You are here
cara-menanam-brokoli-pada-pot Sayur 

Cara Menanam Brokoli Pada Pot

Brokoli memang salah satu sayur yang banyak kandungan nutrisi didalamnya. Sayur yang sangat cocok untuk direbus, dijadikan capcay dan juga aneka masakan ini memang sayur yang sangat favorit di Indonesia. Brokoli memang sebuah tanaman sayuran yang identik ditanam di kebun. Akan tetapi sebenarnya tak hanya di kebun, karena brokoli juga dapat ditanam pada pot.

Bagi Anda yang tidak punya halaman luas atau tidak punya kebun akan tetapi ingin menanam brokoli, Anda dapat menanam brokoli pada pot. Seperti apa langkah – langkahnya dalam menanam brokoli pada pot? Kali ini kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda! Yuk simak!

Cara Menanam Brokoli Pada Pot

Anda harus melalui beberapa step dalam cara menanam brokoli pada pot. Dan beberapa step tersebut yang Anda harus lalui dalam menanam brokoli pada pot diantaranya :

Pertama – tama Anda sterilkan dulu bibit brokoli dengan menggunakan fungisida dengan Anda berikan dosis yang sesuai anjuran yang terdapat pada kemasan fungisida. Jika bibit sudah steril kemudian Anda seleksi dengan cara Anda rendam didalam air. Bibit brokoli yang baik akan tenggelam sementara bibit brokoli yang buruk akan mengambang pada air rendaman.

Setelah Anda merendam ke dalam air, kemudian Anda ambil bibit mengambang dan untuk bibit yang tenggelam Anda biarkan dalam rendaman sampai kurang lebih 12 jam sampai bibit brokoli nanti menjadi sebuah kecambah.

Sembari Anda menunggu bibit brokoli menjadi kecambah, Anda siapkan tanah liat dan juga pupuk organik dengan komposisi sekitar 90 dibanding 10 lalu Anda campur menyeluruh. Setelah Anda mencampur pupuk organik dengan tanah liat, kemudian Anda langsung saja masukkan tanah yang bercampur dengan pupuk organik tersebut ke dalam pot. Kemudian setelah itu Anda masukkan bibit brokoli yang telah menjadi kecambah ke dalam sebuah pot yang sudah Anda campur dengan tanah liat dan juga pupuk organik kemudian Anda siram dengan air secukupnya.

Selanjutnya Anda lakukan proses perawatan tanaman brokoli untuk mencegahnya terserang hama penyakit. Anda semprot pestisida walaupun belum ada gejala serangan hama.

Anda juga berikan pemupukan tambahan kepada tanaman brokoli ini dengan menggunakan pupuk urea dan juga ZA dengan ukuran satu sendok teh pada setiap potnya. Anda lakukan pada minggu pertama setelah penanaman kemudian tiga minggu setelah penanaman dan juga lima minggu setelah penanaman. Jangan lupa Anda juga lakukan penyiraman secara rutin.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Menanam Brokoli Pada Pot bermanfaat.

Related posts

Leave a Comment