You are here
Cara Ternak Kelinci Untuk Pebisnis Ternak Peternakan 

Cara Ternak Kelinci Untuk Pebisnis Ternak

Pak-Tani.com –  Kelinci adalah hewan yang dapat di pelihara sebagai binatang kesayangan dan juga dapat di pelihara sebagai bisnis ternak. Hal ini dapat menyebabkan jumlah permintaan yang semakin hari semakin tinggi karena kelinci juga merupakan menu kuliner yang bernilai tinggi. Sehingga faktor di atas tersebutlah yang menjadikan adanya peluang ternak kelinci. Dalam menjalankan bisnis ternak ini tentunya akan ada beberapa hal yang harus di perhitungkan dan di geluti ketika ingin benar benar mendapatkan penghasilan tinggi dari ternak kelinci ini. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara ternak kelinci yang baik dan benar, simak informasi berikut ini.

Cara Ternak Kelinci Untuk Pebisnis Ternak
Cara Ternak Kelinci Untuk Pebisnis Ternak

Cara Memilih Bibit Kelinci

Pada cara ternak kelinci ini tentunya hal yang harus di perhatikan adalah pemilihan bibit kelinci yang unggul. Pilihlah kelinci yang lincah dan juga aktif serta memiliki nafsu makan tinggi. Kelinci yang baik memiliki performa tubuh yang seimbang antara ukuran besar kepala dengan ukuran panjang tubuhnya, kemudian memiliki mata bulat dan bercahaya, selaput mata yang bersih dan pandangan matanya tajam cerah. Kelinci yang baik memiliki ukuran telinga yang lebih panjang dan lebar sekitar 10 cm, memiliki kaki normal dan kokoh serta memiliki kuku pendek, badan bulat dan dada lebar padat serta bulu yang bersih dan halus. Ketika anda memilih bibit kelinci, perhatikan juga ekornya, kelinci yang baik berekor kecil, lurus, dan ujungnya dekat dengan punggung. Untuk pemilihan bibit induk, pilihlah kelinci yang memiliki ukuran pinggang besar serta memiliki jumlah puting susu yang banyak.

Baca juga : Mengupas Lengkap Teknik Dan Cara Ternak Lovebird

Proses Pemeliharaan Kelinci

Pada proses pemeliharaan ternak kelinci hal yang pertama di utamakan adalah peletakan kandang yang baik dan benar karena kelinci harus memiliki rumah yang layak huni. Letakkan kandang kelinci yang terkena sinar matahari yang cukup kemudian di tempat yang memiliki suhu sejuk. Rumah kelinci juga harus memiliki ventilasi serta berada di tempat yang kering. Tentunya lingkungan sekitar rumah kelinci juga harus tenang dan sediakan tempat kotoran kelinci kemudian lantai kandang juga dapat di buat dengan menggunakan bambu, kayu, atau kawat.

Proses Pemeliharaan Kelinci
Proses Pemeliharaan Kelinci

Hal yang juga di utamakan pada cara ternak kelinci ini adalah pakan kelinci. Beberapa makanan sehat kelinci adalah sayur sayuran hijau, biji bijian, dan makanan konsentrat. Adapun sayuran yang dapat di berikan pada kelinci yaitu kangkung, daun bunga kol, selada air, wortel dan daunnya, rumput lapangan dan juga jenis limbah sayuran. Sayur yang baik untuk kelinci bukanlah sayur yang masih segar namun sayur yang telah di layukan sebelumnya. Hal ini bertujuan agar serat kasar yang terdapat pada sayuran segar hilang, kemudian getah dan racunnya juga akan hilang sehingga kelinci terhindar dari kejang kejang dan juga mencret. Untuk biji bijian dapat berupa jagung yang telah di haluskan. Kemudian untuk makanan konsentrat dapat berupa dedak halus, kulit gandum, dan ampas tahu.

Baca juga : Cara Ternak Kacer Secara Sukses

Memberikan makan kepada kelinci harus di atur dengan waktu yang tepat. Makanan hijau dapat di berikan di pagi hari sekitar jam 7 pagi atau jam 8 pagi. Setelah memberikan makan, kebersihan kandang juga harus di perhatikan dan pada jam 10 pagi kelinci di beri makanan konsentrat kemudian untuk makanan biji bijian di berikan pada jam 3 sore. Jadi dalam sehari kelinci makan sebanyak 3 kali. Pemberian makanan konsentrat pada induk kelinci yang sedang bunting dapat di takar dengan porsi 1 ons dalam sehari dan untuk induk yang telah menyusui di takar dengan porsi 1,5 ons setiap hari. Kemudian untuk makanan hijau dapat di berikan dengan takaran sebanyak banyaknya.

Hal terakhir yang harus di perhatikan pada cara ternak kelinci adalah kesehatan kelinci. Biasanya kelinci mudah sekali terkena penyakit kudis atau scabies, perut kembung, dan juga mencret. Untuk kudis dapat di cegah mengutamakan kesehatan kandang dan untuk mencret serta perut kembung dapat di cegah dengan menghindari pemberian pakan yang mengandung mineral tinggi serta menghindari pemberian pakan yang masih basah karena pola makan yang salah juga dapat membuat pencernaan kelinci terganggu.

Related posts

Leave a Comment