You are here
Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek di Pot Bunga 

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek di Pot

Pak-Tani.com –  Cara Menanam Bunga Mawar – Untuk memperindah tampilan rumah, kita dapat menanam berbagai macam tanaman hias di pekarangan rumah. Tanaman hias yang diletakkan di pekarangan rumah dapat membuat rumah tampak jauh lebih asri dan juga lebih nyaman untuk ditinggali.

Salah satu tanaman hias yang cocok untuk diletakkan di pekarangan rumah adalah bunga mawar. Nah, untuk Anda yang ingin menanam bunga mawar di pekarangan rumah, berikut ini merupakan panduan singkat mengenai cara menanam bunga mawar di pot yang dapat Anda jadikan panduan :

Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek di Pot
Cara Menanam Bunga Mawar dengan Metode Stek di Pot

Pemilihan Bakal Batang Stek

Agar bunga mawar yang ditanam dapat tumbuh dan berbunga dengan baik, Anda harus memastikan bahwa batang mawar yang akan ditanam berasal dati pohon mawar yang sehat dan memiliki bunga yang lebat. Selain itu, batang mawar yang dipilih juga harus memenuhi kriteria layak stek. Ciri – ciri batang mawar yang layak stek yaitu batang tidak terlalu tua, namun juga tidak terlalu muda, batang berwarna hijau tua, dan memiliki diameter sekitar 0,75 – 1 cm.

Pemilihan Bakal Batang Stek
Pemilihan Bakal Batang Stek

Jika Anda telah menemukan batang tanaman mawar yang memenuhi kriteria di atas, selanjutnya, Anda dapat memotongnya menggunakan gunting tanaman dengan panjang batang sekitar 4 hingga 7 cm.

Pembibitan di Polybag

Langkah cara menanam bunga mawar yang selanjutnya adalah pembibitan di polybag. Sebelum ditanam ke dalam pot, batang bunga mawar sebaiknya ditanam di dalam polybag terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar tingkat keberhasilan stek yang dilakukan dapat lebih tinggi.

Baca juga : Pengetahuan Dasar Teknik Sukses Budidaya Tanaman Hias

Media tanam yang akan digunakan dalam pembibitan di polybag dapat dibuat dari campuran pupuk kandang yang telah difermentasi dengan tanah dan pasir (dengan perbandingan 1:1:1). Seluruh bahan – bahan untuk media tanam ini dicampur merata dan dimasukkan ke dalam polybag yang akan digunakan sebagai media untuk pembibitan bunga mawar.

Pembibitan di Polybag
Pembibitan di Polybag

Setelah media tanam siap untuk digunakan, selanjutnya Anda dapat menanam batang mawar yang telah disiapkan tadi secara langsung di polybag. Agar tanaman dapat tumbuh dan tidak roboh, pastikan batang mawar menancap dengan baik di polybag.

Persiapan Media Tanam dan Pemindahan Mawar ke Pot

Sambil menunggu bibit mawar siap untuk digunakan, Anda dapat mempersiapkan media tanam yang akan digunakan di pot. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat menggunakan media tanam dari campuran kompos, tanah, pasir, sekam bakar, dan pecahan genting/bata merah.

Baca juga : Cara Menanam Anggrek di Media Pot yang Baik dan Benar

Untuk membuat bahan – bahan tersebut menjadi media tanam, Anda dapat mencampurkan kompos, tanah, dan pasir (perbandingan (2:3:1) sebagai media tanam utama, sedangkan sekam bakar dan pecahan genting / bata merah sebagai media pendukung. Seluruh bahan untuk media tanam ini nantinya harus Anda susun dengan urutan dari bawah ke atas : pecahan genting / bata merah, media tanam utama (campuran kompos, tanah, dan pasir), dan yang terakhir sekam bakar.

Persiapan Media Tanam dan Pemindahan Mawar ke Pot
Persiapan Media Tanam dan Pemindahan Mawar ke Pot

Untuk memindahkan bibit mawar dari polybag ke pot, Anda hanya perlu merobek plastik polybag dan kemudian menanamkan seluruh bagian akar tanaman mawar ke pot yang telah disediakan. Aktivitas pemindahan ini sebaiknya dilakukan di pagi ataupun sore hari. Selain itu, setelah mawar dipindahkan, Anda sebaiknya melakukan penyiraman secara langsung untuk menjaga kelembaban media tanam yang ada di dalam pot.

Pemeliharaan

Agar tanaman mawar dapat tumbuh subur, Anda sebaiknya melakukan penyiraman dan juga pemupukan secara berkala. Penyiraman tanaman mawar sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari, sedangkan pemupukan dapat dilakukan satu bulang sekali dengan menggunakan pupuk komplit dengan dosis secukupnya.

Itulah langkah – langkah cara menanam bunga Mawar dengan menggunakan metode stek batang di pot. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment