You are here
Cara Menanam Bawang Merah Dengan Praktis Dan Mudah Sayur 

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Praktis Dan Mudah

Berbicara mengenai budidaya bawang merah, cara menanam bawang merah tentu menjadi hal penting untuk mewujudkannya. Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang wajib tersedia di dapur. Pasalnya, bawang merah ini bisa membuat jenis makanan apapun menjadi terasa lebih gurih, nikmat dan lezat. Maka tidak heran bukan jika keberadaan bawang merah ini menjadi hal yang wajib di setiap masakan, entah itu sebagai komponen bumbu ataupun sebagai bumbu tabur di atas makanan. Untuk itu, budidaya bawang merah tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Cara Menanam Bawang Merah

Akhir-akhir ini, harga bawang merah seakan tidak terkendali dan seringkali mengalami pelonjakan sehingga membuat banyak orang terutama para ibu rumah tangga dan mungkin termasuk anda menjadi sedikit pusing. Hal ini tentu sangat berpengaruh karena anda harus menghemat penggunaan bumbu yang satu ini. Untuk itu, solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menanam sendiri tanaman bawang merah ini agar anda bisa leluasa menggunakannya ketika telah dipanen. Cara penanamannya pun sangat mudah sehingga bisa langsung anda praktekkan sendiri di rumah. Jadi, simak terus artikel ini sampai akhir.

Cara Menanam Bawang Merah Dengan Praktis Dan Mudah

Menanam Bawang Merah Di Polybag

Untuk melakukan penanaman, tentu diperlukan sebuah lahan yang baik dan cukup lapang untuk menampung tanaman. Namun bagi anda yang tidak memiliki pekarangan sebagai lahan untuk ditanami, tak perlu khawatir. anda bisa tetap menanam bawang merah ini dengan menggunakan polybag. Selain sangat mudah dan praktis, hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan kualitas bawang merah yang ditanam di tanah biasa. Untuk itu, berikut cara menanam bawang merah di polybag.

Cara Mudah Dan Praktis Menanam Bawang Merah Di Polybag

Cara menanam bawang merah memiliki beberapa tahapan. Tahap pertama adalah mempersiapkan media tanam. Media tanam ini biasanya terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang dan juga arang sekam dengan jumlah yang sama. letakkan adonan tersebut di dalam polybag berukuran sekitar 30 x 40 cm dan diamkan selama 1 sampai 2 hari. Setelah itu, anda bisa langsung masuk ke tahap penanaman. Anda bisa menanam 3 buah umbi bawang merah untuk 1 polybag dengan jarak sekitar 15 cm. Umbi ditanam hingga sebatas leher umbi dan diberi 1 gr pupuk NPK untuk 1 polybag setiap minggunya sampai umur tanaman menginjak usia 1,5 bulan atau 6 minggu. Pemupukan ini bisa dilakukan dengan cara disiramkan langsung ke sekitar tanaman. Jangan lupa, polybag diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Panduan Budidaya Bawang Merah

Tahap menanam bawang merah yang selanjutnya adalah pemeliharaan. Pemeliharaan bisa dilakukan dengan penyiraman rutin 2 kali sehari pagi dan sore pada musim kemarau. Ketika usia tanaman mencapai umur 2 bulan, anda bisa mengurangi intensitas penyiraman. Yang terpenting jangan biarkan tanaman kekeringan ataupun tergenang air karena hal ini akan membuatnya mudah membusuk. Selain itu, pengendalian hama juga sangat diperlukan dengan menyemprotkan obat anti hama pada tanaman.

Ketika daun tanaman bawang merah telah banyak yang menguning dan juga batang lehernya terasa kosong atau gembos, maka anda sudah bisa memanennya. Atau anda juga bisa mengukurnya dengan melakukan pemanenan ketika usia tanaman telah mencapai 3 bulan. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada saat tanah dalam keadaan kering dan cuaca sedang cerah agar terhindar dari resiko busuk pada saat penyimpanan. Nah sekian cara menanam bawang merah yang bisa anda lakukan dengan menggunakan polybag. Selamat mencoba

Related posts

Leave a Comment