You are here
Budidaya Jamur Merang Perkebunan 

Cara Sukses Budidaya Jamur Merang Dengan Mudah

Pak-Tani.com Budidaya jamur sekarang ini banyak dilirik oleh para pelaku budidaya dimana para penggemar dan penikmat jamur di Indonesia terus meningkat dengan pesat dimana jamur yang terkenal dengan tekstur dan rasanya yang khas serta dapat diolah menjadi aneka macam kuliner hingga menjadi topping makanan menjadi alasan bisnis mengapa budidaya jamur patut digeluti. Terdapat beberapa jenis jamur yang populer di masyarakat dan memiliki permintaan yang tinggi seperti jamur tiram, jamur kuping, dan jamur merang, dimana kali ini kita akan membahas cara budidaya jamur merang.
Budidaya Jamur MerangMengapa memilih budidaya jamur merang ? sebab disamping rasanya yang khas dan dengan permintaan pasar yang besar dimana jamur ini dapat dengan mudah anda temukan diberbagai warung dan restoran yang mengolah jamur ini yang memiliki peminat yang cukup banyak selain jamur tiram, jamur ini juga tergolong mudah untuk dibudidayakan dan membutuhkan modal yang relatif kecil. Bagi anda yang berminat menggeluti budidaya jamur merang, berikut kami berikan Cara Sukses Budidaya Jamur Merang Dengan Mudah sebagai berikut :

Media tanam dan Proses Fermentasi Jamur Merang
Untuk persiapan media tanam, anda harus menyesuaikan dengan habitat asli jamur merang, maka untuk “menyerupai’ habitat asli jamur merang anda perlu menyiapkan jerami dan kapas kemudian mencampurkan keduanya dengan perbandingan 1:1, tambahkan kapur pertanian dengan takaran sebanyak 2 % dari berat total campuran jerami dan kapas dan diamkan selama 24 jam, baru kemudian ditempatkan pisah-pisahkan dan didiamkan lagi selama 4 hingga 6 hari. Setelah itu, tambahkan 10 % bekatul dan 1 % urea untuk membuat media tanam jamur merang .

Tempat Budidaya Jamur Merang
Untuk budidaya jamur, anda membutuhkan tempat khusus berupa rumah kumbung yang dapat dibuat dari kayu atau papan dan berisi rak-rak media tanam jamur merang anda, yang nantinya berfungsi sebagai pengatur suhu untuk jamur merang anda.

Rak Tanam Jamur Merang
Setelah media tanam telah siap, media tanam tersebut diletakkan pada rak-rak tanam untuk jamur yang telah anda buat di sebuah rumah kumbung ( tempat khusus untuk budidaya jamur ). Untuk peletakan media tanam, sebaiknya mencapai ketebalan hingga 15-20 cm. Setelah rak-rak tanam jamur siap, maka anda perlu menggunakan uap panas untuk membuat hangat rumah kumbung anda hingga mencapai suhu 70 derajat celcius, dan kemudian diamkan rumah kumbung selama 24 jam agar rumah kumbung kembali ke suhu normal sekitar 32 hingga 35 derajat celcius dengan sendirinya.

Penanaman bibit Jamur Merang
setelah rumah kumbung telah steril, maka bibit jamur merang yang telah anda siapkan dapat segera anda tebar di media tanam di rak-rak rumah kumbung.

Perawatan Jamur Merang
Untuk perawatan dan pemeliharaan jamur merang sangatlah mudah dimana anda hanya perlu memastikan hal dibawah ini agar jamur merang anda tumbuh subur.

– Menutup rumah kumbung sekitar 3-4 hari setelah masa tebar benih
– Suhu rumah kumbung berkisar 32 hingga 35 derajat celcius yang dimana anda dapat menggunakan cahaya lampu 60 watt untuk menjaga suhu tidak terlalu dingin ketika malam hari
– Kelembapan ruangan sekitar 65%

Panen Jamur Merang
Panen jamur merang dapat anda raih setelah budidaya anda mencapai usia sekitar 8 hingga 12 hari, dimana anda dapat memanen jamur yang memiliki kuncup yang belum mekar untuk harga jual yang lebih tinggi dan lebih disukai pasar dibandingkan jamur yang memiliki kuncup sudah mekar.

Mudah dan cepat bukan ? Sekian informasi kami mengenai Cara Sukses Budidaya Jamur Merang Dengan Mudah yang patut anda tekuni baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Panduan Cara Budidaya Semut Jepang Dengan Modal Kecil

Related posts

Leave a Comment