You are here
Harga Cabai Mahal Coba Tanam Cabai Sendiri dengan Mengikuti Cara Menanam Cabai Berikut Buah Sayur 

Harga Cabai Mahal? Coba Tanam Cabai Sendiri dengan Mengikuti Cara Menanam Cabai Berikut!

Cara Menanam Cabai – Cabai merupakan salah satu komoditi pertanian yang harganya sangat berfluktuasi. Harga cabai biasanya mengalami peningkatan di hari – hari besar seperti tahun baru dan juga lebaran. Di masa – masa ini, harga cabai dapat melambung hingga beberapa kali lipat dari harga normal. Padahal, cabai merupakan salah satu komoditi kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Nah, agar Anda tidak merasakan dampak kenaikan harga cabai, Ada dapat menyiasatinya dengan menanam cabai sendiri di lahan kosong yang Anda miliki. Untuk menanam cabai sendiri, Anda dapat mengikuti langkah – langkah cara menanam cabai yang telah kami siapkan berikut ini :

Tahapan Pemilihan Bibit

Sebelum Anda menanm cabai, Anda harus menentukan jenis cabai apa yang ingin Anda tanam. Setelah jenis cabainya telah Anda tentukan, Anda dapat menyiapkan bakal bibit cabai secara manual atau dengan membeli benih jadi yang banyak tersedia di toko pertanian.

Harga Cabai Mahal Coba Tanam Cabai Sendiri dengan Mengikuti Cara Menanam Cabai Berikut

Tahapan Penyemaian Bibit

Setelah bibit cabai telah disiapkan, selanjutnya Anda harus menyemai bibit tersebut. Dalam kegiatan penyemaian Anda dapat menggunakan dua macam cara yaitu dengan menggunakan polybag dan dengan menggunakan bedengan semai.

Tahapan Persiapan Lahan

Sebelum lahan ditanami cabai, Anda terlebih dahulu harus membersihkannya dari berbagai macam gulma dan benda – benda pengganggu lainnya. Setelah lahan telah terbebas dari gulma dan berbagai macam benda pengganggu, selanjutnya Anda perlu menggemburkan tanah dan membentuk bedengan dengan lebar sekitar 1 hingga 1,5 meter dan tinggi sekitar 25 hingga 30 cm. Di antara bedengan, Anda perlu membuat saluran drainase air dengan lebar sekitar 30 cm.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, Anda kami sarankan untuk menggunakan mulsa plastik. Pemasangan mulsa plastik dapat dilakukan setelah bedengan diberi tindakan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang (dosis pemupukan sebesar 5 kg / m2). Untuk lubang tanamnya sendiri dapat dibuat dengan jarak tanam sekitar 40 hingga 60 cm antar setiap tanaman.

Tahapan Penanaman

Setelah bibit cabai telah disemai dan lahan telah selesai disiapkan, tahapan cara menanam cabai yang selanjutnya adalah menanam bibit cabai ke lahan. Dalam menanam bibit ke lahan, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa kondisi seperti kondisi curah hujan, dan kondisi bibit cabai. Untuk mendapatkan hasil buah cabai yang optimal, pastikan Anda melakukan penanaman ketika curah hujan tidak terlalu tinggi, dan kondisi bibit telah memiliki setidaknya 4 helai daun.

Tahapan Perawatan

Beberapa aktivitas perawatan tanaman cabai yang perlu dilakukan yaitu penyiangan, pemupukan ulang, penyemprotan pestisida dan penyiraman. Kegiatan penyiangan dapat dilakukan setiap satu minggu sekali atau ketika gulma sudah kelihatan tumbuh lebat.

Untuk pemupukannya, Anda dapat menggunakan pupuk kandang (untuk cabai organik) yang ditambah dengan pupuk TSP dan Urea dengan dosis 5 gram untuk setiap tanaman. Pemupukan ulang biasanya dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali.

Untuk kegiatan penyemprotan pestisida biasanya dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali sebagai tindakan preventif serangan hama. Sedangkan untuk aktivitas penyiraman harus dilakukan secara rutin setiap hari (pada musim kemarau).

Masa panen

Tanaman cabe biasanya sudah dapat dipanen ketika usia tanaman menginjak 2 hingga 3 bulan (tergantung dengan perawatan yang dilakukan). Ciri – ciri cabai yang sudah siap dipanen yaitu memiliki warna buah merah atau hijau kemerahan (untuk buah cabai merah) atau memiliki warna hijau kekuningan / kemerahan (untuk cabai rawit). Untuk memanen buah cabai, Anda tinggal memetiknya secara langsung dari pohonnya. Perlu diperhatikan, dalam memetik buah cabai, Anda sebaiknya berhati – hati dan sebisa mungkin menghindari terjadi nya kerontokan bakal buah cabai yang selanjutnya.

Itulah teknis cara menanam cabai yang dapat Anda jadikan panduan dalam bercocok tanam cabai sendiri. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment