You are here
Budidaya Belut Dengan Mudah Perikanan 

Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah

Pak-Tani.com Jenis ikan bernama belut ini tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang mungkin gemar mencicipi kuliner berbahan dasar belut yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan menggugah selera. Yup, belut memang menjadi salah satu jenis bahan favorit masyarakat Indonesia karena selain terkenal akan kelezatan dagingnya, belut juga diyakini mempunyai kandungan gizi serta kandungan yang berfungsi meningkatkan kecerdasan otak manusia. Dengan ragam keunggulan belut ini, tentu bagi anda pencari peluang usaha atau bisnis dapat menjadikan budidaya belut sebagai referensi anda sebagai usaha yang sangat potensial dimana belut banyak digemari masyarakat oleh itu permintaan pasokannya pun tinggi sementara ketersediaan stok belut belum memadai untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu banyak.
Budidaya Belut Dengan MudahUntuk budidaya belut pun cukup mudah, yang penting anda melakukan kegiatan budidaya dengan benar dan baik sebab banyak juga pelaku budidaya yang menemui kegagalan dalam budidaya belut. Nah untuk itu, kali ini kami akan memberikan Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah bagi anda yang ingin memulai budidaya belut maupun bagi anda yang menemui kegagalan, berikut langkah-langkahnya :

1. Media Budidaya Belut
Sebelum memulai budidaya belut, tentu anda harus terlebih dahulu mempersiapkan media budidaya tempat pertumbuhan dan perkembang biakan belut. Untuk media anda dapat menggunakan kolam atau bahkan drum bekas sebagai tempat budidaya belut, lalu kemudian anda perlu menyiapkan bahan seperti Lumpur kering, Jerami padi, Kompos, Enceng gondok, Mikoroorganisme stater, Pupuk TSP, dan Air

Nah kemudian setelah bahan sudah siap, anda letakkan jerami pada pada dasar drum atau kolam dengan tinggi sekitar 50 cm, dan menyiram mikroorganisme stater diatas jerami hingga merata, lalu diberi kompos dengan tinggi sekitar 5 cm. Setelah itu, baru ditambahkan dengan campuran pupuk TSP sebanyak 5kg dan lumpur kering dan ditaruh di kolam atau drum dengan tinggi sekitar 25 cm. Jika semuanya sudah dilakukan, barulah masukkan air di kolam atau drum dengan tinggi sekitar 15cm dan jangan lupa untuk menanam enceng gondok supaya lebih maksimal dan diamkan selama sekitar 2 minggu sebelum anda melakukan penebaran benih belut, yang bertujuan agar bahan-bahan tersebut terjadi proses fermentasi.

2. Bibit Belut
Untuk mendapatkan bibit belut untuk budidaya, anda dapat mendapatkannya dengan mudah dari dinas perikanan atau pun dari toko penjual bibit didaerah anda. Setelah mendapatkan bibit belut yang anda mau, cukup melakukan penebaran benih pada media kolam atau drum yang telah anda siapkan tadi.

3. Perawatan Belut
Cara perawatan belut agar budidaya yang dilakukan sukses, cukup diperhatikan pemberian pakan yang rutin dan mengawasi kebersihan media da airnya. Apabila air pada media budidaya sudah berwarna kotor seperti merah kecokelatan, maka air harus segera di ganti dengan cara menguras 1/3 air media dan mengganti dengan air yang baru. Adapun untuk suhu, anda perlu menjaga suhu air pada media di suhu normal sekitar 26-28 derajat celcius.

4. Pakan
Makanan atau pakan belut dapat berupa belatung, bekicot, cacing tanah, ikan cetol, dan bibit ikan mas. Adapun untuk pemberikan pakan pada belut dilakukan hanya sekali sehari pada waktu diatas jam 5 sore. Atau anda juga dapat memberikan pelet sebagai selingan yang diberikan sebanyak 3 kali seminggu.

5. Panen
Dengan cara yang benar dan baik, maka panen raya belut anda dapat dilakukan dengan masa sekitar 4-9 bulan tergantung dengan jenis benih belut yang anda budidaya.

Menarik dan mudah bukan ? Sekian ulasan kami mengenai Cara Dan Langkah Budidaya Belut Dengan Mudah yang dapat segera anda praktekkan bagi anda yang mencari peluang usaha dibidang perikanan yang menggiurkan serta dapat memberikan keuntungan yang besar.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Ternak Belut Menggunakan Wadah Bekas

Related posts

Leave a Comment