You are here
cara beternak belut Perikanan 

Cara Ternak Belut Menggunakan Wadah Bekas

Pak-Tani.com – Cara ternak belut agar menghasilkan belut yang besar sangatlah mudah. Tidak perlu lahan luas dan besar untuk pembuatan kolam karena belut dapat di ternak dengan menggunakan wadah bekas yaitu drum yang sudah tidak terpakai. Cara pembudidayaan belut saat ini memang sangat pesat di gunakan karena semakin hari jumlah permintaan akan belut sangat tinggi namun ketersediaannya yang kurang. Hal ini di karenakan belut sudah susah di cari di tempat asalnya yaitu lumpur sehingga kita perlu memperbanyak belut dengan budidayanya sendiri. Bagi anda yang ingin belajar membudidayakan belut dan tidak tahu bagaimana caranya, simak informasi berikut ini.

cara beternak belut
cara beternak belut

Perlengkapan Yang Harus Di Siapkan

Pada cara ternak belut ini, hal yang harus di utamakan adalah perlengkapan makanan belut. Karena belut merupakan hewan kanibal yang juga memakan daging maka tidak mudah untuk mencari makanannya sehingga perlu di siapkan terlebih dahulu. Beberapa makanan belut adalah cacing tanah, bekicot, keong mas, ikan runcah dan berbagai macam daging lain untuk menunjang kelangsungan hidup hewan ini. Perlengkapan lain yang di butuhkan adalah paralon, tandon atau wadah penampung air, kawat kasa, ember, baskom, serok, jerigen, cangkul dan lain sebagainya.

Selain itu, perlengkapan ternak belut yang paling utama di butuhkan pada kali ini adalah drum bekas yang terbuat dari plastik karena drum yang terbuat dari seng mudah berkarat dan tidak baik untuk kehidupan belut. Sebelum di gunakan harus di perhatikan dulu kualitas drum dan ketika drum benar benar bersih maka drum dapat di isi dengan air dan di diamkan selama 2 hari setelah itu baru air dalam drum dapat di buang. Drum yang di gunakan tidak boleh bocor dan tidak boleh berbau sehingga kebersihannya harus benar benar terjaga.

Berikutnya hal yang juga harus di perhatikan adalah media tanah yang di gunakan. Sebaiknya menggunakan tanah yang tidak berpasir dan juga tidak begitu liat dan di usahakan masih mengandung unsur hara. Media tanah yang baik yaitu tanah yang di ambil dari sawah. Cara penggunaanya yaitu dengan memasukkan tanah ke dalam drum dengan ketinggian 40 cm setelah itu di beri air sampai tanah menjadi becek layaknya tanah lumpur. Bahan lain yang juga di butuhkan adalah jerami, dedak, pupuk kandang, potongan batang pisang, dan air sumur.

perlengkapan ternak belut
perlengkapan ternak belut
cara budidaya belut
cara budidaya belut

Cara Merawat Belut

Pada cara ternak belut ini tentunya ada cara perawatan atau pemeliharaan belut. Hal yang paling utama lagi lagi adalah soal makanan. Ketika bibit belut telah berada di dalam drum, maka pemberian makan dapat di lakukan di hari ke 3 dengan porsi maksimal 5% dari jumlah banyaknya bibit belut. Waktu pemberian makan di lakukan pada sore hari karena belut akan makan saat gelap atau malam hari. Kemudian hal yang perlu di perhatikan adalah air, air yang di keluarkan dari paralon sebaiknya di buat dengan normal dan tidak terlalu besar agar media yang di gunakan tidak terbawa oleh arus. Tanaman air juga di butuhkan untuk menjaga kelembaban sehingga belut tidak kepanasan.

Perawatan ternak belut berikutnya yaitu dengan memperhatikan lokasi media. Hal ini bertujuan untuk menjaga drum dari adanya lumut serta tanaman liar dan juga hama, bahkan hewan yang akan mengganggu seperti bebek dan ayam. Kemudian pemberian EM4 juga harus di perhatikan untuk dapat menetralisir sisa makanan belut dan juga untuk mengurangi bau. EM4 ini dapat di larutkan ke dalam 1 liter air dengan dosis ½ sendok dan dalam sehari dapat di berikan sebanyak 2 – 3 kali. Setelah pemeliharaan berlangsung hingga 4 bulan, maka belut sudah siap untuk di panen.

Sekian informasi kami mengenai Cara Ternak Belut Menggunakan Wadah Bekas yang semoga dengan beberapa cara dan langkah-langkah diatas anda dapat mencoba ternak belut dirumah sendiri. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Related posts

Leave a Comment