You are here
cara menanam jagung Perkebunan 

Cara Menanam Jagung Dengan Mudah Dan Tepat

Pak-Tani.comJagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat selain padi dan gandum. Meskipun bukan tanaman asli dari Indonesia, namun jagung banyak dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Jagung ini sendiri memiliki warna kuning dengan pembungkus pelepah di bagian luarnya. Jagung memiliki biji-biji yang tersusun rapi. Jagung dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Anda dapat merebus, membakar, menggoreng, bahkan disayur dengan sayuran lainnya. Anda dapat mengkreasikan berbagai olahan jagung menjadi suatu produk baru yang lebih enak. Untuk menanam pohon jagung sangat mudah. Agar lebih jelasnya, silahkan perhatikan ulasan berikut.

cara menanam jagung
cara menanam jagung

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menanam Jagung

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam jagung. Pertama, tanaman jagung merupakan tanaman yang memerlukan sinar matahari secara langsung. Sehingga sangat baik jika anda menanam jagung pada kebun yang tidak terhalang oleh pohon. Kedua, jagung merupakan tanaman yang tidak tahan oleh air sehingga pastikan jika curah hujan yang terjadi di kebun anda hanya berkisar 85-200 mm perbulan dengan suhu udara normal yakni 23-27oC. Perhatikan juga tingkat keasaman pada tanah anda. akan lebih baik jika tanaman anda ditanam dengan ph tanah berkisar antara 5-5,6. Jika kebun anda memiliki curah hujan yang lebih, maka akan lebih baik jika anda membuat parit disekitar kebun anda agar air tidak menggenangi pohon jagung.

Selain itu, sebelum anda mulai membudidayakan jagung, anda harus mengolah tanah anda terlebih dahulu. Pengolahan tanah ini dimaksudkan agar tanaman dapat tumbuh subur. Penggembutan tanah dan juga pemupukan tanah menggunakan pupuk kandang juga sangat diperlukan agar jagung mampu berproduksi secara maksimal. Kemudian anda juga perlu menyiapkan bibit jagung dengan varietas yang unggul. Sedangkan untuk cara menanam jagung dapat anda lakukan dengan beberapa pola. Berikut penjelasnnya.

membudidayakan jagung
membudidayakan jagung

Cara Bercocok Tanam Tanaman Jagung

Ada berbagai pola yang dapat anda gunakan saat bercocok tanam. Pertama adalah pola tumpang sari. Pola ini memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman lain. Contoh tanaman yang menggunakan pola ini adalah tanaman jagung dengan kacang tanah. Jagung ditanam disela-sela tanaman kacang. Kedua adalah tumpang gilir. Pola ini dilakukan dengan cara beruntun disetiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar hasil tanaman lebih maksimal. Contoh tanaman tumpang gilir adalah jagung muda kemudian padi lalu kedelai dan seterusnya. Ketiga adalah pola tanaman bersisipan. Yakni tanaman yang ditanam saat tanaman yang sudah ditanam hampir memasuki masa panen. Dan yang terakhir adalah pola campuran. Pola ini mencampur semua tanaman menjadi satu tanpa memperhatikan jarak dan lain-lain.

Sesudah anda memilih pola yang ingin anda gunakan, berikutnya adalah mulai dengan menanam jagungnya. Caranya sangat mudah yakni lubangi tanah dengan kedalaman 3-5 cm. Setiap lubang isi 1 butir biji jagung. Atur jarak tanam di setiap lubang agar nantinya tidak bertubrukan. Beri pupuk dan siram jagung anda namun jangan terlalu sering. Lakukan juga penyulaman jika ada tanaman jagung yang tidak tumbuh atau berpenyakit. Lakukan pembasmian hama secara rutin. Jika jagung sudah memasuki usia 80-100 hari, maka jagung siap dipanen.

Demikian Cara Menanam Jagung Dengan Mudah Dan Tepat. Anda dapat memilih menggunakan pola sesuai dengan keinginan anda. selamat menanam jagung.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai Tips Sukses Bercocok Tanam Kakao Dan Cokelat

Related posts

Leave a Comment