You are here
Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar Pertanian 

Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar

Pak-Tani.com Bagi anda pecinta makanan pedas tentunya bumbu dapur yang bernama cabe tidak pernah hilang dari dapur anda, dimana cabe merupakan salah satu komoditi pertanian yang paling banyak peminatnya dengan banyaknya masyarakat Indonesia pecinta makanan pedas, bahkan banyak masyarakat mengganggap makanan tidak afdol tanpa ulekan cabe sebagai sambal. Nah bagi anda para pecinta cabe tentu akan lebih mantab jika cabe yang anda konsumsi tiap hari berasal dari kebun atau perkarangan anda tanpa perlu repot-repot membeli ke pasar, atau bagi anda yang ingin melirik usaha bertanam cabe untuk dijual, maka berikut kami akan berikan cara Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar.
Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar
Pemilihan Benih Cabe
Plihlah benih cabe yang baik dan berkualitas, dengan cara merendam benih cabe terlebih dahulu pada air disebuah wadah dimana benih cabe yang baik akan terendam didasar air dan yang tidak baik akan mengapung diatas permukaan.

Tahap Penanaman Cabe
a. Benih cabe terlebih dahulu disemai di polybag yang berisi media tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 :1 . Adapun proses penyemaian ini membutuhkan waktu sekitar 18 hari.
b.Siapkan media tanam dari pencampuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2: 1, dan dicampurkan 1 sendok pupuk NPK dan taruh pada lahan atau polybag yang anda siapkan sebagai media tanam cabe.
c. Setelah masa semai telah menjadi bibit dan memiliki 5 helai, dapat anda pindahkan pada media tanam anda.
d. Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari dengan tujuan agar tanaman cabe anda tidak kepanasan dan mati.

Pemeliharaan Tanaman Cabe
a. Penyiraman yang rutin dan teratir setiap hari diperlukan untuk menjaga pertumbuhan cabe anda dan sebaiknya dilakukan setiap pagi hari dan jangan menyiram tanaman hingga tergenang.
b. Pemupukan kembali anda perlu lakukan setiap minimal 2 minggu hingga 3 minggu sekali dengan menaburkan pupuk NPK pada area sekitar tanaman lalu disirim dengan air agar pupuk meresap ke tanah dan batang tanaman.
c. Perhatikan dan pantau tanaman cabe anda dari hama perusak seperti ulat, dan kutu daun yang dapat anda kendalikan dengan cara manual yakni memungut satu-persatu hama pada tanaman cabe dan membuangnya atau juga dapat menggunakan busa deterjen yang disemprotkan pada tanaman.
d. Tanaman cabe yang telah meninggi, dapat diikat dengan tali agar tidak mudah roboh dan jatuh.

Masa Panen Cabe
Tanaman Cabe telah dapat dipanen ketika sudah berusia 45 hari sejak masa tanam untuk cabe hijau, sedangkan untuk cabe merah dipanen setelah berusia 65 hari sejak masa tanam dimana panen dapat anda lakukan dengan menggunting pangkal buah cabe, maupun memetik satu-persatu yang langsung dapat anda nikmati atau dijual.

Sekian informasi kami mengenai Cara Menanam Cabe Yang Baik dan Benar, semoga menjadi referensi dan panduan anda dalam bertanam cabe yang benar dan baik untuk hasil panen yang baik dan cepat serta sukses. Terima kasih.

Baca juga ulasan kami lainnya mengenai Cara Mudah Budidaya Cabe Merah Yang Sukses

Related posts

Leave a Comment