You are here
Cara Lengkap Budidaya Jamur Merang Sukses Bagi Pemula Perkebunan 

Cara Lengkap Budidaya Jamur Merang Sukses Bagi Pemula

Pak-Tani.com Jamur yang dapat dikonsumsi sepertinya akhir-akhir ini sedang naik daun dimana berbagai jenis jamur laku dipasaran dan banyak dicari oleh masyarakat karena rasa dan teksturnya yang khas dan dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner, selain itu jamur juga kaya akan kandungan bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis jamur yang terus meningkat akan permintaan di pasar adalah jamur merang yang dimana pelaku budidaya masih dapat dikatakan minim dan tidak sebanyak pelaku buididaya jamur tiram, dimana pasokan alam akan jamur merang sudah tidak dapat diandalkan untuk memenuhi permintaan pasar yang besar.
Cara Lengkap Budidaya Jamur Merang Sukses Bagi Pemula
Bagi anda yang mencari peluang usaha, budidaya jamur merang wajib anda lirik dimana anda dapat melakukan budidaya jamur merang baik sebagai usaha sampingan sebagai usaha rumahan maupun sebagai usaha utama. Nah, bagi anda para pemula yang berminat menggeluti budidaya jamur merang ini, berikut Cara Budidaya Jamur Merang Bagi Pemula.

Persiapan Bibit Jamur Merang
Siapkan bibit jamur merang yang berkualitas baik dan unggul sebab hal tersebut akan menjadi kunci kesuksesan tumbuh kembang dan panen jamur merang anda nantinya.

Tahapan Budidaya Jamur Merang
Setelah bibit unggul telah anda dapatkan, maka tahapan memulai budidaya dibagi menjadi 2 yakni sebagai berikut :

1.Menyiapkan Media Tanam Jamur
Jamur merang merupakan jenis jamur yang membutuhkan kompos sebagai medianya, dimana pada habitat aslinya jamur merang hidup dari sisa-sisa tanaman yang mengalami pelapukan, itulah sebabnya mengapa jamur ini katakan jamur mreang sebab jamur ini biasa ditemukan di tumpukan merang padi atau jerami. Selain itu jamur merang juga dapat tumbuh di berbagai media lainnya seperti ampas sagu, limbah kapas, daun pisang, tanaman jagung, hingga serbuk gergaji kayu.

Setelah mengetahui hal tersebut, maka untuk budidaya jamur merang diperlukan modifikasi media tanam yang disukai oleh jamur merang dimana anda dapat membuat media tanam jamur dari campuran kapas dan jerami padi dengan takaran 50 -50 %, kapur pertanian dengan komposisi 2% dari berat keseluruhan kapas dan jerami, urea 1 %, dan bekatul 10%

2.Fermentasi Media Tanam Jamur
Setelah media tanam telah selesai dicampurkan, maka diperlukan masa proses fermentasi media tanam dengan tujuab mempercepat proses pelapukan media dan juga mematikan jamur liar lainnya. Adapun caranya dapat anda lakukan sebagai berikut :

a.Potong-potong jerami pada dengan ukuran 10 hingga 15 cm yang kemudian dicampurkan pada kapur dan kapas dengan rata lalu direndam di air dan didiamkan selama 24 jam baru ditiriskan.
b. Tumpuk media tanam yang telah anda campurkan pada lantai dengan tinggi 1,5 x 1,5 x 1,5 meter, lalu kemudian di tutup dengan plastik dan kembali didiamkan selama 4 hingga 6 hari.
c.Untuk memastikan campuran anda berjalan dengan baik, maka setiap 2- 3 hari anda perlu membolak-balikkan campuran tersebut.
d.Sebelum memasukkan campuran ke rak rumah kumbung ( tempak khusus untuk budidaya jamur ) maka tambahkan campuran media superfospat 1% , kapur pertanian 1%, dan dedak 10%.
e. Sterilisasi pada rumah kumbung yakni dimana media tanam disiapkan pada rak-rak yang telah anda sediakan lalu mengalirkan uap panas pada rumah kumbung dari perubasan air untuk menghasilkan uap panas lalu kumbung ditutup rapat, dimana cara dilakukan selama 2 hingga 4 jam hingga suhu rumah kumbung mencapai 700 C dan kemudian didiamkan selama 24 jam hingga suhu turun kembali menjadi normal.

Penanaman Bibit Jamur Merang
Untuk penanaman bibit dapat anda lakukan dengan menebar pada media tanam yang telah anda siapkan pada rak-rak rumah kumbung.

Inkubasi Jamur Merang
Agar pertumbuhan jamur merang dapat maksimal, maka proses inkubasi pada rumah kumbung diperlukan untuk menjaga suhu antara 32 hingga 35 C dimana anda dapat menggunakan lampu berkapasitas 60 watt, dan juga tetap menjaga kelembapan pada rumah kumbung. Rumah kumbung juga harus selalu tertutup rapat agar miselium dapat segera tumbuh membentuk primordia jamur untuk segera dipanen.

Tertarik ? sekian informasi kami mengenai Cara Lengkap Budidaya Jamur Merang Sukses Bagi Pemula, semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin menggeluti usaha budidaya jamur ini yang menawarkan keuntungan yang besar jika dilakukan dengan cara benar dan baik. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Sukses Budidaya Jamur Merang Dengan Mudah

Related posts

Leave a Comment