Cara Menanam Semangka yang Tepat

Cara Menanam Semangka yang Tepat

Posted on

Pak-Tani.Com – Citrullus lanatus atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama buah semangka merupakan sebuah buah yang punya cita rasa manis segar dan dapat tumbuh dengan mudah pada dataran rendah. Buah yang satu ini awalnya berasal dari Afrika bagian selatan dan buah ini termasuk ke dalam golongan keluarga cucurbitaceae yang memiliki sifat sebagai tanaman menjalar seperti melon, labu dan juga mentimun.

Di Indonesia sendiri budidaya semangka sangat maju dan banyak orang yang kini mulai menjalankan bisnis budidaya semangka. Memang harganya relatif murah tak seperti buah naga yang mahal akan tetapi karena harganya yang relatif murah ini banyak orang yang mencari buah manis segar ini. Mungkin Anda ingin mencoba membudidayakannya?

Cara Menanam Semangka yang Tepat

Cara Budidaya Semangka

Dalam cara menanam semangka, ada beberapa faktor yang Anda perlu siapkan. Beberapa faktor keberhasilan budidaya semangka diantaranya :

Lakukan tahap persiapan

Pada tahap yang satu ini Anda harus mulai melakukan beragam kegiatan dan mulai menyiapkan beragam bahan yang mencakup persiapan penanaman buah semangka. Persiapan pertama yang harus Anda lakukan yaitu lahan. Semangka bisa Anda tanam di lahan seperti kebun ataupun pada bekas sawah selama tanah memiliki sinar matahari yang cukup.

Lakukan tahap penanaman dan perawatan

Setelah nantinya media tanam siap kemudian Anda masukkan bibit ke dalam lubang dengan hati – hati. Anda ambil plastik bibit dengan sangat perlahan, celah sisa memasukkan bibit harus Anda tutup dengan tanah dan Anda siram dengan sedikit air supaya celahnya nanti tidak terbuka. Setelah bibit ditanam sekitar 3 sampai dengan 5 hari tanaman perlu Anda pantau guna menghindari bibit yang tumbuh terlalu cepat atau bahkan mati. Anda perlu menyiangi tanaman dan memberikan pupuk terbaik kepada tanaman semangka ini.

Baca juga :

Masa panen

Semangka pada umumnya sudah dipanen sejak umur 70 sampai dengan 100 hari. Akan tetapi waktu panen juga sangat berpengaruh pada faktor perawatan, kondisi tanah, kualitas bibit dan iklim pada tempat Anda menanam semangka. Ciri – ciri semangka yang bisa Anda panen yaitu buah sudah cukup besar dan menjelang matang dengan batang mulai mengecil dan terjadinya perubahan pada warna buah.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Cara Budidaya Semangka bermanfaat. Buat Anda yang ingin budidaya semangka terapkan cara diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *