You are here
Budidaya Ikan Sidat Perikanan 

Mari Budidaya Ikan Sidat Yang menguntungkan Lengkap dengan Cara dan Tips

Pak-Tani.com – Ikan sidat atau biasa juga dikenal dengan nama ikan moa akhir-akhir ini namanya sedang naik pamor untuk masyarakat Indonesia, dimana terbukti permintaan pasar akan pasokan ikan sidat semakin mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan permintaan pasar akan sidat ini tidak diikuti oleh pasokan ikan sidat yang didapat dari alam maupun budidaya ikan sidat yang masih sedikit tetap tidak mampu menyeimbangi permintaan pasar akan ikan sidat ini.

Melihat situasi tersebut, tentu usaha budidaya ikan sidat sangat menggiurkan untuk digeluti dimana ikan sidat selain permintaan dalam negeri yang sudah lumayan banyak, ikan sidat ini juga merupakan komoditi perikanan yang diekspor ke negara seperti Jepang, Korea Selatan dan beberapa negara di Asia Timur. Di Jepang sendiri, produksi budidaya ikan sidat hanya mampu memenuhi sekitar 30% saja dari total kebutuhan masyarakat Jepang sehingga untuk memenuhi hal tersebut, Jepang harus mengimpornya dan negara pengimpor ikan sidat termasuk Indonesia.
Budidaya Ikan Sidat Bagi anda yang berminat untuk terjun dalam budidaya perikanan ikan sidat ini pun tergolong cukup mudah, dimana ikan sidat dapat di kembangkan dengan baik di kolam terpal maupun beton, dimana untuk kolam beton terbukti lebih baik dengan penggunaan yang lebih awet dan lebih lama. Yang perlu anda ingat untuk budidaya ikan sidat, bahwa pasar lebih menyukai ikan sidat yang tidak berbau tanah yang dapat mempengaruhi citara rasa dan kualitasnya. Tertarik ? berikut kami berikan cara Budidaya Ikan Sidat Yang menguntungkan :

Persiapan Kolam Ikan Sidat
Untuk kolam, anda perlu menyiapkan 3 jenis kolam yakni

-Kolam kolam pendederan I dengan perbandingan 6 ekor ikan per 1 liter air
-kolam pendederan II dengan perbandingan 6 ekor ikan per 1 liter air
-Kolam Pembesaran dengan umumnya berukuran 2 x 5 x 1,8 m dan mampu menampung air sebanyak 5 m3

Selebihnya, kolam sebaiknya dilengkapi dengan sistem aerasi serta penutup yang bertujuan untuk menjaga suhu kolam tetap stabil untuk ikan sidat yakni 29 hingga 31 C.

Pendederan Ikan Sidat tahap I
Untuk proses tahap pertama ini bertujuan sebagai wadah adaptasi benih ikan sidat akan lingkungan barunya yang anda siapkan, jadi wadah ini khusus untuk benih ikan sidat dengan bobot sekitar 0,17gr dari fase glass eel hingga mencapai fase ukuran elver. Untuk bibit ikan sidat, hingga sekarang para pelaku budidaya mengandalkan penangkapan secara alami dari alam atau sesama pelaku budidaya, adapun untuk penebaran bibit ikan sidat juga tidak sembarangan, dimana bibit terlebih dahulu ditaruh dalam plastik dan dibiarkan mengapung di kolam selama beberapa saat agar ikan dapat beradaptasi dengan suhu di kolam, dan setelah bibit siap dilepas di kolam pendederan I.

Pendederan Ikan Tahap II
Ikan sidat yang dipindahkan pada kolam ini yakni ikan sidat dalam fase elver yang akan ditumbuh kembangkan hingga mencapai bobot ideal sekitar 10 gram untuk dipindahkan pada kolam pembesaran. Untuk fase ini, tahap pemberian pakan dan perawatan ikan seperti kebersihan air harus lebih ditingkatkan.
.
Pembesaran Ikan Sidat
Ikan sidat yang telah berbobot ideal sekitar 10gr dapat dipindahkan pada kolam pembesaran hingga mendapatkan bobot ikan yang ideal yang dijual dan dikonsumsi. Adapun permintaan pasar akan ikan sidat yang siap dijual yakni 2000 gram per ekor yang siap dihargai sekitar Rp 150 ribu per ekor. Dan untuk mendapatkan bobot ikan sidat yang ideal tentunya pemberian pakan yang rutin dengan pakan yang bergizi serta perawatan air yang selalu bersih agar ikan sidat bebas dari penyakit dan bakteri merupakan suatu keharusan.

Panen Ikan Sidat
Ikan sidat membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 bulan sejak masa penebaran benih di kolam pendederan I, dimana sebagai perbandingan dalam 1 ton ikan sidat yang anda budidayakan, potensi ikan sidat yang dapat anda panen dapat mencapai bobot hingga 5 ton dengan cara budidaya ikan sidat yang benar dan baik.

Menarik dan menggiurkan bukan untuk memulai usaha budidaya ikan sidat ? Sekian ulasan kami mengenai Budidaya Ikan Sidat yang sangat menguntungkan mengingat harga jualnya yang tinggi dan permintaan pasar baik dalam negeri hingga mancanegara begitu besar. semoga bermanfaat dan berguna. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara dan Langkah Budidaya Lele Yang Sukses

Related posts

Leave a Comment