You are here
Cara Budidaya Belut Perikanan 

Cara Budidaya Belut Mudah Menggunakan Drum

Pak-Tani.com Belut sebagai salah satu komoditi perikanan memang sudah sangat populer sejak dulu sebagai bahan kuliner yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Rasa belut yang khas dan belut yang memiliki banyak kandungan gizi dan protein serta kandungan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, membuat belut semakin digemari masyarakat tanah air. Melihat permintaan pasar yang tinggi akan persediaan belut, tentunya hal tersebut merupakan peluang usaha yang baik dan sangat potensial bagi anda yang menjadi pelaku budidaya belut, dimana untuk saat ini permintaan pasar dan masyarakat akan belut masih lebih tinggi dari persediaan yang ada sehingga membuat harga jual belut relatif stabil dan walaupun terjadi penurunan harga hal tersebut tidak akan membuat para pelaku budidaya belut merugi.
Cara Budidaya BelutAdapun untuk menjadi pelaku budidaya belut, beternak belut sangatlah mudah dan anda tidak perlu membutuhkan modal besar, bahkan budidaya belut dapat anda lakukan di sebuah drum atau tong kosong. Menarik bukan ? Nah untuk itu kali ini kami akan membahas Cara Budidaya Belut Menggunakan Drum tanpa perlu membuka lahan yang luas sebagai berikut :

Persiapan Kolam
Untuk memilih drum yang baik sebagai kolam budidaya, gunakan drum berbahan plastik sebab tidak mudah berkarat dan lebih bertahan lama serta lebih baik juga untuk belut yang akan anda budidayakan. Pastikan juga drum yang anda gunakan tidak mudah bocor dan kedap air serta diberikan pelindung untuk melindungi terkena sinar matahari langsung.

Media Pembesaran
Seperti kita ketahui, belut merupakan jenis ikan yang menyukai lumpur maka dari anda dapat memodifikasi lumpur pada kolam menyerupai habitat alami belut yang anda buat sebagai berikut :

-Taruh jerami pada dasar drum yang dicampur dengan batang pisang yang telah dicacah dimana lapisan campuran kedua bahan tersebut mencapai ketebalan sekitar 10 cm didasar drum.

– tambahkan pupuk kandang seperti kotoran ayam, sapi atau kerbau, dan campuran tanah beserta pupuk urea diatas jerami dan batang pisang tadi dengan ketebalan sekita 20-30cm.

– Isi air pada drum dengan perlahan agar tidak merusak susunan yang telah anda buat sebelumnya, dan tidak melebihi tumpukan tanah atau air mencapai ketinggian sekitar 10cm. Untuk mempercepat pembusukan jerami, anda juga dapat menggunakan stater atau bioaktivator EM4 yang dapat anda beli di toko-toko pertanian didaerah anda, dimana dengan pembusukan jerami menyediakan makanan alami untuk belut anda nantinya.

– Diamkan selama sekitar 2 minggu untuk proses pembusukan jerami dan fermentasi media budidaya belut anda.

Penyiapan Bibit Belut
Siapkan bibit belut yang baik dimana anda dapat membelinya dari sesama pelaku budidaya maupun dari toko-toko pertanian dan perikanan. Adapun ciri-ciri bibit belut yang baik adalah bibit berukuran sama untuk menghindari kanibalisme, tidak cacat, serta lincah dan aktif.

Pemeliharaan Belut
Karena belut terkenal dengan sifat kanibalisme yakni memakan sesamanya ketika pasokan makanan berkurang, maka anda wajib memperhatikan pasokan pakan secara rutin dan teratur untuk belut anda yang disesuaikan dengan berat dan ukuran belut. Adapun pakan favorit belut yakni cacing, kutu air, larva serangga, dan lainnya. Pakan berupa pelet pun dapat anda berikan sebagai pakan tambahan.

Panen Belut
Masa panen belut dari masa penebaran benih sekitar 3-4 bulan. Adapun untuk ukuran belut yang dapat dijual mencapai ukuran 30 cm untuk pasar domestik, sedangkan untuk pasar domestik membutuhkan ukuran belut melebihi 30 cm.

Sekian informasi kami mengenai Cara Budidaya Belut Mudah Menggunakan Drum yang cukup mudah bukan ? peluang budidaya ini sangat cocok sebagai usaha rumahan yang membutuhkan modal kecil dan sarana yang minim sehingga patut anda lirik sebagai peluang usaha yang potensial.

Baca  juga informasi kami lainnya mengenai Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah

Related posts

Leave a Comment