You are here
Cara Menanam Lidah Buaya di Media Polybag Herbal 

Cara Menanam Lidah Buaya di Media Polybag

Cara Menanam Lidah Buaya – Aktivitas maupun usaha di bidang pertanian sering kali terhambat oleh ketersediaan lahan yang semakin terbatas. Perkembangan jumlah penduduk membuat tingkat konversi lahan pertanian menjadi bangunan perumahan menjadi jauh lebih tinggi. Dampaknya luas lahan pertanian menjadi semakin sempit, dan pada akhirnya jumlah produksi pertanian pun menjadi semakin berkurang.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, berbagai macam teknologi di bidang pertanian telah diterapkan agar tingkat produksi komoditi pertanian dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Salah satu teknologi yang sering kali digunakan untuk mengatasi keterbatasan lahan adalah dengan menggunakan polybag sebagai sarana penanaman berbagai macam tanaman.

Cara Menanam Lidah Buaya di Media Polybag

Teknik Menanam Lidah Buaya di Polybag

Pada dasanya teknik menanam lidah buaya di polybag hampir sama dengan teknik menanam tanaman lain nya di media polybag. Anda hanya perlu menanam tunas lidah buaya yang diambil dari indukan ke dalam polybag yang telah disiapkan sebelumnya.

Media tanam terbaik yang dapat digunakan untuk menanam lidah buaya di polybag adalah tanah poros yang dicampur dengan pasir dan pupuk kandang. Tanah poros merupakan tanah gembur yang ada di bagian lapisan dalam tanah. Penggunaan tanah poros sebagai media tanam lidah buaya telah terbukti dapat menghasilkan lidah buaya dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan penggunaan tanah lainnya.

Dalam aktivitas penanaman benih lidah buaya ke dalam polybag, benih lidah buaya tidak boleh ditanam terlalu dalam atau bahkan terlalu dangkal. Jika ditanam terlalu dalam, benih lidah buaya akan sulit untuk tumbuh, sedangkan jika ditanam terlalu dangkal benih lidah buaya cenderung mudah roboh. Oleh karena itu, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menanamnya dengan tingkat kedalaman yang sedang.

Aktivitas Perawatan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tanaman lidah buaya memerlukan beberapa tindakan perawatan seperti penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan. Pada dasarnya tanaman lidah buaya tidak membutuhkan banyak air. Meskipun begitu, untuk menjaga kelebaban media tanam lidah buaya, aktivitas penyiraman tetap perlu dilakukan, terutama pada musim kemarau. Kegiatan penyiraman lidah buaya cukup dilakukan sebanyak 1 kali setiap hari nya.

Agar tanaman lidah buaya dapat tumbuh dengan optimal tanpa gangguan gulma, maka kegiatan penyiangan perlu dilakukan setiap satu minggu sekali. Aktivitas penyiangan dapat membantu tanaman lidah buaya berkembang dengan lebih cepat karena tidak ada satu tanaman penganggu pun yang menghalangi aktivitas pertumbuhan nya.

Teknik Menanam Lidah Buaya di Polybag

Untuk aktivitas pemupukan, biasanya dilakukan dengan menggunakan pupuk organik seperti POC NASA ataupun dengan menggunakan pupuk organik buatan sendiri. Aktivitas pemupukan biasanya dilakukan setiap dua minggu sekali sehabis kegiatan panen dilakukan.

Masa Panen

Tahapan terakhir dalam teknik dan cara menanam lidah buaya yang perlu dilakukan adalah pemanenan. Lidah buaya normalnya sudah dapat dipanen setelah usia tanaman sekitar 6 bulan dari pertama kali tanaman dipindahkan ke polybag. Aktivitas pemanenan dapat dilakukan dengan menggunakan pisau yang bersih dari karat. Helaian lidah buaya yang dipanen adalah helaian lidah buaya terluar atau pun yang paling tua.

Aktivitas pemanenan lidah buaya sebaiknya dilakukan di pagi atau pun sore hari agar tanaman tidak layu. Aktivitas panen sebaiknya juga dilakukan sebelum helaian lidah buaya menguning. Ketika helaian lidah buaya telah menguning, kandungan jel di dalam lidah buaya cenderung sedikit lebih rendah dibandingkan ketika  lidah buaya dalam kondisi hijau segar.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai cara menanam lidah buaya di media pot yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment