You are here
Langkah – langkah Cara Menanam Wortel Sayur 

Langkah – langkah Cara Menanam Wortel

Pak-Tani.com – Cara Menanam Wortel – Wortel merupakan tanaman yang baik untuk dibudidayakan di dataran tinggi. Tanaman wortel dapat tumbuh dengan optimal di ketinggian di atas 1000 meter mdpl. Jika ditanam di daerah dataran rendah, buah yang dihasilan dari tanaman ini tidak optimal.

Nah, untuk Anda yang ingin membudidayakan tanaman wortel, berikut merupakan langkah – langkah cara menanam wortel yang bisa Anda coba untuk ikuti :

Masa Pemilihan Pembibitan

Pada dasarnya aktifitas pembibitan dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan hasil panen sebelumnya. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda kami anjurkan untuk menggunakan bibit unggul yang banyak dijual di toko pertanian. Dalam memilih benih unggul, Anda sebaiknya memilih merk benih yang telah teruji kualitasnya.

Masa Persiapan Lahan

Seperti halnya tanaman – tanaman lainnya, untuk bisa tumbuh subur, lahan yang akan digunakan untuk menanam wortel sebaiknya diolah terlebih dahulu. Aktivitas pengolahan lahan dapat dilakukan dengan jalan penggemburan, pemupukan, dan pembuatan bedengan.

Kegiatan penggemburan tanah dilakukan dengan jalan mencangkulnya secara manual atau dengan menggunakan bantuan mesin bajak tanah. Tanah yang telah digemburkan selanjutnya dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak kurang lebih 10 ton/ha lahan.

Setelah aktivitas pemupukan selesai dilaksanakan, selanjutnya lahan harus diistirahatkan selama kurang lebih 1 minggu untuk kemudian digemburkan ulang kembali. Setelah lahan digemburkan ulang, bedengan dapat segera dibentuk dengan lebar sekitar 130 cm dan tinggi sekitar 35 cm. Untuk mempermudah aktivitas perawatan dan juga sebagai saluran air, antar setiap bedengan harus diberi spasi sekitar 50 cm sebagai drainase air.

Bedengan yang telah selesai dibuat selanjutnya digarit melintang dengan jarak antar garitan / alur sekitar 15 cm. Garitan ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat untuk menebar benih wortel yang telah disediakan sebelumnya.

Langkah – langkah Cara Menanam Wortel
Langkah – langkah Cara Menanam Wortel

Masa Penanaman

Setelah bedengan telah siap untuk digunakan, selanjutnya benih wortel dapat ditebar di atas bedengan dengan mengikuti alur yang telah dibuat sebelumnya. Agar benih tidak hanyut terbawa air, benih yang telah ditebar sebaiknya ditutupi dengan menggunakan tanah dengan ketebalan sekitar 1 cm.

Di saat proses penanaman, bedengan perlu diberi tindakan pemupukan ulang di sekitar garitan benih dengan menggunakan pupuk TSP (400 kg/ha) dan pupuk KCL (150 kg/ha). Sistem pemberian pupuk dapat dilakukan dengan menggunakan garitan layaknya sistem penanaman benih yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca juga : Teknik dan Cara Menanam Seledri

Masa Pemeliharaan

Aktivitas pemeliharaan tanaman wortel dapat kita bagi menjadi tiga poin utama yaitu penjarangan, pemupukan dan penyiraman. Aktivitas penjarangan perlu dilakukan ketika usia tanaman wortel telah mencapai 1 bulan. Aktivitas penjarangan perlu dilakukan agar tanaman wortel dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Untuk menjamin ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman wortel, aktivitas pemupukan perlu dilakukan bersamaan dengan aktivitas penjarangan. Pupuk yang diberikan merupakan campuran dari urea dan ZA dengan komposisi 100 kg urea dan 200 kg ZA untuk 1 ha lahan. Sistem pemupukan dapat dilakukan dengan cara ditebar atau pun dengan cara ditanam di sekitar batang tanaman wortel.

Di masa – masa awal pertumbuhan, tanaman wortel memerlukan kandungan air yang cukup besar. Untuk itu, di masa – masa awal penanaman ini, tanaman wortel perlu disirap sebanyak 2 kali sehari. Aktivitas penyiraman ini dapat dikurangi frekuensinya ketika tanaman wortel telah tumbuh besar.

Masa Pemanenan

Tanaman wortel normalnya sudah dapat dipanen pada usia 100 hingga 130 hari. Pada usia ini, umbi wortel telah berukuran cukup besar, namun belum terlalu tua. Sebagai informasi tambahan, umbi wortel yang terlalu tua cenderung lebih keras dari umbi wortel normal dan biasanya tidak laku dijual.

Itulah langkah – langkah cara menanam wortel yang dapat Anda jadikan panduan dalam memulai usaha budidaya wortel. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment