You are here
Budidaya Ayam Petelur Peternakan 

Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Sukses dan Hasil Menguntungkan

Pak-Tani.com Budidaya ayam petelur sepertinya tidak ada matinya, dimana kebutuhan pasar akan stok telur yang terus meningkat pesat maupun untuk didistribusikan ke daerah-daerah lain yang memiliki pasokan telur yang rendah. Permintaan telur yang terus meningkat dan membutuhkan pasokan besar tidak terlepas dari besarnya kebutuhan masyarakat akan ketersediaan telur yang merupakan salah satu komoditi yang paling dicari baik untuk kebutuhan rumah tangga, restoran, warung, hingga produksi besar.
Budidaya Ayam Petelur Tetapi untuk budidaya ayam petelur terutama bagi anda para pemula yang baru ingin terjun ke bidang usaha ini, perlu anda ingat untuk melakukan manajemen dan cara budidaya yang baik dan benar untuk meraih keuntungan maksimal sebab tidak jarang banyak juga pelaku budidaya ayam petelur menjadi merugi. Nah, untuk itu kali ini kami akan memberikan Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Sukses dan Hasil Menguntungkan baik sebagai berikut :

Untuk budidaya ayam petelur, mari kita membagi menjadi 2 jenis yakni :

1.Jenis ayam petelur ringan yakni ayam petelur berwarna putih, dengan kemampuan memproduksi telur sekitar 260 butir/tahun per ayamnya. Dimana ayam jenis ini sangat sensitif dengan keributan dan cuaca panas yang dapat berakibat menurunnya produksi telur.

2.Jenis ayam petelur medium yakni ayam petelur berwarna coklat dimana ayam ini dapat menghasilkan telur yang lebih sedikit dibandingkan ayam petelur putih tetapi memiliki daging ayam yang berkualitas dan juga memiliki harga jual telur ayam ini juga lebih tinggi dibandingkan ayam petelur putih sebab telur ayam ini jauh lebih besar.

Setelah mengetahui jenis ayam petelur, berikut syarat untuk pembuatan kandang ayam petelur :

1.Kandang berada jauh dari pemukiman warga sebab menghindari bau busuk ayam dan kotoran ayam yang menyengat, dan kebisingan warga tidak mengganggu produksi telur ayam.
2.Mudah untuk dijangkau kendaraan untuk pengangkutan .
3.Kandang memiliki lokasi menetap atau tidak berpindah – pindah .

Persiapan Ayam Petelur
Pilihlah ayam petelur yang sehat, tidak cacat, berbobot normal, berbulu halus dan memiliki nafsu makan yang tinggi,

Pakan ayam
Selain pakan organik ayam seperti beras, jagung dan sebagainya, dimana kualitas pakan ayam petelur sangat mempengaruhi produktivitas dalam memproduksi telur. Untuk itu pakan ayam sebaiknya memiliki kandungan protein, lemak, energi dan kandungan lainnya yang dibutuhkan ayam  petelur. sedangkan untuk minum, anda dapat menambahkan obat anti stres dan gula pada air minum ayam petelur anda, dan pastikan wadah minum bersih dan steril

Pencegahan penyakit
Penyakit merupakan alasan terbesar banyaknya budidaya ayam petelur yang merugi akibat penyakit yang menular , untuk itu vaksinasi secara teratur, menjaga kandang tetap bersih, dan melakukan penyuntikan anti biotik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh ayam melawan penyakit sangat penting untuk dilakukan.

Panen
setelah ayam mencapai masa memproduksi telur, maka anda dapat memanen telur sebanyak 3 kali dalam sehari , dimana anda juga dapat membedakan telur yang normal dan abnormal serta memisahkan telur ayam tersebut saat pemanenan.

Sekian informasi kami mengenai Cara Budidaya Ayam Petelur Dengan Sukses dan Hasil Menguntungkan, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin terjun ke bidang usaha budidaya ayam petelur yang menggiurkan ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai

Related posts

Leave a Comment