You are here
Langkah – langkah Cara Menanam Melon Buah Pertanian 

Langkah – langkah Cara Menanam Melon

Pak-Tani.com – Buah melon merupakan salah satu tanaman buah yang memiliki prospek bisnis yang cukup baik. Permintaan akan buah melon cenderung sangat tinggi, terutama di musim kemarau. Nah, untuk Anda yang ingin mulai berbisnis budidaya melon, berikut ini merupakan langkah – langkah cara menaman melon yang dapat Anda jadikan panduan berbudidaya melon :

Persiapan Benih

Untuk mendapatkan benih melon yang baik, Anda dapat melakukan perendaman benih melon dengan menggunakan larutan atonik dan furadan selama kurang lebih 2 jam. Benih yang baik biasanya tidak mengapung dan terendam sempurna di dasar larutan.

Jika Anda telah mendapatkan benih yang baik, selanjutnya, Anda perlu menyemai benih dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Rendam benih yang telah disortir selama kurang lebih 3 jam
  • Letakkan benih ke dalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kandang (perbandingan 4 :1)
  • Tutup benih dengan menggunakan abu sekam yang telah dicampur dengan tanah
  • Siram benih secara rutin setiap hari hingga benih berusia 12 hari atau daun benih telah tumbuh sekitar 3 hingga 6 helai.

Persiapan Lahan

Seperti halnya tanaman – tanaman lainnya, sebelum melon ditanam, Anda perlu mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu. Agar melon dapat tumbuh dengan subur, pastikan lahan terbebas dari berbagai macam gulma dan juga benda – benda penghambat lainnya. Lahan juga harus digemburkan dan distabilkan tingkat keasamaannya dengan menggunakan kapur dolomit.

Sebelum Anda membuat bedengan, pastikan lahan yang telah digemburkan telah dibarkan terkena sinar matahari selama kurang lebih 1 minggu. Setelah satu minggu, Anda dapat membuat bedengan dengan ukuran lebar 120 cm, tinggi 40 – 50 cm dan panjang sekitar 15 m. Di antara bedengan, Anda harus membuat saluran drainase dengan lebar kurang lebih 50 hingga 75 cm.

Setelah bedengan selesai disiapkan, selanjutnya tutup seluruh sisi bedengan dengan menggunakan plastik mulsa (posisi plastik mulsa bagian perak di atas, dan bagian hitam di bawah). Penutupan plastik mulsa harus dilakukan sekitar satu minggu sebelum lubang tanam dibuat. Lubang tanam sendiri dibuat dengan kedalaman sekitar 5 hingga 7 cm dengan jarak tanam sekitar 50 hingga 75 cm.

Langkah – langkah Cara Menanam Melon
Langkah – langkah Cara Menanam Melon

Penanaman Benih

Setelah lubang tanam telah disiapkan, selanjutnya Anda dapat langsung menanam benih dengan jalan memindahkan benih secara langsung dari tempat persemaian ke lubang tanam. Perlu Anda ketahui, waktu tanam terbaik buah melon adalah di awal musim kemarau dengan curah hujan yang rendah.

Baca juga : Sejuta Manfaat Buah Naga Dan Cara Mudah Membudidayakannya

Pemeliharaan Tanaman

Beberapa kegiatan pemeliharaan yang dibutuhkan pada tanaman melon yaitu kegiatan penjarangan / penyulaman, penyiangan (setiap 1 minggu sekali), pengajiran. pemupukan, pengairan (setiap pagi hari), serta pembasmian hama (hanya jika hama muncul). Kegiatan penjarangan perlu dilakukan jika tanaman tumbuh terlalu subur sehingga mengganggu tanaman melon lainnya. Tindakan penjarangan sendiri dapat dilakukan dengan jalan memotong beberapa tangkai pohon melon ataupun daun melon yang tidak diperlukan.

Melon merupakan salah satu tanaman merambat. Untuk itu, agar melon dapat tumbuh dengan optimal, Anda perlu membuat ajir sebagai media rambatan tanaman melon. Pengajiran biasanya dilakukan ketika usia tanaman telah meninjak 1 bulan atau beberapa saat sebelum tanaman melon mulai merambat.

Kegiatan pemupukan sendiri biasanya dilakukan sebanyak tiga kali dengan rentang jarak pemupukan sekitar 20 hari. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk KCL (200 kg/ha), TSP (200 kg/ha) dan urea (300 kg/ha).

Masa Panen

Buah melon normalnya sudah dapat dipanen setelah tanaman berusia kurang lebih 120 hari. Ciri – ciri buah melon yang telah siap di panen sendiri yaitu buah telah berukuran besar, kulit buah telah berwarna hijau kekuningan, dan kulit telah memiliki serat jala yang agak kasar jika diraba. Untuk kegiatan panennya sendiri, Anda hanya perlu memotong tangkai melon dengan menggunakan gunting tanaman.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai cara menanam melon yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment