You are here
Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula Perikanan 

Panduan Dasar Usaha Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula

Pak-Tani.com Budidaya ikan nila pastinya sudah sering anda dengar yang dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia dimana hal tersebut tidak terlepas dari besarnya permintaan pasar akan kebutuhan salah satu jenis komodoti perikanan yang menjadi favorit bagi banyak masyarakat Indonesia. Kelezatan ikan Nila yang dapat diolah menjadi berbagai jenis kuliner yang sedap dan menggugah selera serta kemudahan masyarakat menikmati kuliner berbahan ikan nila di berbagai warung, dan restoran menjadi salah  satu faktor pendukung mengapa ikan nila begitu terkenal di Indonesia.
Budidaya Ikan Nila Bagi PemulaMelihat potensi tersebut, tentu budidaya ikan nila banyak dilirik oleh para pelaku usaha yang dimana ikan nila termasuk salah satu jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan sebab mudah dikembangbiakkan dan juga menawarkan keuntungan yang besar untuk para pelaku budidaya dengan permintaan pasar yang besar dan masa pertumbuhan serta masa panen ikan yang dapat dikatakan tergolong singkat dan cepat. Bagi anda yang berminat terjun pada usaha budidaya ikan nila, berikut kami akan memberikan Panduan Dasar Usaha Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula.

Beberapa hal yang membuat anda patut melirik budidaya ikan nila sebagai usaha budidaya yang menguntungkan yakni :

– Ikan Nila mempunyai daya tahan yang tinggi
– Ikan Nila cepat beradaptasi akan perubahan lingkungan
– Ikan Nila merupakan ikan berjenis omnivora dengan potensi pertumbuhan yang sangat cepat
– Ikan Nila merupakan ikan yang mempnyai ketahanan tubuh dan kebal terhadap serangan virus dan penyakit
– Ikan Nila cepat berkembang biak
– Ikan Nila mudah di budidayakan di berbagai kolam
– Ikan Nila kaya akan gizi dan vitamin

Nah, setelah beberapa keunggulan budidaya ikan nila dibandingkan budidaya lainnya, berikut beberapa panduan dasar dalam Usaha Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula

Tempat/Wadah Budidaya dan Pemeliharaan Budidaya Ikan Nila
Untuk budidaya ikan nila dapat dilakukan di pada kolam tanah, tambak, bekas persawahan, hingga kolam terpal. Tetapi banyak pelaku budidaya menggunakan kolam terpal untuk menghemat lahan dan biaya.

Pembuatan Kolam Budidaya Ikan Nila
Sebagai perbandingan, kolam berukuran 2×2 m dan tinggi 2,5m ideal untuk menampung sekitar 15000 ekor ikan nila yang luasnya kolam nantinya dapat anda sesuaikan dengan lahan dan kebutuhan anda. Adapun yang perlu anda persiapkan untuk kolam budidaya ikan nila yakni :

– Kolam dalam keadaan belum diisi air, masukkan pupuk kandang dengan mencapai ketinggian sekitar 2 cm
– Tambahkan daun lapuk dan yang sudah membusuk
– Tambahkan garam dan kapur merata pada permukaan kolam
– Setelah semua sudah dilakukan , diamkan kolam selama 2 hari
– Kolam silahkan diisi air dan didiamkan lagi selama 1 minggu sebelum penebaran bibit ikan nila.

Adapun persiapan tersebut, untuk memodifikasi kolam sesuai dengan habitat asli ikan nila dan menyediakan makanan alami bagi ikan nila.

Pemilihan Bibit Ikan Nila
Pilihlah bibit ikan nila yang sehat, dan tidak mudah terserang penyakit yang dapat dengan mudah anda temukan di toko-toko perikanan atau sesama pelaku budidaya ikan nila.

Perawatan Ikan Nila
Untuk perawatan ikan nila termasuk mudah, dimana pemberian pakan selama 2 x dalam sehari pada pagi dan sore hari, menjaga kolam agar tetap bersih dan alangkah lebih bagusnya jika kolam anda memiliki sirkulasi air yang terus mengalir, dan pemberian vitamin.

Panen Ikan Nila
Ikan Nila dapat dipanen ketika sudah berusia 4 hingga 6 bula sejak penebaran benih, yang dapat anda panen sesuai dengan bobot dan berat yang anda inginkan.

Sekian Panduan Dasar Usaha Budidaya Ikan Nila Bagi Pemula yang dapat kami sampaikan, semoga menjadi referensi yang baik untuk anda yang ingin menekuni bisnis ikan nila yang potensial dengan cara budidaya yang relatif mudah dan modal yang kecil. Terima kasih.

Baca juga informasi kami lainnya mengenai Cara Budidaya Belut Mudah Menggunakan Drum

Related posts

Leave a Comment