga mawar didalam pot, ada cara yang harus sahabat sekalian ketahui. Menanam bunga mawar dengan cara stek misalnya, yang perlu sahabat persiapkan adalah bibit stek yang baik. Dalam teknik ini, sahabat pilih batang dibagian tengah tetapi tidak jauh dari pangkalnya dan jangan memilih sisi ujung yang masih muda.

Stek mawar menggunakan tangkai yang sudah tua, kemudian potong sepanjang 4 sampai 6 cm dengan alat potong yang tajam serta seteril. Media tanam yang bisa dipakai adalah tanah gembur yang tidak mengandung pupuk. Gunakan polybag ukuran seperempat kilo untuk tempat tanamnya. Tancapkan potongan tangkai mawar sedalam setengah media tanam. Berikan air secukupnya, kemudian tempatkan media tanam tadi di tempat yang teduh.

Bila telah nampak tiga lembar daun, tandanya bibit mawar sudah dapat dipindah. Media tanam baru dapat menggunakan kombinasi kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 2. Pindahkan bibit mawar dengan cara merobek polybag, untuk menghindari kerusakan akar. Perhatikan juga tanda tanda penyakit pada bunga mawar, dapat sahabat lihat dari munculnya karat daun serta bercak hitam pada daun bunga mawar.

Baca juga : Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek di Pot

Agar Mawarmu Rajin Berbunga

cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga

Agar bunga mawar sahabat rajin berbunga adalah dengan memberi nutrisi yang sesuai. Nutrisi bisa didapat dari pupuk, pupuk yang baik adalah pupuk kandang. Jika sahabat kesusahan mendapatkan pupuk kandang, sahabat bisa menggunakan pupuk NPK. Tetapi penggunaan pupuk NPK tidak boleh sesering penggunaan pupuk kandang. Penggunaan pupuk NPK secara berlebihan dapat mematikan bunga bawar sahabat. Untuk satu tanaman bunga mawar, cukup berikan 10-20 butir pupuk NPK dan dilakukan sebulan sekali.

Penyiraman bunga mawar dilakukan 2 kali, pagi dan sore jika cuaca panas, jika tidak panas cukup disiram sekali saja di pagi hari. Bunga mawar tak perlu disiram jika cuaca hujan dan terkena air hujan langsung, namun esok harinya disarankan untuk menyemprot daun dengan air biasa, karena air hujan bersifat keras terhadap bunga mawar. Jika tidak terkena air hujan, cukup disiram dua kali sehari apabila di musim hujan.

Bunga mawar sahabat akan rajin berbunga jika rutin diberi pengobatan agar terhindar dari hama. Jika terserang hama,tentu pertumbuhan mawar akan terhambat. Penyemprotan obat insektisida dan fungisida dilakukan minimal sebulan sekali jika diperlukan. Jangan lupa bersihkan gulma yang tumbuh di media tanam bunga mawar sahabat.

Cara lain yang dilakukan agar mawar sahabat rajin berbunga adalah dengan memotong tangkai bunga mawar yang sudah mengering. Bahkan terkadang tidak perlu menunggu mulai mengering untuk dipotong. Pemotongan tangkai dilakukan untuk merangsang pertumbuhan tunas baru. Pertumbuhan tunas baru dapat menghasilkan bunga yang baik.

Itu tadi sedikit cara agar bunga mawar sahabat pak tani sekalian dapat rajin berbunga. Akhir kata, semoga artikel tentang cara merawat bunga mawar ini dapat berguna bagi sahabat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *