You are here
Cara Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen Melimpah Pertanian 

Cara Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen Melimpah

Pak-Tani.com Kacang panjang dengan nama latin Vigna sinensis merupakan jenis sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, dimana kacang panjang merupakan sayuran yang dapat diolah berbagai jenis kuliner dan juga manfaat serta kandungan kacang panjang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kacang panjang begitu digemari oleh masyarakat Indonesia disebabkan banyaknya makanan khas tradisional daerah yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan utamanya, sebut saja gado-gado, pecel osengan, dan sebagainya yang dimana kacang panjang dapat di konsumsi mentah, hingga direbus.
Cara Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen MelimpahMelihat potensi permintaan pasar yang gandrung akan persediaan kacang panjang, tentu usaha budidaya kacang panjang banyak digeluti oleh para pelaku budidaya tanaman dimana untuk budidaya kacang panjang pun tergolong mudah dan membutuhkan modal yang relatif kecil dengan potensi panen yang melimpah dan keuntungan yang besar. Nah, bagi anda yang berminat untuk terjun ke usaha Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen Melimpah ini, berikut kami berikan cara dan langkah budidaya kacang panjang sebagai berikut :

Dasar Sebelum Memulai Budidaya Kacang Panjang
Walaupun budidaya kacang panjang tergolong mudah dan dapat dengan mudah tumbuh pada dataran tinggi maupun rendah, tetapi budidaya kacang panjang akan mendapatkan hasil yang optimal jika :

-Tanah ber-pH 5,5-6,5
-Suhu 18-32 derajat celcius

Langkah Pertama, Lahan Budidaya Kacang Panjang
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya terlebih dahulu diberi pupuk dan kompos sekitar 1- 2 minggu, setelah itu lahan baru dapat digemburkan atau dibajak.

Siapkan bedengan dengan ukuran 120–150 cm dengan lubang tanam sedalam 3 hingga 5 cm dalam 2 baris/bedengan. Adapun untuk jarak tanam, antara 70×30 cm antar bibit kacang panjang, dimana bibit kacang panjang nantinya dimasukkan pada lubang nantinya dan ditutup dengan tanah.

Langkah Kedua, Bibit Budidaya Kacang Panjang
Pilihlah bibit kacang panjang yang baik dan berkualitas yang bersih dari penyakit dan hama yang dapat anda temukan di berbagai toko pertanian atau sesama pelaku budidaya kacang panjang. Ketika bibit sudah didapatkan, anda dapat langsung menanam di lahan yang telah anda siapkan tanpa perlu melakukan proses penyemaian.

Langkah Ketiga, Pemeliharaan Kacang Panjang
Kacang panjang memerlukan pemupukan yang rutin dan berkala, dimana untuk pemupukan pertama anda dapat menggunakan pupuk kandang dengan perbandingan 10-15 ton per hektar lahan yang anda gunakan, dan selanjutnya, pemupukan dapat anda lakukan setelah 3 minggu kemudian dengan perbandingan 25 hingga 30 kg per hektar.

Pengairan juga penting bagi tanaman kacang panjang dimana anda dapat melakukan penyiraman pada setiap pagi dan sore hari. Dan untuk menghindarkan tanaman kacang panjang dari hama dan penyakit yang dapat merusak panen anda, penyiangan tanaman serta penggunaan pestisida organik maupun kimia dapat anda gunakan untuk mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Panen Kacang Panjang
Kacang Panjang siap panen ketika sudah berusia sekitar 50-60 hari sejak masa penanaman benih, dimana sejak panen pertama, panen berkala dapat lakukan setiap 1-2 bulan sekali, dimana potensi panen kacang panjang mencapai 30 ton perhektar lahan.

Sekian informasi kami mengenai Cara Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen Melimpah, dimana dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin menggeluti usaha budidaya kacang panjang.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips dan Teknik Budidaya Jahe Gajah Dalam Keranjang

Related posts

Leave a Comment