You are here
Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses Perikanan 

Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses

Pak-Tani.com –Lele yang telah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasa daging lele yang khas dan kandungan gizi dan protein yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh membuat banyak pelaku usaha melirik usaha budidaya Lele yang menjanjikan keuntungan yang besar dimana untuk budidayanya sendiri pun cukup mudah dan membutuhkan modal yang minim.

Banyaknya para pelaku usaha terjun ke usaha budidaya ikan lele tidak terlepas dari tingginya permintaan ikan lele di pasaran yang menjadi salah satu bahan kuliner favorit masyarakat dimana untuk memenuhi permintaan pasar tersebut, persediaan alam yang terbatas dan masih minimnya usaha budidaya lele menjadi salah satu alasan. Akan tetapi untuk budidaya lele memerlukan cara budidaya yang tepat dan benar untuk meraih sukses dan hasil panen yang melimpah sebab banyak juga pelaku budidaya lele menemukan kegagalan dalam budidaya lele ini. Bagi anda yang berminat untuk menekuni usaha budidaya lele yang sukses, berikut kami berikan cara dan langkah-langkah dalam budidaya lele untuk hasil dan keuntungan yang maksimal sebagai berikut :
Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang SuksesKolam Budidaya Lele
Siapkan lahan untuk dipergunakan sebagai kolam budidaya lele yang disesuaikan dengan jumlah lele yang hendak anda budidayakan, jadi semakin banyak ikan lele yang akan anda budidayakan maka kolam yang anda persiapkan haruslah makin besar dimana hal ini merupakan faktor menentukan kesuksesan budidaya lele untuk waktu yang lama. Adapun untuk kedalaman kolam, sebaiknya kolam memiliki tinggi sekitar 1 meter yang bertujuan agar kolam lebih terasa luas bagi lele untuk beradaptasi.

Persiapan Kolam Lele
Sebelum kolam siap digunakan untuk benih lele, maka kolam harus terlebih dahulu bersih dari berbagai bakteri mikroorganisme yang dapat menghambat dan mengganggu budidaya lele anda dengan cara Pengisian air kolam secara berulang-ulang dan dibuang, kemudian didiamkan selama 3 hingga 5 hari hingga benar-benar kering.

Selanjutnya anda dapat mulai mengisi kolam dengan air tawar yang bersih dan terbebas dari zat-zat kimia dsb, yang dapat mengganggu pertumbuhan lele. Untuk pengisian air kolam, sebaiknya kolam jangan diisi terlalu penuh sebab dapat membuat lele melompat dari kolam.

Pemilihan Bibit/Benih Lele
Pilihlah bibit lele yang berkualitas baik agar dapat berkembang biak dengan baik nantinya. Bibit lele yang baik juga nantinya mempengaruhi tumbuh kembang lele anda. Ketika bibit lele yang baik telah anda dapatkan, maka lakukanlah penebaran bibit pada kolam budidaya yang telah anda siapkan.

Perawatan Lele
Untuk perawatan lele, juga cukup mudah dimana anda cukup memantau air pada kolam budidaya lele anda tetap bersih, jika air kolam sudah mulai berbau atau keruh, anda dapat menguras isi kolam hingga sepertiga isi kolam dan menggantinya dengan air yang baru.

Untuk makanan lele, anda harus memberi makanan dengan teratur dan rutin setiap pagi dan sore dengan makanan berupa pelet atau makanan lain kesukaan lele yakni Kroto Semut rangrang yang sangat bergizi bagi lele dan merangsang lele tumbuh lebih cepat dan besar.

Panen Lele
Jika semua dilakukan dengan benar dan baik, maka panen lele dapat tercapai sekitar 90 hari sejak masa penebaran benih, dimana untuk masa panen anda dapat menyortir lele anda terlebih dahulu dari berat atau bobot. Dan bagi lele yang bobotnya belum terlal besar dapat ditumbuh kembangkan kembali di kolam.

Sekian informasi kami mengenai Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses untuk meraih panen yang melimpah dan keuntungan yang besar. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang berminat terjun ke usaha budidaya lele ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Related posts

Leave a Comment