You are here
Budidaya Ikan Nila Dengan Keuntungan Besar Perikanan 

Cara Jitu Budidaya Ikan Nila Dengan Keuntungan Besar

Pak-Tani.com – Bagi anda yang sedang mencari peluang usaha atau bisnis yang menarik dengan keuntungan yang besar mungkin budidaya ikan nila bisa menjadi jawaban anda, terlebih lagi bila anda pecinta kuliner berbahan dasar ikan nila yang gurih. Budidaya ikan nila akan menarik dan akan menjadi bisnis dan usaha yang mengasikkan sebab selain anda dapat menikmati hasil panen anda sendiri, anda juga dapat menjual hasil panen ikan nila mengingat betapa banyaknya masyarakat yang menjadikan ikan nila sebagai makanan favorit baik itu digoreng, dimasak, dibakar maupun diolah menjadi jenis makanan lainnya yang tentunya semakin besar dan banyak panen ikan nila, maka semakin besar keuntungan yang dapat anda nikmati.
Budidaya Ikan Nila Dengan Keuntungan BesarAkan tetapi untuk dapat menikmati keuntungan besar dari usaha budidaya ikan nila, anda harus terlebih dahulu menguasai cara budidaya ikan nila yang baik dan benar sebab tidak jarang banyak budidaya ikan nila yang merugi. Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas Cara Jitu Budidaya Ikan Nila Dengan Keuntungan Besar bagi anda yang tertarik untuk memulai budidaya ikan nila sebagai berikut :

1. Benih Ikan Nila
Tentunya sebelum memulai budidaya, benih ikan nila tentu sudah disiapkan. Dalam menyiapkan benih ikan nila, dianjurkan untuk menyiapkan benih jantan semua atau monosex dan dapat anda dapatkan di banyak toko ikan hias. Benih ikan monosex terbukti lebih produktif dibandingkan menggunakan benih ikan nila campuran untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Kolam Budidaya Ikan Nila
Dalam budidaya ikan nila, anda mempunyai banyak pilihan untuk kolam/wadah sebagai tempat budidaya seperti kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, tambak air payau hingga jaring terapung. Silahkan pilih sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan anda.

3. Penebaran Benih Ikan Nila
Sesudah memiliki kolam/wadah untuk budidaya, jangan lupa untuk memberikan kesempatan benih ikan nila melakukan adaptasi agar benih ikan nila tidak kaget dengan lingkungan barunya yang dapat menyebabkan benih ikan mati. Adapun caranya, cukup menyiapkan wadah khusus dan menebar benih ke wadah tersebut, kemudian dimiringkan ke kolam/wadah budidaya agar dengan sendirinya benih ikan nila menuju ke kolam/wadah budidaya.

4. Pemeliharaan Ikan Nila
Jika sudah sampai tahap ini, ada 3 hal yang harus anda perhatikan yakni sebagai berikut :

a.Pengelolaan air yang baik
Bagus dan baiknya kualitas air akan menjadi sangat penting untuk tumbuh kembang ikan nila. Adapun untuk menjaga kualitas air, adalah dengan menjaga kadar oksigen didalam kolam/wadah, dan juga bila air dalam kolam/wadah budidaya sudah tercium busuk maka segeralah mengangganti air kolam/wadah budidaya ikan nila anda dengan suplai air yang baru.

b.Pakan Ikan Nila
Untuk pakan, ikan nila membutuhkan pelet sebagai pakan dan hanya memerlukan pelet 3% dari bobot tubuh ikan nila secara keseluruhan. pemberian pakan yang baik yakni pada pagi dan sore hari.

c.Hama penyakit
Salah satu penyebab meruginya budidaya ikan nila adalah dimana ikan nila sangat rentan akan penyakit yang menular dengan air, jadi anda harus sebisa mungkin memantau dan mengawasi perubahan pada ikan nila anda.

5. Masa Panen
Nah, ini yang ditunggu bukan ? panen ikan nila pada umumnya dapat dilakukan dalam waktu 4-6 bulan dari masa penebaran benih, dan dipasaran ikan nila dapat dijual dengan bobot 300-500 gram/ekor.

Sekian informasi kami mengenai Cara Jitu Budidaya Ikan Nila Dengan Keuntungan Besar yang semoga dengan beberapa cara dan langkah-langkah diatas dapat memaksimalkan keuntungan anda dalam usaha budidaya ikan nila dan terhindar dari kegagalan dan kerugian. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Kolam

Related posts

Leave a Comment