You are here
Budidaya Kroto Bagi Pemula Peternakan 

Panduan Budidaya Kroto Bagi Pemula

Pak-Tani.com Sebelum membahas budidaya kroto, bagi anda yang belum mengetahui apa itu kroto adalah merupakan telur dan larva yang dihasilkan semut rangrang dimana kroto dimanfaatkan sebagai pakan berbagai budidaya sebagai pakan yang mengandung banyak protein dan gizi yang membantu kesuksesan sebuah budidaya seperti ikan dan burung. Walaupun kroto hanya merupakan telur dan larva, tetapi jangan salah mengenai potensi keuntungannya dimana kroto sangatlah populer dikalangan pelaku budidaya dimana para peminatnya sangat banyak yang berimbas pada harga jual yang tinggi.
Budidaya Kroto Bagi PemulaDengan semakin populernya kroto sebagai pakan ikan dan burung yang sangat baik, budidaya proto pun dilirik dimana ketersediaan proto di alam tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar yang meningkat pesat, dimana dengan budidaya proto maka populasi alami di alam pun kembali normal dan para peminat kroto tidak susah lagi berburu kroto di alam.

Bagi anda yang berminat terjun ke usaha budidaya kroto yang mudah dan modal yang kecil ini tetapi menjanjikan keuntungan yang besar ini, berikut kami berikan panduan budidaya kroto bagi pemula untuk budidaya kroto yang baik dan benar sebagai berikut :

Persiapan Larva Kroto
Langkah awal ini akan sedikit menguras perhatian dan tenaga anda, dimana anda perlu mencari sarang ratu semut dengan membedah satu-persatu sarang semut tanpa harus merusak habitat semut tersebut, yang mana dapat anda temukan pada sarang semut yang memilik larva dan telur.

Wadah Budidaya Kroto
Untuk budidaya kroto anda perlu membuat rak berkaki yang terbuat dari bahan kayu, besi, atau pipa yang disambungkan agar tidak terdapat celah dimana koloni semut dapat keluar dari rak tersebut. Jangan lupa tambahkan wadah berisi air pada bagian bawah kaki rak tersebut untuk mencegah semut keluar dari rak tersebut.

Media Sebagai Rumah Sarang Untuk Kroto atau semut rangrang
Media sebagai rumah sarang dapat dibuat dari pipa atau toples plastik, dengan melubangi bagian atas media dengan diameter sekitar 1 cm agar menjadi jalur semut keluar masuk untuk mencari makanan dan pakan yang telah anda sediakan. Dimana media tersebut anda masukkan di rak yang telah anda sediakan sebelumnya.

Makanan Kroto / Semut Rangrang
Untuk hal ini maka diperlukan campur tangan manusia agar semut tidak berkeliaran mencari makanan mereka sendiri, dimana anda dapat menyediakan pakan berupa, bangkai hewan kecil, tulang, carian manis hingga sisa daging untuk pakan semut agar meningkatkan produksi mereka yang anda siapkan pada rak yang telah anda buat.

Panen Kroto / Semut Rangrang
Perlu anda ketahui masa semut rang-rang dari mulai sebutir pasir, hingga sebesar biji padi dan menjadi larva siap panen membutuhkan waktu sekitar 15-20 hari. Dimana untuk memanen kroto dari toples media kroto anda dapat menggunakan penyaringan dan sarung tangan untuk memisahkan semut rangrang dan larvanya.

Sekian informasi kami mengenai Panduan Budidaya Kroto Bagi Pemula yang patut anda lirik baik sebagai usaha sampingan atau utama yang menjanjikan keuntungan yang besar dengan cara yang mudah dan modal yang sedikit.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan Benar

Related posts

Leave a Comment