You are here
ternak burung kenari Burung 

Cara Ternak Kenari Bagi Pemula

Pak-Tani.comBagi para pecinta burung, memelihara burung tentunya menjadi aktivitas dan hobi yang menarik untuk mengisi waktu yang kosong sehari-hari. Tetapi alangkah lebih bagusnya lagi ketika hobi dan aktivitas tersebut dapat memberikan keuntungan bukan ? Yup, saat ini memelihara burung dapat memberikan hasil dan kentungan menggiurkan bagi anda, dimana saat ini terdapat banyak pelaku peternak burung yang menikmati hasil keuntungan mereka beternak dan memelihara burung, adapun salah satu jenis burung yang paling menguntungkan untuk diternakkan adalah burung kenari dimana burung kenari memiliki permintaan dan peminat masyarakat pecinta burung yang sangat banyak karena bentuknya yang min, serta warna dan siulannya yang khas.
ternak burung kenari
Beternak burung kenari juga disukai oleh para peternak sebab harga jualnya yang relatif stabil dan penjualan yang terus meningkat bahkan banyak pecinta burung menobatkan burung kenari sebagai burung favorit sepanjang masa. Tetapi untuk beternak burung kenari bagi anda para pemula dibutuhkan cara yang baik dan benar untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas yang laku dipasaran, oleh karena itu berikut Cara Ternak Kenari Bagi Pemula

Membedakan Jenis kelamin Indukan Burung Kenari
Untuk beternak burung kenari, maka untuk perkembang biakan yang baik anda harus dapat mengenal dan membedakan indukan burung kenari betina dan jantan dengan cara :

-Burung kenari yang berumur 5 bulan ke atas maka kenari betina memiliki pusat kepala yang berwarna kuning cerah, sedangkan untuk jantan, beberapa warna dari bagian tubuhnya terlihat lebih tajam.
-Kenari betina memiliki kepala yang lebih bulat, dan kenari jantan dengan bentuk kepala lebih pipih.
-Kenari betina cendrung akan terlihat lebih rendah dibandikan kenari jantan.
-Terdapat benjolan pada dubur kenari jantan dan dubur kenari betina rata.

Bibit Kenari
Untuk mencari bibit kenari yang baik maka pilihlah indukan jantan yang sehat dan sempurna serta berusia 8 bulan ke atas dengan tubuh yang memanjang dan ramping, sedangkan untuk kenari betina minimal berusia 6 bulan dengan bentuk tubuh yang bulat dan cantik.

Sangkar atau Kandang Burung Kenari
Sangkar dan kandang burung kenari dapat anda buat sendiri maupun di beli dipasar, dan pastikan kandang yang anda pilih memiliki bentuk yang luas dan tidak sempit untuk burung kenari anda dan memiliki 2 pintu dan tempatkan pada area rumah yang jauh dari keramaian.

Proses Perkawinan Burung Kenari
Masukkan indukan kenari jantan dan betina yang telah anda pilih pada kandang yang anda beri sekat dengan tujuan agar jantan dan betina mengenal satu sama lainnya terlebih dahulu, dan ketika memasuki masa kawin, sekat segera dilepas. Kemudian berikan sarang yang terbuat dari daun cemara dan taburkan daun cemara sisanya pada lantai sangkar atau kandang. Setelah proses perkawinan berhasil, burung kenari membutuhkan waktu sekitar 12-14 hari untuk masa pengeraman, yang dapat anda bantu dengan menaruh lampu pada kandangan untuk memastikan suhu didalam kandang tetap hangat dan ideal untuk pengeraman.

Pakan Burung Kenari
Untuk pakan burung, anda dapat menyiapkan pakan khusus kenari bernama Voer yang banyak tersedia di toko-toko burung. Anda juga dapat menambahkan serangga atau cacing, dan adapun untuk minuman kenari, dapat anda tambahkan dengan asupan vitamin dan protein untuk menjaga kesehatan burung.

Perawatan Burung Kenari
Pastikan kandang burung kenari anda selalu bersih termasuk tempat makan anda minum burung kenari.

Sekian informasi kami mengenai Cara Ternak Kenari Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda para pecinta burung kenari. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Mari Budidaya Cacing Lumbricus Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan

Related posts

Leave a Comment