Cara Beternak Angsa Paling Mudah

Cara Beternak Angsa Paling Mudah

Posted on

Pak-Tani.Com – Angsa yang seringkali menjadi pemeran utama didalam film kartun merupakan salah satu hewan unggas yang sangat mudah dipelihara. Dalam melakukan ternak angsa memang tidak butuh makanan yang khusus dan tidak butuh perawatan khusus. Angsa juga dapat lebih tahan atas serangan penyakit dan virus serta angsa juga hampir tidak perlu obat – obatan dalam pemeliharaannya. Di sisi lain angsa juga dapat menjadi ternak peliharaan yang sangat baik di pekarangan rumah.

Akan tetapi saat ini memang tak banyak orang yang ternak angsa karena menilai ternak angsa kurang menguntungkan. Siapa bilang? Ternak angsa sangat menguntungkan kok apalagi kalau angsanya nggak bandel dan mudah tumbuh. Buat Anda yang ingin ternak angsa, berikut ini kami berikan cara beternak angsa paling mudah yang Anda bisa terapkan.

Cara Beternak Angsa Paling Mudah

Cara Beternak Angsa Paling Mudah

Ada beberapa langkah yang Anda perlu perhatikan jika memang ingin berhasil dalam beternak angsa. Langkah pertama yang Anda perlu perhatikan yaitu :

Lakukan pemilihan bibit

Dalam memilih bibit sendiri sebenarnya tergantung atas tujuan pemeliharaannya. Jika memang Anda melakukan ternak angsa hanya untuk sekedar hobi maka akan banyak cara mudah yang Anda bisa lakukan akan tetapi kalau tujuannya untuk produksi daging atau telur maka ada baiknya Anda pilih bibit dari induk yang memang pertumbuhannya paling cepat dan dapat menghasilkan banyak telur. Anda harus benar – benar selektif dalam pemilihannya.

Baca juga :

 

Lakukan persiapan kandang dan peralatan

Angsa sendiri sebenarnya merupakan sebuah unggas yang tidak betah tinggal didalam kandang. Karena itu ada baiknya kalau Anda biarkan angsa berkeliaran di belakang halaman rumah dengan Anda berikan batas tertentu. Anda butuh kandang sebagai tempat berteduh dari  hujan lebat dan angin kencang dan juga sebagai tempat tidur angsa di malam harinya. Anda bisa siapkan kandang dengan ukuran tiap ekor 1 x 1 meter.

Jangan lupa beri pakan

Anda bisa berikan pakan kurang lebih sebanyak 15% protein ditambah dengan vitamin dalam kadar yang sama dengan kadar pemberian pada ayam. Anda bisa berikan pakan kepada angsa berupa dedak yang Anda campur sayuran atau sisa makanan lainnya. Dan jika Anda pelihara angsa dengan tujuan konsumsi, ada baiknya umur angsa yang baik untuk dikonsumsi yaitu sekitar 6 bulan kemudian Anda keram pada sangkar yang lebih kecil dengan makanan penuh 3 sampai dengan 4 minggu sebelum dikonsumsi.

Demikian sedikit informasi yang kami berikan kali ini mengenai Cara Beternak Angsa Paling Mudah. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *