You are here
Khasiat Jahe Dan Cara Menanamnya Pertanian 

Khasiat Jahe Dan Cara Menanamnya

Pak-Tani.com –  Cara menanam jahe – Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Salah satu rempahnya yakni jahe. Jahe sendiri merupakan tanaman rimpang yang berbentuk seperti jemari yang dagingnya berwarna agak kekuningan sedikit kemerahan. Daun jahe sendiri berbentuk menyirip dengan panjang dapat mencapai 23 mm dan tangkainya memiliki bulu-bulu halus. Tanaman ini dapat memberikan efek yang hangat bagi tubuh sehingga sering dimanfaatkan untuk berbagai produk khususnya minuman. Selain memberikan efek yang hangat, ternyata tanaman ini juga memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Namun, perlu diketahui bahwa jahe memiliki berbagai macam varietas atau jenisnya. Berikut informasi selengkapnya.

Khasiat Jahe Dan Cara Menanamnya
Khasiat Jahe Dan Cara Menanamnya

Baca juga : Tips dan Teknik Budidaya Jahe Gajah Dalam Keranjang

Jenis-Jenis Jahe

Jahe merupakan tanaman yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1500 di atas permukaan laut. Jahe merupakan tanaman yang akan subur jika ditanam di tanah yang lembab. Untuk masa panennya sendiri, jahe kualitas bagus ialah jahe yang dipanen pada umur yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda. Untuk jahe sendiri memiliki beberapa macam. Pertama yakni jahe gajah. Jahe ini sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang besar dan juga gemuk. Dagingnya sendiri memiliki warna yang kuning. Kedua adalah jahe merah. Jahe ini memiliki bentuk yang kecil. Meskipun kecil, rasa dari jahe ini sangat pedas karena mengandung minyak atsiri yang tinggi. Sehingga jahe jenis ini sering digunakan sebagai bahan dasar farmasi dan juga ramuan jamu.

Ketiga adalah jahe kuning/ jahe putih. Jahe ini sering disebut juga jahe emprit karena bentuknya yang kecil. Jahe ini memiliki serat yang tinggi dan juga memiliki rasa yang pedas. Dari ketiga jenis jahe diatas, cara menanam jahe tersebut tidak jauh berbeda dan semuanya juga memiliki bermacam-macam manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe tak hanya digunakan sebagai rempah yang dapat menyedapkan setiap masakan. Jahe ternyata juga memiliki manfaat lain. Manfaat jahe bagi kesehatan antara lain sebagai obat untuk masuk angin, pusing, mual, badan letih, kedingingan dan masih banyak lagi. Selain manfaatnya yang besar, ternyata jahe juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk baik itu obat, makanan, dan juga minuman. Cara pengolahannya pun bermacam-macam. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Cara Perawatan Tanaman Jahe Di Kebun Sendiri

Berbagai Macam Olahan Jahe

Pengolahan jahe sangatlah beragam. Pertama jahe biasa diolah dalam keadaan segar atau jahe segar. Jahe ini sering digunakan sebagai bumbu yang digunakan saat memasak atau juga dapat digunakan sebagai minuman. Olahan yang kedua adalah jahe kering. Pengolahannya dengan cara diiris tipis dan dikeringkan. Jahe ini biasa digunakan sebagai jamu. Ketiga adalah jahe bubuk. Jahe bubuk sering digunakan sebagai bahan membuat minuman instan, obat, dan juga berbagai bumbu instan yang menggunakan jahe. Terakhir adalah awetan jahe. Olahan jahe ini biasanya merupakan produk yang sering kita jumpai, seperti permen jahe, sirup jahe, kue jahe dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui khasiat dan juga macam olahan dari jahe, kini tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak menanam tanaman ini. berikut cara menanam jahe dengan mudah. Pertama, siapkan polybag yang besar. Lalu siapkan pupuk kandang, tanah berhumus, dan sekam padi. Kemudian campur ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 3:1, yakni tanah 3 ember kemudian pupuk dan sekam masing-masing 1 ember. Kemudian masukkan campuran tadi kedalam polybag. Masukkan bibit jahe ke tengah media tanam. Sirami dan beri pupuk secara berkala.

Related posts

Leave a Comment