You are here
Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan Benar Peternakan 

Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan Benar

Pak-Tani.comBudidaya cacing tanah dan cacing sutra merupakan budidaya yang berbeda dimana budidaya cacing sutra telah kami bahas sebelumnya. Cacing tanah dan cacing sutra memiliki pasarnya sendiri sehingga kedua budidaya cacing berbeda jenis dan konsumennya. Jika cacing sutra biasa digunakan sebagai pakan ikan hias dan mas, maka cacing tanah merupakan pakan untuk unggas dan juga ikan, yang mana cacing tanah diyakini memiliki kandungan yang sangat baik seperti air, mineral, protein 64-76%,lemak 7-10%, energi 900-41 kal dan juga kandungan asam amino yang lengkap untuk dimanfaatkan sebagai pakan hewan.
Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan BenarTentunya dengan betapa pentingnya manfaat cacing tanah bagi para peternak dan budidaya ikan, maka peluang usaha budidaya cacing tanah akan sangat mennggiurkan untuk dilirik dimana cara budidayanya pun cukup mudah, lahan yang sempit dan modal yang minim. Nah, jika anda tertarik untuk memulai usaha budidaya cacing tana, maka berikut kami akan berikan panduan Budidaya Cacing Tanah dengan baik dan benar untuk hasil yang maksimal.

Siapkan Kotak Budidaya
Untuk budidaya cacing tanah, anda cukup menyiapkan kotak sebagai wadah budidaya dimana ukurannya dapat disesuaikan dengan jumlah yang anda perkirakan untuk dapat menampung semua cacing tanah anda baik saat pemeliharaan hingga masa panen. Adapun kotak budidaya dapat dibuat dari bahan kayu, plastik, hingga kaca.

Membuat Lahan dan Habitat Cacing Tanah
Agar cacing dapat bertumbuh kembang dengan baik tentunya anda harus membuat wadah tempat budidaya menjadi tempat yang menyerupai habitat asli cacing tanah, adapun caranya yakni sebagai berikut :

-Gunakan pupuk kompos yang dicampurkan berbagai limbah seperti dari limbah pasar dan limbah pertanian dan kemudian dimasukkan pada wadah dengan mencapai ketebalan sekitar 15 cm.
-Masukkan air dan diaduk rata
-Lalu didiamkan selama 4 minggu untuk masa fermentasi
-Kemudian campurkan lagi kotoran hewan dan media hidup dengan takaran 30:70%
-Masukkan bahan kapur sebanyak 1% untuk menjaga pH lahan dan tingkat keasaman
-Pastikan suhu pada wadah sekitar 15-25 derajat celcius
-Masukkan cacing tanah yang akan dibudidaya
-Lapisi media dengan bahan seperti karung atau plastik agar tidak mudah kering

Pakan cacing tanah
Untuk sebagai pakan cacing tanah agar perkembangan cacing tanah dapat bertumbuh dan berkembang biak dengan baik adalah anda cukup menyiapkan kotoran ternak seperti kotoran ayam, kambing atau sapi, dimana kotoran tersebut di buat menjadi seperti bubur atau bubuk sebelum diberikan pada cacing tanah, adapun untuk takarannya disesuaikan dengan berat cacing tanah yang anda budidayakan.

Pengendalian Hama
Siapkan kawat kasa sebagai penutup kotak atau wadah budidaya anda, yang bertujuan untuk melindungi budidaya anda dari serangan hama seperti semut, lipan, lalat, burung, dan hama lainnya yang dapat merusak hasil panen anda nantinya. Pemilihan kawat kasa sebagai penutup wadah, sebab kawat kasa juga akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk cacing tanah.

Panen
Panen cacing tanah siap anda lakukan setelah budidaya telah berusia 2,5 bulan hingga 3 bulan, atau saat anda telah melihat terdapat banyak kotoran dan telur cacing.

Sekian informasi kami mengenai Panduan Lengkap Budidaya Cacing Tanah Yang Baik dan Benar, yang akan menjadi usaha yang cukup mudah dan gampang dilakukan sebagai usaha bisnis rumahan baik sebagai usaha sampingan maupun utama. Budidaya cacing tanah ini, selain anda dapat menjual panen cacing tanah, anda juga memanfaatkan kotoran cacing hasil budidaya menjadi pupuk organik. Menarik bukan ?

Related posts

Leave a Comment