You are here
Panduan Dan Tips sukses Budidaya Ikan Gurame Perikanan 

Panduan Dan Tips sukses Budidaya Ikan Gurame

Pak-Tani.com – Ikan gurame tentu bukan menjadi nama yang asing bagi anda para pecinta kuliner berbahan ikan, dimana ikan gurame banyak disukai oleh masyarakat karena tekstur dagingnya yang gurih dan lezat serta dapat diolah menjadi berbagai kuliner yang nikmat. Kuliner berbahan ikan gurame pun dapat dengan mudah ditemukan dijajakan mulai dari warung kecil hingga restoran mewah sekalipun, sehingga membuat ikan gurame menjadi salah satu komodoti perikanan yang memiliki permintaan pasar yang tinggi.
Panduan Dan Tips sukses Budidaya Ikan Gurame
Dengan melihat peluang mengenai tingkat kepopuleran ikan gurame di masyarakat dengan permintaan pasar yang selalu meningkat tentunya membuat banyak pelaku usaha yang melirik budidaya ikan gurame untuk mencukupi kebutuhan pasokan permintaan pasar dengan harga jual yang tergolong tinggi sehingga keuntungan pun dapat dengan mudah diraih dimana untuk budidaya ikan gurame pun tergolong cukup mudah. Nah, Tertarik ingin menekuni budidaya ikan gurame ? berikut kami berikan Panduan Dan Tips sukses Budidaya Ikan Gurame bagi anda para pemula yang ingin melirik usaha ini baik sebagai usaha sampingan maupun utama.

Pemilihan bibit
Tentunya sebelum memulai budidaya, anda memerlukan bibit ikan gurame yang unggul dan baik untuk kunci sukses budidaya anda, yang dapat anda siapkan dengan cara membeli dari sesama pelaku budidaya, toko perikanan, maupun anda dapat mengawinkan sendiri indukan betina dan indukan jantan ikan gurame. Adapun cara membedakan dan ciri-ciri indukan siap kawin sebagai berikut :

Indukan Ikan Gurame Jantan
Dahi agak menonjol dan sedikit menyerupai cula
Dasar sirip pada dada memiliki warna yang agak terang keputihan
Indukan yang baik dan siap kawin berusia 3 – 7 tahun
Jika digencet, ikan dapat mengeluarkan cairan putih sperma dari kelamin
Jika ditempatkan pada tempat yang datar, ekor secara otomatis akan naik keatas

Indukan Ikan Gurame Betina
Dahi rata
Memiliki ujung sirip bundar dan bulat  
Memiliki dagu yang tidak terlalu menonjol
Indukan yang baik dan siap kawin berusia 2,5 – 6 tahun
Dasar sirip pada dada berwarna gelap dan kehitaman

Pembuatan Kolam Budidaya Ikan Gurame
Untuk penyiapan kolam yang baik untuk budidaya, anda dapat menggunakan 2 cara yakni :

1.Melakukan penggalian tanah dengan memiliki kedalaman tertentu untuk menjadi kolam dan menempatkan terpal pada dalam kolam
2.Membuat tiang-tiang kayu untuk menadi pegangan terpal, agar membentuk kolam ditas tanah tanpa perlu menggali tanah.

Penting untuk mengingat bahwa terpal yang anda gunakan sudah terbebasa dari patogen, dengan cara member garam dengan takaran 2 ons per 1 meter kubik dan dicuci hingga bersih, baru kemudian diisi air.

Penebaran Bibit Ikan Gurame
sebelum menebar bibit ikan gurame di kolam budidaya, pastikan bibit yang anda siapkan berada dalam kondisi sehat, dan baik. Dan untuk bibit yang tidak kelihatan sehat, dapat anda karantina disuatu wadah khusus terlebih dahulu.

Pemeliharaan Ikan Gurame
Untuk pemeliharaan, maka tentunya tidak terlepas dari pemberian pakan yang teratur dan rutin agar ikan gurame dapat bertumbuh dengan cepat. Adapun pakannya dapat berupa sayuran, daun-daunan, atau pelet ikan yang memiliki kandungan protein 25% hingga 30% dan hindari pemberian pakan yang berlebihan, tetapi teratur.

Adapun untuk kebersihan air juga merupakan hal penting dalam pemeliharaan ikan gurame, dimana ikan gurame membutuhkan air kolam yang selalu bersih dan memiliki kandungan oksigen yang memadai, untuk anda perlu rutin mengganti air kolam secara berkala deengan menguras volumer kolam sekitar 30 % dan memberi air baru sekitar 1 minggu sekali, penambahan filter air juga akan sangat baik untuk kesuksesan budidaya anda.

Sekian informasi kami mengenai Panduan Dan Tips sukses Budidaya Ikan Gurame, semoga dapat bermanfaat dan membantu bagi anda yang berminat terjun ke usaha budidaya ikan gurame yang menggiurkan ini. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Tips dan Cara Budidaya Lele Dengan Kolam Terpal

Related posts

Leave a Comment