You are here
langkah budidaya kacer Peternakan 

Cara Ternak Kacer Secara Sukses

Pak-Tani.com – Bagi para pecinta burung, mendengar nama burung kacer pasti sudah tidak asing lagi. Burung yang sering sekali berkicau ini memang memiliki suara yang khas dan juga bentuk yang indah sehingga banyak orang yang berkeinginan untuk memelihara jenis burung yang satu ini. Cara ternak kacer yang saat ini sudah marak dilakukan oleh orang tentu akan membuat persaingan dipasaran semakin meningkat. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir akan penjualan burung kacer dipasaran, karena pasti akan sangat menguntungkan apalagi jika anda memberikannya bekal berkicau yang unik atau mungkin kelebihan dalam kicauan yang sering dilontarkan.

langkah budidaya kacer
langkah budidaya kacer

Tahap-Tahap Budidaya Burung Kacer

Tahap pertama dalam ternak kacer adalah mempersiapkan kandang. Kandang sangat penting dalam kehidupan kacer, karena kandang merupakan rumah kecil bagi burung yang biasanya hidup di alam bebas. Kandang yang baik dan nyaman bagi burung akan membentuk dan menciptakan burung yang berkualitas, baik dai segi kesehatan maupun juga kemampuannya untuk berceloteh. Kandang burung bisa anda pilih bentuknya, mulai dari kandang gantung atau kandang yang berukuran besar untuk beberapa burung kacer. Keuntungan dari sangkar gantung adalah untuk menghemat tempat, karena kandang atau sangkar bisa digantung di udara, selain itu, metode yang satu ini juga banyak diakui oleh para peternak kacer akan menghasilkan keturunan atau anakan yang berkualitas unggul yang disebabkan oleh privasi atau kedekatannya di dalam satu sangkar pada masa perjodohan dan perkawinan.

Untuk ukuran kandang gantung, anda dapat memilih yang sudah jadi di pasaran, biasanya yang ideal untuk satu ekor burung adalah berukuran 50 x 50 x 50 cm. Kelengkapan yang harus anda sediakan di dalam sangkar adalah tempat makan, tempat minum, tempat bertelur dan mengerami, serta tempat bertengger bagi burung kacer. Setelah burung dimasukkan ke dalam kandang, cara ternak kacer selanjutnya adalah proses perjodohan. Langkah budidaya kacer dengan perjodohan ini dilakukan dengan mendekatkan sarang burung jantan dan juga sarang burung betina selam kurang lebih satu minggu. Setelah menunjukkan kecocokan, mereka bisa disatukan dalam satu sangkar.

cara ternak kacer
cara ternak kacer

Pakan untuk Ternak Kacer

Pada saat perjodohan berlangsung, makanan yang banyak dan bernutrisi harus selalu dipersiapkan untuk mendukung kualitas keturunan nantinya. Selain itu, kandang yang digunakan juga harus dijaga kebersihannya supaya burung tidak mudah terserang oleh virus penyakit. Setidaknya kandang burung dibersihkan dua kali dalam satu pekan untuk membersihkan kotoran di dalam sangkar, dan untuk pemberian makanan, sebaiknya dilakukan pada saat pagi, siang dan juga sore hari, apalagi jika masa perjodohan, pengeraman, penetasan, dan juga proses tumbuh kembang anak kacer.

Setelah masa perjodohan, dan jika perjodohan tersebut berhasil, biasanya kacer betina akan bertelur sebanyak dua hingga tiga butir. Setelah menetas, burung akan mengerami telurnya selama empat belas hari. Pada masa-masa itu, sebaiknya sarang diletakkan ditempat yang tidak terlalu bising, tidak banyak gangguan yang mendatanginya. Makanan juga harus disiapkan ekstra dan dletakkan di dekat induk yang sedang mengerami untuk memudahkannya mengambil makanan.

Proses penetasan akan berlangsung setelah telur dierami dan ketika berumur 10 hari setelah menetas, biasanya anak burung sudah bisa dipisahkan dari induknya untuk belajar diloloh atau diberi makan oleh kita menggunakan voer yang diencerkan. Demikian beberapa uraian mengenai Cara Ternak Kacer Secara Sukses yang semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai Teknik Dan Cara Ternak Jangkrik Dengan Mudah

Related posts

Leave a Comment