Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Posted on

Pak-Tani.com Tentunya nama kambing ettawa sudah tidak asing lagi bagi anda dan mungkin sudah sering anda mendengarnya dimana kambing jenis ini semakin populer dikalangan peternak kambing dan juga masyarakat karena keunggulannya yang dapat dijaikan sebagai kambing pedaging maupun kambing penghasil susu, tetapi selain itu, tidak sedikit juga pemilik kambing ettawa yang menjadikan kambing ini sebagai koleksi dan untuk dipamerkan atau perlombakan dalam kontes kambing. Oleh karena itu,kambing etawa seolah tidak pernah sepi akan peminaat, bahkan kambing etawa ini merupakan salah satu jenis kambing yang juga siap diekspor karena banyaknya peminat kambing ini di pasar global, jadi untuk pasaran kambing etawa ini sepertinya tidak perlu anda ragukan lagi.
Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula
Namun bagi anda para pemula yang baru ingin menggeluti kegiatan ternak kambing etawa maka perlu diperlukan bekal berupa ilmu dan pengetahuan mengenai Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula yang nantinya dapat membantu anda dalam meraih kesuksesan dalam ternak kambing etawa ini. Adapun beberapa hal yang patut anda siapkan sebelum memutuskan terjun dalam ternak kambing etawa sebagai berikut :

1.Karena kambing etawa yang memiliki banyak manfaat, maka ada baiknya anda menentukan misi anda dalam beternak kambing etawa seperti hanya ingin beternak kambing kontes, mau memanfaatkan dagingnya, atau mau memanfaatkan susunya, agar fokus anda tidak terbagi.
2.Memilih lokasi yang tepat untuk ternak kambing etawa anda yang jauh dari pemukiman warga sebab bau kandang, dan hal-hal lainnya dapat mengganggu warga dan begitu juga sebaliknya.
3.Mempersiapkan anggaran untuk membeli induk dan juga untuk perawatannya nanti.
4.Belajar ilmu sebanyak-banyaknya dan menggali informasi seluas-luasnya mengenai pengalaman dan cara ternak kambing etawa dari buku, pelaku ternak kambing, dan sebagainya agar nantinya kegagalan dapat anda hindari.

Adapun Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula sebagai berikut :

Pemilihan Induk Kambing Etawa
Pilihlah indukan kambing etawa betina yang sehat, tidak cacat, memiliki ukuran badan proporsional dan tegak serta tinggi, berputing dua, jinak dan berkaki lurus, sedangkan untuk indukan jantan haruslah memiliki kaki yang kokoh, tidak cacat, memiliki badan yang gagah dan besar, punggung tidak bengkok dan sebaiknya berusia diatas 1, 5 tahun, dimana indukan yang baik akan mempengaruhi anakan kambing etawa anda kelak. Setelah memilih indukan kambing yang unggul dan baik, maka penting untuk memberikan asupan vitamin pada kandang baru yang anda siapkan untuk memperlancar proses adaptasi di tempat barunya

Pakan Kambing Etawa
Pakan yang rutin dan teratur diperlukan untuk ternak kambing anda dimana pakan yang baik adalah mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan serat yang berguna untuk tumbuh kembang kambing etawa, dimana anda dapat memberikan rerumputan hijau yang segar dan ditambahkan kacang-kacangan, tapi bagi anda yang sulit mendapatkan pakan ini didaerah anda, anda juka dapat menggunakan pakan buatan yang banyak tersedia di toko-toko pertanian.

Pemeliharaan Kambing Etawa
Berikut beberapa Pemeliharaan Kambing Etawa yang patut anda perhatikan :

1.Kandang harus terkena matahari yang cukup untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit
2 Kandang harus selalu bersih agar jamur, bakteri, virus dan berbagai hal yang merugikan kambing ternak anda tidak tumbuh dikandang karena kebersihan yang tidak terjaga.
3.Kandang memiliki ventilasi yang bagus agar sirkulasi udara dikandang nyaman untuk kambing

Sekian informasi kami mengenai Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula, dimana anda dapat mengambil keuntungan dari ternak kambing etawa anda mulai dari daging, susu, hingga kotoran kambing pun dapat anda jual. Semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Peluang Bisnis Ternak Ayam Petelur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *