Langkah langkah cara menanam pepaya
Langkah langkah cara menanam pepaya

Langkah – langkah Cara Menanam Pepaya

Posted on

Pak-Tani.com – Cara Menanam Pepaya – Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat lengkap kandungan nutrisi nya. Buah berwarna jingga kekuningan ini merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk orang yang mengonsumsinya.

Banyaknya manfaat dan khasiat dari buah pepaya membuat permintaannya cukup tinggi dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahun nya. Padahal tingkat pertambahan produksi buah pepaya terus mengalami penurunan setiap tahunnya seiring dengan tingkat konversi lahan pertanian yang semakin besar. Jika dikaji dari tingkat permintaan dan penawaran dari buah ini, maka dapat ditarik kesimpulan jika peluang memasuki usaha di dunia budi daya pepaya masih terbuka lebar.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk berbisnis di dunia budi daya pepaya, berikut ini merupakan panduan praktis cara menanam pepaya yang bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk memulai usaha budi daya buah pepaya :

Tahap Pembibitan

Untuk mendapatkan hasil buah yang optimal, pastikan benih pepaya yang akan ditanam merupakan benih pepaya unggul. Anda dapat mengambil benih pepaya dari buah pepaya super yang banyak dijual di pasar, atau dengan membeli benih pepaya unggul yang banyak dijual di toko – toko pertanian.

Sebelum benih pepaya bisa ditanam di lahan terbuka, Anda terlebih dahulu harus menyemainya dengan menggunakan polybag berukuran 20 x 15 cm. Media tanam dalam polybag yang digunakan untuk menyemai benih dapat diisi dengan tanah (20 liter) yang telah dicampur dengan pupuk kandang (20 liter), pupuk TSP (50 gram), dan Natural GLIO (30 gram).

Untuk meningkatkan kemungkinan tumbuh benih, Anda sebaiknya merendam benih yang telah Anda siapkan di dalam larutan POC NASA selama kurang lebih 1 jam. Selain itu, untuk menjaga kelembaban media tanam, Anda juga harus melakukan penyiraman media tanam secara rutih setiap hari.

Baca juga : Cara Menanam Jagung Dengan Mudah Dan Tepat

Tahap Persiapan Media Tanam

Sebelum lahan dapat ditanami bibit pepaya, Anda terlebih dahulu harus melakukan pembersihan lahan dan juga penggemburan tanah. Setelah lahan selesai dibersihkan dan digemburkan, selanjutnya lahan harus dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang dengan takaran 1 ton per ha lahan. Jika tingkat keasaman tanah di bawah angka 5, maka Anda perlu menaburkan kapur dolomit sekitar 5 kg / ha lahan.

Media tanam pohon pepaya biasanya dibuat berupa bedengan – bedengan dengan lebar sekitar 2 hingga 2,5 meter dan tinggi 20 hingga 50 cm. Jarak antar bedengan sendiri dibuat sekitar 60 cm sebagai saluran drainase air.

Langkah langkah cara menanam pepaya
Langkah langkah cara menanam pepaya

Tahap Penanaman

Bibit pepaya biasanya siap ditanam setelah berusia lebih kurang 1,5 hingga 2 bulan. Untuk memindahkan benih dari polybag ke lahan, Anda tinggal merobek plastik polybag (pastikan tanah di polybag tidak hancur), lalu membenamkan bibit pepaya ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca juga : Tips Sukses Bercocok Tanam Kakao Dan Cokelat

Tahap Pemeliharaan

Tanaman pepaya cenderung jauh lebih mudah pemeliharaannya. Aktivitas pemeliharaan yang dibutuhkan pada tanaman pepaya hanyalah penyiraman, penyiangan (rutin setiap minggu), dan pemupukan ulang. Kegiatan penyiraman biasanya dilakukan hanya ketika musim kemarau saja. Penyiraman tanaman biasanya dilakukan melalui saluran drainase yang ada di sela – sela bedengan.

Aktivitas pemupukan biasanya dilakukan ketika tanaman berusia satu minggu (25 gram urea, 25 gram KCL, 50 gram ZA dan 50 gram TSP), ketika tanaman berusia 3 bulan (50 gram urea, to gram KCL, 75 gram ZA dan TSP), dan ketika tanaman berusia 6 bulan (dosis sama sengan pemupukan 3 bulan).

Tahap Pemanenan

Tanaman pepaya biasanya sudah dapat dipanen ketika berusia 9 hingga 11 bulan. Buah pepaya yang siap dipanen memiliki ciri berukuran besar dan memiliki garis semburat kekuningan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai langkah – langakh cara menanam pepaya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *