You are here
Budidaya Cabe Merah Pertanian 

Cara Mudah Budidaya Cabe Merah Yang Sukses

Pak-Tani.com Cabe merah merupakan salah satu komoditi pertanian yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat tanah air hingga dunia, dan banyak masyarakat menganggap bahwa kelengkapan isi dapur tidak akan afdol tanpa keberadaan cabe merah di dapur mereka. Bagi pecinta makanan pedas, cabe merah merupakan sesuatu yang wajib ditambahkan pada setiap makanan yang akan mereka konsumsi. Melihat permintaan pasar akan stok dan persediaan cabe merah yang selalu besar dan semakin meningkat, maka tidak heran banyak pelaku cabe merah yang meraih keuntungan besar dimana dalam melakukan usaha budidaya cabe merah tergolong mudah dan modal yang minim.
Budidaya Cabe MerahTingkat keberhasilan dan kesuksesan dalam budidaya cabe merah ditentukan dengan cara budidaya yang baik dan benar, sebab tidak jarang banyak pelaku budidaya yang merugi. Faktor yang sering membuat para pelaku budidaya cabe merah merugi selain fenomena alam seperti kemarau berkapanjanga, banjir, dsb, adalah karena harga pasaran cabe merah yang kadang naik dan turun, jadi ada menunggu momen tepat dimana harga cabe merah stabil baru dimana pasokan pasar sedang tidak ramai yang membuat harga turun, baru anda memulai budidaya cabe merah. Nah, bagi anda yang terjun menggeluti usaha budidaya cabe merah, berikut Cara Mudah Budidaya Cabe Merah Yang Sukses, baik untuk konsumsi pribadi, usaha sampingan, maupun usaha utama.

Sebelum memulai budidaya cabe perlu anda ketahui , bahwa tanaman cabe merah membutuhkan sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik, dimana cabe merah membutuhkan sekitar 10 hingga 12 jam terkena sinar matahari dengan suhu sekitar 24 hingga 28 derajat celcius. Selain sinar matahari, anda juga harus memperhatikan kelembapan dan ph tahah yang sesuai untuk tumbuh kembang maksimal tanaman cabe merah anda. Dengan berbekal hal tersebut, maka tentukanlah lahan dan tempat yang pas untuk memulai cabe merah anda.

Pemilihan Benih dan Lahan
Campurkan tahah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 atau 1:1 pada lahan tempat budidaya cabe merah anda, dan membuat bedengan. Untuk benih cabe merah, pilihlah benih cabe yang berkualitas dan unggul yang dapat anda beli di berbagai toko-toko pertanian.

Proses Penyemaian Cabe Merah
Untuk melakukan penyemaian dengan menggunakan polybag, dimana polybag diisi dengan tanah, kompos agar membuat tanah menjadi gembur. Setelah polybag telah anda siapkan, benih siap anda tanam dengan 1 benih untuk 1 polybag dan dilakukan pada pagi atau pada sore hari dengan cuaca yang lebih cocok untuk penyemaian.

Penanaman Cabe Merah
Benih cabe yang telah ditanam di polybag dan telah tumbuh, telah dapat anda lepaskan dari polybag dan ditanam pada lahan dengan memberi jarak yang secukupnya antara bibit. Pastikan lahan anda sudah steril dari hama seperti bekicot dan ulat.

Perawatan Cabe Merah
Untuk perawatan cabe merah tergolong sangat mudah, dimana penyiraman dilakukan ketika tanaman cabe anda sudah mulai terlihat kering dan penyiraman jangan sampai membuat tanaman cabe anda tergenang air. Sedangkan untuk pemupukan, cukup 1 minggu sekali menggunakan pupuk kandang maupu pupuk cair.

Panen Raya
Masa panen cabe merah dapat anda capai setelah tanaman cabe merah anda berusia 75 hari sejak masa penanaman, dimana jika tanaman cabe anda berkualitas dan sehat, anda dapat memanen secara berkala sekitar 40 kali masa panen, dimana waktu panen yang tepat adalah pada pagi hari agar tanaman cabe merah anda tidak layu.

Sekian ulasan kami mengenai Cara Mudah Budidaya Cabe Merah Yang Sukses, yang patut anda lirik dimana seperti kita ketahui bersama cabe merah merupakan salah satu komoditi pertanian favorit masyarakat sehingga permintaan pasar akan cabe merah yang besar pun dapat anda manfaatkan untuk meraup keuntungan. Terima kasih.

Baca juga ulasan kami lainnya mengenai Cara Budidaya Kacang Panjang Dengan Panen Melimpah

Related posts

Leave a Comment