You are here
cara menanam anggrek bulan Bunga 

Cara Menanam Anggrek di Media Pot yang Baik dan Benar

Pak-Tani.com – Cara Menanam Anggrek – Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang tergolong mudah untuk dibudidayakan. Tanaman Anggrek dapat tumbuh subur di hampir seluruh penjuru wilayah Indonesia. Untuk membudidayakannya sendiri, ada banyak cara yang dapat ditempuh seperti salah satu nya adalah dengan menggunakan media pot.

Budidaya Anggrek menggunakan pot cenderung jauh lebih mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, tingkat keberhasilan budidaya anggrek di pot juga cenderung lebih besar dibandingkan dengan penggunaan media tanam lainnya.

cara menanam anggrek bulan
cara menanam anggrek bulan

Nah, untuk Anda yang ingin membudidayakan tanaman Anggrek di media pot, berikut ini merupakan langkah – langkah cara menanam Anggrek di pot yang dapat Anda ikuti :

Pemilihan Bibit

Bunga Anggrek memiliki varietas yang sangat banyak. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk menanam bunga Anggrek, Anda terlebih dahulu harus menentukan varietas mana yang ingin Anda tanam.

Setelah varietas Anggrek yang ingin ditanam telah ditentukan, selanjutnya, Anda dapat menyiapkan bibit Anggrek unggul di varietas tersebut. Semakin sehat indukan anggrek yang dijadikan bibit, maka semakin besar pula tingkat keberhasilan budidaya anggrek yang akan Anda lakukan.

Persiapan Media Tanam

Setelah bibit Anggrek disiapkan, selanjutnya Anda dapat melakukan persiapan media tanam. Untuk penanam menggunakan pot, Anda membutuhkan beberapa bahan untuk media tanam seperti tanah, pecahan genting / batu bata merah, arang, kulit kelapa / batok kelapa, dan pupuk kandang yang telah difermentasi.

Dalam tahap pengisian media tanam ke dalam pot, Anda harus mengurutkan bahan – bahan di atas dengan susunan sebagai berikut (dari paling bawah ke paling atas) pecahan genting / batu bata, sabut / batok kelapa, tanah + pupuk kandang, arang.

Tujuan peletakan pecahan genting atau pun batu bata di bagian bawah pot adalah agar tidak terjadi pengendapan air di bagian dasar pot. Sebagai informasi tambahan, akar tanaman Anggrek sangat sensitif dengan endapan air. Ketika akar tanaman Anggrek terkena genangan air dalam jangka waktu yang lama, akar biasanya akan busuk, dan tanaman pun akan layu dan mati secara perlahan.

cara menanam anggrek
cara menanam anggrek

Tahapan Penanaman

Jika media tanam telah siap untuk digunakan, langkah cara menanam anggrek yang selanjutnya adalah tahapan penanaman. Kegiatan penanaman dilakukan dengan jalan membuat lubang pada pot dengan kedalaman kurang lebih 3 hingga 7 cm sebagai lubang tanam bibit yang telah disiapkan. Setelah bibit Anggrek telah dipindahkan, selanjutnya uruk kembali pot dengan menggunakan arang hingga pot terisi penuh di seluruh permukaan nya. Langkah terakhir yang juga tidak kalah penting dalam proses penanaman Anggrek ini adalah penyiraman bibit yang baru ditanam. Hal ini sangat diperlukan agar kelembaban media tanam dapat terjaga dengan baik.

Agar kemungkinan Anggrek untuk bisa tumbuh bisa lebih besar, Anda sebaiknya melakukan kegiatan penanaman Anggrek di waktu pagi yaitu sebelum jam 8. Hal ini dimaksudkan agar tanaman Anggrek yang baru ditanam dapat langsung menerima pancaran sinar matahari secara langsung.

Tahapan Pemeliharaan

Berbeda dengan kebanyakan tanaman lainnya yang membutuhkan banyak tindakan pemeliharaan, tanaman Anggrek cenderung tidak membutuhkan banyak aktivitas pemeliharaan. Agar dapat tumbuh dengan subur, tanaman Anggrek hanya perlu disiram secara rutin setiap hari.

Cara menyiram bunga Anggrek sendiri sebaiknya dilakukan hanya di pinggiran media tanamnya saja. Hal ini perlu dilakukan agar kuncup bunga anggrek tidak menjadi layu karena terkena air berlebih secara langsung. Penyiraman sebaiknya juga dilakukan di pagi hari sebelum matahari tinggi atau di sore hari mejelang matahari terbenam.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Cara Menanam Anggrek di Media Pot yang Baik dan Benar yang  dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Jitu Bercocok Tanam Bunga Melati Di Pot

Related posts

Leave a Comment