You are here
cara-membuat-kompos-dari-bahan-organik Pertanian 

Cara Membuat Kompos Dari Bahan Organik

Untuk membuat kompos memang ada banyak bahan yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah bahan organik untuk membuat kompos. Bahan organik untuk membuat kompos ini adalah semua bahan sampah yang bisa mengalami penguraian dan juga pelapukan menjadi material kecil dan tidak berbau yang sangat mudah. Seperti daun – daunan, jerami, sampah, rumput dan alang – alang dapat Anda manfaatkan untuk membuat kompos dari bahan organik.

Sangat mudah dan tidak butuh waktu lama membuat kompos organik dari bahan organik. Bahkan kompos dari bahan organik ini punya banyak sekali manfaat untuk tumbuhan dan menurut penelitian kompos dari bahan organik dapat menjadi nutrisi terbaik bagi tumbuhan yang kita tanam serta dapat membuat pertumbuhan tanaman lebih cepat. Lalu seperti apa cara yang baik dalam membuat kompos dari bahan organik? Disini kami akan berikan informasinya untuk Anda!

Cara Membuat Kompos Dari Bahan Organik

Untuk membuat kompos bahan yang Anda butuhkan diantaranya siapkan 2 ¼ sampai dengan 4 m3 sampah yang memang jenisnya mudah lapuk dan sangat disarankan Anda gunakan sampah organik basah. Siapkan juga kulit buah kopi sekitar 6,5 m3. Anda siapkan kotoran ternak mamah biak kurang lebih 750 gram dan jangan lupa siapkan 30 kg abu kayu atau abu dapur.

Sudah disiapkan semua bahan – bahan membuat pupuk kompos diatas? Kalau sudah Anda lakukan cara membuat pupuk kompos ini diantaranya :

Langkah pertama Anda siapkan bak yang terbuat dari semen untuk pengomposannya. Siapkan bak yang memiliki dasar cekung dengan ukuran sekitar 2,5 x 1 x 1 meter (p x l x t). Selanjutnya Anda campur semua bahan diatas ke dalam box pengomposan kemudian Anda aduk sampai benar – benar merata. Dan selanjutnya Anda taburi pada bagian atas adonan dengan bahan yang tadi bersama dengan abu kayunya.

Setelah itu Anda tutup bagian atas bak pengomposan dengan plastik transparan dan hal ini juga memiliki fungsi untuk menampung kandungan nitrogen yang dihasilkan dari proses pengomposan yang dilakukan ini. Kira – kira setelah 4 atau 5 hari Anda siramkan hasil tampungan nitrogen tadi untuk menambah kandungan nitrogen pada adonan bahan supaya bisa lebih cepat pengomposannya.

Anda bisa lakukan step 3 sampai dengan 3 minggu secara rutin dan aduk kembali merata. Terus lakukan step ini sampai pupuk kompos benar – benar matang. Setelah 2 sampai dengan 3 bulan angkat adonan dan lakukan pengeringan dengan dijemur sampai kadar airnya 6-% saja. Dan siap Anda gunakan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Membuat Kompos Dari Bahan Organik bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment