You are here
Mudahnya Ternak Puyuh Petelur Yang Menguntungkan Peternakan 

Mudahnya Ternak Puyuh Petelur Yang Menguntungkan

Pak-Tani.com – Ternak puyuh petelur memang sudah banyak dilakukan karena memang memberikan hasil yang kenakjubkan dan tentunya menguntungkan. Beternak memang menjadi suatu pekerjaan yang cukup berat sehingga membutuhkan kegigihan untuk melakukannya tidak hanya pikiran semata. memulai sebuah usaha memang menjadi hal yang membutuhkan pemikiran yang matang, sehingga sebelum memulainya membutuhkan pengetahuan dasar terkait usaha yang akan anda lakukan. Untuk ternak puyuh yang bertelur memang membutuhkan ilmu karena jika salah akan membuat puyuh bisa berhenti bereproduksi, maka dari itu bagi anda yang berniat untuk beternak puyuh tersebut maka bisa menyimak artikel ini yang akan membahas bagaimana cara tepat beternak puyuh petelur sehingga hasilnya bisa maksimal.

Hal-hal penting dalam ternak puyuh petelur

Menyimak uraian di atas pastinya membuat anda menjadi penasaran benarkah ternak puyuh petelur tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Jika penasaran jangan lupa simak uraiannya hingga selesai. Namun sekarang akan dijelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai tahapan lainnya yaitu pemilihan lokasi yang tepat, lebih baiknya jauhkan dari keramaian atau pemukiman warga. Lokasinya harus jauh dari penyebaran wabah penyakit atau sejenisnya, terutama jauhkan dari kawasan yang mudah terkena banjir. Lokasi peternakan mudah dijangkau agar pemasarannya lebih cepat.

Mudahnya Ternak Puyuh Petelur Yang Menguntungkan
Mudahnya Ternak Puyuh Petelur Yang Menguntungkan

Baca juga : Menggeluti Pembudidayaan Ternak Cucak Ijo

Langkah pembuatan kandang untuk ternak puyuh petelur

Selain berbagai hal yang telah diuraikan di atas saatnya anda juga harus memikirkan masalah kandang karena merupakan hal yang penting juga. Untuk kandang ternak puyuh petelur baiknya minimal berukuran 2 x 0,5 m yang disusun hingga 5 lantai dimana setiap pembatas setiap lantainya diberikan triplek untuk tempat kotoran. Dinding kandangnya gunakan jaring dari kawat agar mudah mendapat udara untuk sirkulasinya. Untuk kaki sebaiknya tinggi agar puyuh terbawah tidak mudah lembab karena terkena air, sedangkan untuk tempat pakannya harus diperhatikan peletakannya agar puyuh mudah mengambil makanannya.

Selain itu anda juga sangat perlu memperhatikan tempat minumnya yang bisa diletakkan disamping kandang dengan penggantian 1 x sehari bisa pagi atau malam hari. Untuk pakannya anda bisa mensuplai dengan teratur sama dengan pergantian minumnya dan tidak boleh telat karena akan berakibat buruk bagi burung puyuhnya sendiri. Kebersihan kandang puyuh petelur harus diperhatikan dengan teratur membersihkan 3 hari sekali terutama untuk triplek tempat kotoran tersebut. Dengan melakukan berbagai langkah tersebut secara tepat pastinya akan dapat menghasilkan telur yang banyak dan pastinya menguntungkan.

Baca juga : Tips Ternak Bebek Petelur Yang Baik dan Benar

Langkah meningkatkan untuk produktifitas burung puyuh petelur

Selain memberikan uraian tentang cara beternak burung puyuh ini artikel ini juga akan memberikan anda langkah agar puyuh anda bisa lebih tinggi produksinya. Pemilihan bibit menjadi penentu, sehingga perhatikan dalam memilih dan usahakan menggunakan bibit berkualitas agar hasilnya juga berkualitas. Perhatikan juga umur puyuhnya, semakin tua akan semakin turun produksinya sehingga agar teratur meregenerasi puyuh agar produksinya tinggi. Perawatan burung puyuh juga harus sangat diperhatikan agar burung puyuh tersebut dapat tetap hidup dalam keadaan sehat dan nyaman sehingga produksinya juga maksimal.

Itulah berbagai informasi yang bisa anda simak dalam artikel ini dan semoga semua informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda baik yang sudah memiliki ternak tersebut agar lebih baik atau yang baru memulainya. Memang selain langkah tepat anda juga harus memiliki usaha yang keras dan pantang menyerah sebab sebuah usaha memang menantang keberanian anda. Nah saatnya anda mencoba banyak keuntungan dari ternak puyuh petelur yang menakjubkan ini.

Related posts

Leave a Comment