Kandang Ternak Kenari Yang Baik dan Benar

Menyiapkan Kandang Ternak Kenari Yang Baik dan Benar

Posted on

Pak-Tani.com Beternak kenari menjadi salah satu kegiatan favorit bagi para pecinta burung dimana burung kenari memiliki tubuh mungil yang cantik dan indah serta kicauan burung yang halus dan lembut serta memanjakan setiap telinga yang mendengarnya, maka burung ini juga merupakan burung yang sering diperlombakan untuk kicuan terbaik. Bagi para pelaku usaha pun, berbisnis burung kenari dengan menternakkan burung ini juga cukup menguntungkan mengingat burung ini memiliki banyak peminat dan memiliki harga jual yang cukup tinggi dan terjaga. Adapun untuk beternak burung kenari pun cukup mudah dimana burung ini tergolong mudah dalam perkembang biakannya.
Kandang Ternak Kenari Yang Baik dan Benar
Dalam beternak burung kenari, kandang burung kenari adalah sesuatu yang penting dalam tumbuh kembang dan perkembiakan burung kenari dimana faktor kandang burung kenari yang baik dan benar menentukan proses keberhasilan anda beternak dan memelihara burung kenari. Adapun diamensi kandang kenari yang baik adalah berbentuk kotak persegi panjang dengan berukuran 35cm x 45cm x 55cm dimana bermaksud agar burung kenari dapat memiliki ruang gerak dan terbang lebih leluasa daripada kandang burung yang berbentuk bulat. Adapun beberapa hal yang penting anda ingat dalam Menyiapkan Kandang Ternak Kenari Yang Baik dan Benar adalah sebagai berikut :

– Sesuaikan ukuran kandang burung kenari yang tepat yakni tidak terlalu kecil dan terlalu besar, sebab jika kandang terlalu kecil maka burung kenari akan mudah stress, sulit untuk bergerak, malas untuk bekicau, serta mudah gemuk dan rawan terserang penyakit sedangkan jika kandang terlalu besar akan menyulitkan anda menangkap burung kenari yang bahkan dapat melukai burung kenari itu sendiri.

– Perhatikan suhu dan lingkungan burung kenari, dimana burung kenari yang rawan akan gangguan hama serangga dan hewan pengganggu lainnya maka dari itu penting untuk menaruh kandang burung kenari di tempat steril dan jauh dari berbagai gangguan tersebut. Sedangkan untuk suhu, pastikan lokasi kandang burung kenari memiliki sirkulasi udara yang baik dan bersuhu tidak terlalu panas, dan patut juga anda ingat hindari kandang burung terkena hembusan angin secara langsung dan terus menerus,

– Kebersihan Kandang. Faktor ini sangat berperan dalam kesuksesan anda beternak dan memilihara burung kenari dimana sebaiknya kandang burung kenari dicuci 1 x dalam sebulan untuk menjamin kebersihan kandang burung. Maka dari itu beternak burung kenari harus disesuaikan dengan kemampuan anda merawat dan membersihkan kandang sebab banyak peternak burung kenari mengalami kegagalan sebab ketidak mampuan dan menelentarkan kebersihan kandang dengan memiliki banyak kandang burung kenari melebihi kemampuannya.

Sekian informasi kami mengenai Menyiapkan Kandang Ternak Kenari Yang Baik dan Benar yang semoga bermanfaat bagi anda para pecinta burung yang ingin beternak burung kenari. Terima kasih.

Baca juga informasi kami mengenai Cara Ternak Kenari Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *