You are here
Menguak Langkah Jitu Ternak Kambing Jawa Peternakan 

Menguak Langkah Jitu Ternak Kambing Jawa

Pak-Tani.com – Usaha ternak kambing Jawa memang bukanlah hal yang baru lagi, meskipun sudah banyak yang melakukannya tidak ada salahnya jika anda mencoba karena permintaan pasar untuk kambing cukup tinggi terutama ketika Hari Raya Qurban. Memulai beternak kambing memang bukanlah hal yang mudah karena itu anda harus mengerti hal-hal dasar dan pentingnya agar keinginan berwirausaha anda dengan beternak kambing bisa berhasil. Dalam beternak kambing memang ada banyak hal yang harus diperhatikan bagi pemula, karena ternak kambing ini susah-susah gampang. Mungkin anda akan lebih penasaran dengan langkah penting untuk memulai usaha ternak kambing Jawa maka wajib adanya jika menyimak uraiannya dalam artikel ini.

Memiliki sebuah usaha memanglah akan sangat menyenangkan sehingga banyak orang yang berlomba-lomba memunculkan berbagai macam usaha dengan fokusnya sendiri-sendiri. Untuk usaha ternak sendiri memang tidak bisa dibilang jarang, namun hal tersebut bukan menjadi hal untuk membuat anda patah semangat ketika akan mulai beternak. Dalam ternak kambing Jawa khususnya memang anda harus sangat teliti agar kambing yang anda rawat dapat memberikan hasil yang maksimal nantinya. Nah jika anda masih bingung langkah atau hal apa yang perlu dilakukan dalam ternak kambing ini maka silahkan lanjutkan menyimak uraian dibawah ini.

Menguak Langkah Jitu Ternak Kambing Jawa
Menguak Langkah Jitu Ternak Kambing Jawa

Pemilihan bibit untuk usaha ternak kambing Jawa

Sebelum anda lebih jauh melihat langkah dalam beternak maka anda harus lulus dulu dalam tahap pertama ini, karena penentuan bagus tidaknya dari tahap ini. Dalam memulai beternak maka anda pastinya harus memilih bibit terbaik dan unggul agar nantinya bisa memberikan keturunan yang menakjubkan. Nah hal tersebut juga berlaku untuk ternak kambing Jawa ini karena itu pemilihan pejantannya haruslah sempurna yang bisa dilihat dari tubuh sehat, bersih bulu-bulunya juga halus. Fisiknya tidak cacat serta penampilan gagah dan terpenting nafsu untuk kawin tinggi. Untuk betinanya maka pemilihannya hampir sama dan mampu mengasuh anak dengan baik. Beberapa hal tadi sangat perlu anda perhatikan dengan baik.

Baca juga : Cara dan Panduan Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Langkah-langkah beternak kambing Jawa

Setelah mengikuti tahap utama tadi maka saatnya anda masih dalam tahap penting selanjutnya agar sukses beternak kambing Jawa ini. Setelah memasukkan kambing dalam kandang yang anda siapkan maka hal pertama anda harus memperhatikan dengan serius masa untuk kawin. Kedewasaan kambing bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi yang tanggal, untuk mengawinkannya si betina idealnya pada usia 10-12 bulan sedangkan jantan lebih satu tahun. Selain itu perhatikan juga masa akan kelahiran kambing Jawa agar tepat waktu dalam melakukan pertolongan. Untuk perawatannya anda bisa mendekatkan pada induknya agar bisa menyusu, jika tidak buatlah susu buatan dengan campuran susu bubuk putih, gula, telur ayam dicampur dengan air matang.

Untuk langkah selanjutnya dalam beternak kambing yaitu jatah makannya. Anda perlu siapkan makanan hijau dan konsentrat, untuk makanan hijau seperti rumput sedangkan konsentrat bisa anda berikan bekatul. Hal penting selanjutnya masalah perawatan untuk kandangnya, karena semakin bersih dengan kandang menghadap ke timur sebagai syarat untuk kesehatan ternak akan memberikan suasana nyaman juga tenang bagi kambing. Dengan pemenuhan hal tersebut secara maksimal maka hasil ternak anda pastinya akan juga maksimal.

Nah itulah berbagai hal dan langkah penting yang bisa anda ikuti. Memang ketika beternak harus juga melakukannya sepenuh hati agar yang anda ternakan juga bisa merasakan pedulinya anda. Perasaan nyaman, tenang juga aman pastinya akan berdampak baik untuk ternak anda sehingga hasilnya nanti akan juga maksimal. Untuk itu ikuti langkah ternak kambing Jawa tersebut dan semoga bermanfaat bagi anda.

Related posts

Leave a Comment