You are here
Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Untuk Pemula Peternakan 

Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Untuk Pemula

Pak-Tani.com Budidaya cacing akhir-akhir sedang naik pamor dimana banyaknya usaha budidaya yang mengandalkan cacing sebagai pakan ternak dan ikan yang mereka budidayakan, dan salah satu jenis cacing yang banyak dibudidayakan yakni cacing sutra dimana budidaya cacing sutra termasuk jenis cacing yang tergolong mudah dan membutuhkan lahan dan modal yang kecil.

Permintaan akan persediaan stok cacing sutra yang banyak di butuhkan para pelaku budidaya seperti ikan hias, burung, dan sebagainya, mau tidak mau membuat permintaan akan cacing sutra meningkat dimana stok alam tidak dapat diandalkan selain stok yang minim juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem alam, serta para pelaku budidaya cacing sutra yang masih sedikit yang membuat usaha budidaya ini patut anda lirik. Bagi anda para pemula yang ingin terjun ke usaha budidaya cacing sutra, berikut kami berikan Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Untuk Para Pemula sebagai berikut :
Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Untuk Pemula
Persiapan Bibit Cacing Sutra
Untuk menyiapkan bibit cacing sutra, anda dapat membeli bibit cacing sutra di toko-toko pertanian terdekat di daerah anda maupun anda dapat mencari secara manual dari sawah maupun sungai, dimana tentunya membeli langsung bibit dari toko sedikit lebih praktis walaupun membutuhkan modal. Setelah bibit cacing sutra telah anda dapatkan, bibit harus dikarantina terlebih dahul selama 2 hingga 3 hari dan dialiri air yang terus mengalir yang bertujuan untuk menghilang segala jenis bakteri yang mungkin dibawa oleh bibit tersebut.

Media Budidaya Cacing Sutra
Untuk media cacing, anda dapat menyiapkan kubangan lumpur berukuran 1 x 2 meter persegi, dimana kubangan lumpur tersebut juga dilengkapi dengan saluran air masuk dan keluar. Kemudian, buatlah petakan berukuran 20 cm x 20 cm x 10 cm dan diantara petakan anda beri lubang dengan jari-jari anda sekitar 0,5 cm.

Pemupukan Lahan dan Pembuatan Pakan
Langkah selanjutnya adalah pemupukan yang berperan penting agar cacing sutra dapat bertumbuh dan berkembang biak dengan baik dan panen anda sukses. Adapun cara pemupukan cacing sutra, anda dapat menggunakan pupuk kandang atau ampas tahu.

Fermentasi Lahan Budidaya Cacing Sutra
Fermentasi dapat anda lakukan dengan cara merendam terlebih dahulu lahan yang akan gunakan sebagai budidaya cacing sutra selama 3 hingga 4 hari dengan menggenangi air setinggi 5 cm.

Penebaran Bibit Cacing Sutra
Setelah semua langkah diatas telah anda lakukan, waktu untuk penebaran bibit cacing ke lahan yang telah anda siapkan. Pastikan selama penebaran bibit dan perawatan cacing sutra, lahan anda dialiri air yang terus mengalir meskipun dengan debit air yang kecil dan lambat.

Makanan Cacing Sutra
Untuk makanan cacing, anda dapat menggunakan bahan organik pakan cacing sutra yang dicampur dengan lumpur atau sedimen yang biasa terdapat pada dasar lahan.

Panen Cacing Sutra
Cacing sutra telah dapat dipanen perdana setelah usia budidaya telah berusia sekitar 75 hari sejak masa penebaran bibit, dan anda dapat memanen cacing sutra anda secara berkala setiap 15 hari sekali nantinya.

Sekian informasi kami mengenai Cara Budidaya Cacing Sutra Sukses Untuk Pemula yang patut anda coba dan menjanjikan keuntungan yang besar, mengingat besarnya kebutuhan pasar akan persedian stok cacing sutra ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan Benar

Related posts

Leave a Comment