You are here
cara bercocok tanam anggur dari bijinya Pertanian 

Cara Bercocok Tanam Anggur Dari Bijinya

Pernahkah Anda berkeinginan untuk bercocok tanam anggur sendiri di rumah? Tanaman anggur merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat indah, sekaligus berguna, serta tanaman anggur ini adalah tanaman tertua yang telah dibudidayakan oleh manusia.

Selain itu, tanaman anggur umumnya direproduksi dari stek atau pun cangkok, walaupun demikian apabila Anda bertekad dan sabar, Anda bisa menanam anggir dari bijinya. Seperti apa caranya? Simak ulasan di bawah ini.

Cara bercocok tanam anggur dari bijinya

cara bercocok tanam anggur dari bijinya
cara bercocok tanam anggur dari bijinya

Hal yang pertama harus Anda perhatikan untuk menanam anggur dari bijinya ini adalah dengan memilih varietas anggur yang tepat. Bagaimana maksudnya? Ada ribuan varietas anggur di dunian, supaya bisa berhasil dalam menanam anggurnya, Anda bisa memilih varietas terbaik untuk ditanam.

Untuk itulah di sini yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa riset tantang varietas anggurnya.

Selain hal tersebut, langkah selanjutnya adalah mendapatkan benih atau biji anggurnya. Segeralah Anda tahu mana varietas terbaik yang ingin Anda tanam. Carilah biji anggur yang bisa Anda dapatkan dari buah anggur yang Anda beli, dari pusat pembibitan atau pun dari petani.

Langkah berikutnya adalah emmastikan benih atau biji anggur tersebut layak untuk ditanam, serta pastikan biji tersebut dalam keadaan sehat dan bagus.

Kemudian lakukan proses stratifikasi pada benih atau biji anggurnya. Lalu, lanjutkan pada proses penanaman benih atau biji anggur. Pada awal musim semi, ambilah biji yang sudah dimasukan kedalam kulkas dan tanamanlah di dalam pot atau polybag yang sudah diisi dengan tanah yang bagus.

Selanjutnya lakukan transplantasi bibit, ketika benih atau bibij anggur Anda sudah tumbuh kira-kira 8 cm, maka pindahkanlah ke dalam pot atau polybag yang lebih besar. Untuk menjaga kesehatan tanaman, ada baiknya membiarkan bibit tersebut dalam ruangan, sampai tingginya mencapai 30 cm.

Lanjutkan dengan menanam bibit anggur kedalam tanah. Hal ini bertujuan agar biji tersebut bisa berkembang dengan baik, sebab tanaman anggur juga memerlukan banyak sinar matahari. Dan jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan secara tepat pada tanaman anggur tersebut.

Demikianlah cara bercocok tanam anggur dari bijinya yang dapat kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Related posts

Leave a Comment