Cara Ternak Ayam Potong, Solusi Sukses Usaha Ternak Ayam

Cara Ternak Ayam Potong, Solusi Sukses Usaha Ternak Ayam

Posted on

Belajar mengenai cara ternak ayam potong merupakan salah satu langkah terbaik untuk memulai usaha ternak ayam yang juga biasa disebut dengan ayam boiler ini. Mengingat tingkat konsumsi daging ayam di Indonesia yang relatif tinggi, tentu saja usaha beternak ayam potong menjadi salah satu cara yang patut dicoba untuk meraih kesuksesan. Selain ayam boiler, ayam potong juga biasa disebut dengan ayam sayur. Usaha ayam potong sendiri sebenarnya bisa menjadi usaha sampingan karena cara ternaknya yang cukup mudah dan waktu yang dibutuhkanpun tidak banyak. Nah anda tertarik? Tetap bersama kami.

Sebelum memulai suatu usaha, anda tentu membutuhkan pemikiran matang sampai akhirnya mendapatkan keputusan yang terbaik. Sama halnya dalam usaha ternak ayam potong ini. Sebagai informasi, ayam potong atau ayam boiler merupakan jenis ayam yang dapat terus tumbuh sampai memiliki berat yang mencapai hingga 5 kg. Hal ini tentu merupakan sebuah potensi yang bagus untuk meraup keuntungan yang besar, mengingat harga daging ayam potong per kilonya mencapai 20 ribu. Nah jika anda telah yakin ingin memulai usaha ini, berikut beberapa tahapan berternak ayam potong yang perlu anda lakukan.

Cara Ternak Ayam Potong, Solusi Sukses Usaha Ternak Ayam

Tahap Persiapan Ternak Ayam Potong

Tahap pertama dalam usaha ternak ayam adalah tahap persiapan. Anda harus mempersiapkan kandang sekaligus peralatannya seperti pemanas (biasanya lampu pijar)tempat minum, makan, pembersih dan lainnya yang kira-kira dibutuhkan. Dalam usaha ternak ayam, kandang ayam merupakan salah satu hal terpenting dan harus tersedia sebelum pembibitan karena merupakan tempat tinggal untuk ayam-ayam itu nanti. Setidaknya, kandang ayam yang akan digunakan sesuai dengan beberapa syarat seperti ukuran kandang ayam yang sebanding dengan banyaknya jumlah ayam, kandang memiliki atap, dinding dan juga ventilasi serta memiliki celah atau lantai kandang yang dibuat sedikit miring untuk kemudahan membersihkan kotoran ayam. Dan setelah kandang siap, anda bisa melengkapinya dengan beberapa peralatan yang telah disebutkan tadi.

Tahap Pembibitan Ayam Potong

Setelah kandang dan peralatan telah siap dan tersedia, anda bisa melanjutkan cara ternak ayam potong ini dengan menyiapkan bibit. Pastikan bibit yang akan anda gunakan ini memiliki kualitas dan kriteria yang bagus dan sehat. Untuk mendapatkan ayam potong yang tumbuh sehat dan berisi, tentu bibit yang digunakan juga harus sehat. Jadi, pilihlah bibit yang benar-benar bagus dan memiliki kriteria seperti lincah, ukuran dan berat badan cukup, bulu sehat dan tidak memiliki cacat apapun.

cara ternak ayam potong

Tahap Pemeliharaan Ayam Potong

Tahap selanjutnya dalam peternakan ayam potong adalah pemeliharaan. Pada tahap ini, anda harus benar-benar memperhatikan makanan dan minuman ayam karena hal ini akan mempengaruhi gizi dan pertumbuhannya. dalam memberi makan, pastikan makanan tersebut adalah makanan yang dikhususkan untuk ayam potong dan diberikan sekitar 3 kali dalam sehari. Pastikan juga banyaknya makanan tersebut sesuai dengan jumlah ayam yang ada. Selain itu, anda juga perlu memberikan obat sehat khusus ayam yang bisa anda campurkan pada minuman ayam. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menghindari resiko penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan ayam.

Itulah beberapa tahapan dalam cara ternak ayam potong yang bisa anda lakukan. Ketika ayam-ayam tersebut telah tumbuh dan sekiranya cukup memiliki berat untuk dijual, anda bisa memanennya. Dan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, anda bisa memanen ayam potong ini ketika harganya sedang tinggi. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *