Budidaya Ikan Cupang Praktis

Budidaya Ikan Cupang Praktis

Posted on

Pak-Tani.Com – Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang dalam budidayanya sangatlah mudah. Dan saat ini karena kemudahan dalam pemeliharaan ikan cupang banyak orang yang mulai berpikir untuk membudidayakan ikan cupang.

Memang sangat mudah dalam budidaya ikan cupang karena didalam budidaya ikan cupang tidak butuh tempat yang luas dan juga tidak butuh modal yang sangat besar. Bahkan bisa menjadi sebuah bisnis rumahan yang sangat potensial. Ikan cupang ini merupakan sebuah jenis ikan air tawar dari daerah tropis. Banyak ditemukan ikan cupang ini di perairan Asia Tenggara dan di Indonesia juga banyak jenis ikan cupang yang bisa ditemukan di alam bebas seperti rawa – rawa, danau dan sungai yang punya arus tenang. Ada satu hal yang sangat istimewa dari ikan cupang yaitu daya tahannya. Buat Anda yang tertarik budidaya ikan cupang, disini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda!

Budidaya Ikan Cupang Praktis

Cara Budidaya Ikan Cupang

Memilih indukan ikan cupang

Anda yang akan memulai budidaya ikan cupang, langkah pertama yang Anda perlu siapkan yaitu indukan atau bibit ikan cupang. Anda harus pilih bibit ikan cupang yang berkualitas. Bibit yang paling baik untuk Anda pilih yaitu yang berasal dari keturunan unggul dengan kondisi yang bugar dan bebas cacat bawaan. Anda upayakan untuk menyimpan indukan jantan dan juga indukan ikan cupang betina secara terpisah.

Baca juga :

Pemijahan ikan cupang

Setelah indukan jantan dan juga setelah indukan betina ikan cupang siap untuk memijah, yang Anda perlu lakukan yaitu menyediakan tempat berupa wadah yang terbuat dari baskom dengan ukuran 20x20x20 cm. Anda siapkan juga gelas plastik sebagai tempat untuk wadah ikan cupang betina dan sediakan juga tumbuhan air seperti kayambang.

Siapkan pakan ikan cupang

Satu hal yang Anda perlu tahu bahwa pakan paling favorit dari ikan cupang adalah kutu air, cacing sutera dan juga nyamuk atau larva. Anda akan sangat lebih baik kalau memberikan pakan kepada ikan cupang sesering mungkin sekitar 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari.

Lakukan perawatan ikan cupang

Seperti apa cara perawatan ikan cupang yang tepat? Ikan cupang sendiri sebenarnya merupakan jenis ikan yang tahan banting. Anda bisa pelihara ikan cupang didalam akuarium tanpa menggunakan aerator. Ikan cupang ini tahan dengan kondisi air minim oksigen tetapi kualitas air selalu harus Anda jaga supaya kesehatan ikan cupang terjaga.

Sekian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *