You are here
Cara Budidaya Ikan Koi Perikanan 

Cara Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha Maupun Koleksi Pribadi

Pak-Tani.com Keindahan ikan koi memang patut di acungi jempol, oleh sebab itu ikan koi banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia bahkan dunia untuk dibudidayakan baik itu untuk koleksi pribadi di taman atau dirumah maupun sebagai usaha mengingat harga jual ikan koi yang tinggi dan permintaan yang banyak. Ikan koi dapat menentramkan jiwa dan membuat hati tenang bagi setiap mata yang memandang ikan koi berenang dengan kecantikan warna yang cerah dan bercorak, bahkan banyak masyarakat pecinta ikan koi meyakini bahwa ikan koi dapat memberikan keberuntungan bagi pemiliknya, itulah mengapa ikan koi banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.
Cara Budidaya Ikan KoiUntuk budidaya ikan koi ini, dapat dilakukan di berbagai wadah dan tempat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, dimana ikan koi dapat dibudidayakan di aquarium, kolam terpal, hingga kolam semen dan tehel. Akan tetapi bagi anda yang memiliki lahan luas, maka tidak ada salahnya untuk budidaya ikan koi dengan membuat kolam budidaya yang lebih luas menggunakan alas terpal yang tentunya hasilnya akan lebih besar dan panen ikan koi yang lebih melimpah. Budidaya ikan koi pun cukup mudah, adapun cara budidaya ikan koi dapat anda simak sebagai berikut :

Siapkan Tempat Budidaya Ikan Koi
Jika anda memilih budidaya ikan koi di kolam dengan terpal untuk menutupi tanah, anda perlu membuat kerangka kayu disisi kolam sebagai tempat menyandarkan terpal. Sedangkan bagi anda yang ingin budidaya ikan aqurium dan wadah lainnya, cukup membersikan wadah tersebut terlebih dahulu agar aman dari berbagai jenis penyakit dan bakteri.

Pemilihan Benih atau Bibit ikan Koi
Bagi anda yang tidak ingin repot, anda dapat membeli benih ikan koi diberbagai toko perikanan dan memasukkan diwadah, atau jika anda ingin memulai pembibitan , anda dapat memasukkan ikan jantan dan ikan koi betina yang siap kawin di wadah/kolam dan menunggu perkawinan mereka menghasilkan benih ikan koi baru, tetapi perlu anda ingat bahwa dengan cara pembibitan dan mengawinkan ikan koi resiko membutuhkan sedikit kesabaran dan resiko yang lebih besar.

Pemeliharaan Ikan Koi
Untuk budidaya ikan koi, kebersihan air adalah hal yang harus selalu dijaga kebersihannya. Pemberian pakan untuk ikan koi yang teratur, serta usahakan agar wadah/kolam budidaya ikan koi anda tidak terkena cahaya matahari langsung yang dapat anda akali dengan memberikan tanaman peneduh dan semacamnya.

Apabila anda budidaya ikan koi didalam rumah, pastikan agar kolam/aquarium anda bebas dari jangkauan anak anak yang dapat mengobok-obok air dimana ikan koi dapat menjadi sangat sensitif yang mengakibatkan stress. Sekedar tambahan, akan lebih jika anda menggunakan alat filter dan pengatur suhu untuk ikan koi untuk menjaga suhu kolam agar tidak terlalu dingin maupun terlalu panas.

Nah, sekian informasi kami mengenai Cara Budidaya Ikan Koi Untuk Usaha Maupun Koleksi Pribadi yang kami berikan dengan cara yang mudah dipahami agar anda yang pemula atau sekedar pecinta ikan koi juga dapat mengerti dan paham tentang budidaya ikan koi yang baik dan benar.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips Budidaya Ikan Mas Dengan Panduan Lengkap

Related posts

Leave a Comment