You are here
Budidaya Ikan Gurame di Kolam Perikanan 

Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Kolam

Pak-Tani.com – Permintaan yang tinggi dan barang/produksi yang tersedia tentu akan menjadi sebuah solusi usaha yang sangat baik bukan ? Nah, situasi tersebut terjadi pada sebuah komoditas bernama ikan gurame yang terkenal akan kelezatannya dan menjadi jenis kuliner favorit banyak masyarakat di Indonesia. Selain permintaan yang begitu tinggi, penjualan ikan gurame juga tergolong lebih tinggi dibandingkan jenis air tawar lainnya jadi bagi anda yang mencari peluang usaha atau sekedar ingin mengisi waktu yang kosong maka budidaya ikan gurame akan sangat menguntungkan.
Budidaya Ikan Gurame di KolamPotensi keuntungan dari budidaya ikan gurame adalah selain permintaan yang begitu tinggi, di Indonesia ketersediaan lahan untuk dijadikan kolam untuk budidaya ikan gurame masih sangat luas, ketersediaan pakan yang lengkap dan mudah dijangkau, dukungan pemerintah oleh Balai Benih Induk (BBI) yang memproduksi benih gurame unggul, serta data dan informasi yang memadai menjadikan budidaya ikan gurame patut dilirik dan menjadi solusi bagi anda yang ingin memulai bisnis dan usaha.

Adapun untuk cara dan langkah budidaya ikan gurame di kolam dengan baik dan benar untuk hasil yang maksimal, akan kami bahas sebagai berikut :

1. Kolam Budidaya Ikan Gurame
Untuk budidaya, tentu anda harus terlebih dahulu menyiapkan tempat budidaya dimana untuk bahasan kali ini anda membutuhkan kolam sebagai tempat budidaya ikan gurame anda. Kolam budidaya ikan gurame dapat berupa kolam tanah, kolam terpal, hingga kolam semen. Yang patut diperhatikan dalam menyiapkan kolam budidaya adalah melakukan pembersihan terhadapat kolam telebih dahulu dari berbagai bibit penyakit dan baru memasukkan air untuk didiamkan dulu selama 1 minggu sebelum melakukan penebaran benih ikan gurame.

2. Benih Ikan Gurame
Setelah urusan menyiapkan kolam selesai, lanjut ke penyiapan dan pemilihan benih ikan gurame. Benih ikan gurame yang baik adalah berukuran agak besar, tidak terdapat luka, dan cacat pada tubuhnya. Sedangkan untuk jumlah benih, anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan modal dan besarnya lahan kolam anda. Semakin banyak benih anda, maka semakin banyak hasil yang akan anda dapatkan saat panen.

3. Penebaran Benih Ikan Gurame
Penebaran benih ikan gurame didalam kolam budidaya membutuhkan cara dan pola adaptasi agar benih nantinya tidak kaget dengan perubahan suhu secara mendadak dan mati. Untuk menghindari hal tersebut, penebaran benih dilakukan dengan cara menyiapkan benih disebuah wadah berupa ember atau baskom diisikan air dari kolam budidaya dan didiamkan selama 15 menit, kemudian wadah tersebut dimiringkan ke arah kolam budidaya agar benih ikan gurame berenang sendiri ke kolam budidaya yang telah kita siapkan.

4. Pakan
Pelet dan dedaunan seperti daun kangkung, daun talas, daun singkong , daun pepaya hingga kacang-kacangan merupakan pakan terbaik untuk ikan gurame. Dan untuk pemberian pakan, sebaiknya dilakukan hanya 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

5. Perawatan kolam
Agar ikan gurame berkembang dengan baik dan jauh dari penyakit, maka menjaga kebersihan air kolam menjadi wajib untuk budidaya ikan gurame. Jadi ketika air sudah tercium agak berbau dan busuk maka segeralah mengganti air kolam, yakni cukup menguras 1/3 air isi kolam dan mengisi dengan air yang bari.

6. Panen
Budidaya ikan gurame mencapai masa panen setelah sekitar 7-8 bulan sejak dari penebaran benih dan saat ikan sudah berbobot antara 0,7-1 kg, ikan sudah siap dikonsumsi maupun dijual.

Menarik dan mudah bukan ? sekian ulasan kami mengenai Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame di Kolam yang patut anda coba dan segera raih keuntungan besar dengan budidaya ikan gurame secara benar dan baik. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Related posts

Leave a Comment