You are here
Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Tiram Perkebunan Pertanian 

Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Tiram

Pak-Tani.com – Bagi para pecinta kuliner khususnya pecinta jamur tentu sudah pernah mendengar jamur tiram yang bernama latin Pleurotus ostreatus dan terkenal lezat, bahkan jamur tiram ini merupakan hidangan favorit para raja Mesir dahulu kala dan dikenal sebagai bahan makanan yang dapat dikonsumsi sejak 3.000 tahun lalu tetapi karena persediaan yang terbatas, sehingga rakyat biasa pada jaman dahulu dilarang untuk mengkonsumsi jamur yang kono bahkan dapat memberikan kekuatan super di beberapa negara seperti Meksiko, Rusia dan Yunani.Terlepas dari cerita jaman dahulu, kenikmatan dan kelezatan jamur tiram sebagai bahan makanan hingga jaman modern seperti sekarang pun, jamur tiram tetap menjadi jamur primadona untuk urusan jenis jamur dan hal ini tentu menjadi sebuah proyeksi bisnis yang sangat bagus untuk para pelaku usaha untuk berbudidaya Jamur Tiram.
Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur TiramBudidaya Jamur Tiram menjadi peluang usaha yang sangat baik sebab berbudidaya jamur tiram dapat dikatakan mudah tetapi jika dilakukan dengan cara yang benar, sebab tidak jarang para pelaku budidaya jamur tiram menemui kegagalan dalam membudidayakannya jamur tiram ini. Nah untuk itu, berikut kami akan berikan Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Tiram sebagai tips bagi anda yang baru ingin memulai maupun yang menemukan kegagalan dalam berbudidaya jamur tiram seperti berikut :

Baglog
Untuk meletakkan bibit jamur tiram yang akan dibudidaya, maka anda menggunakan wadah bernama baglog yang cara membuatnya dari serbuk gergaji yang dibungkus plastik dengan bentuk silinder dan melubangi salah satu ujung plastik.

Siapkan Rumah Kumbung
Hal yang paling pertama yang harus dilakukan untuk budidaya jamur tiram adalah membuat rumah kumbung sebagai tempat baglog bagi pertumbuhan jamur. Bagi anda yang tidak mengetahui rumah kumbung adalah tempat yang sengaja dibuat dari bambu atau kayu dimana papan dindingnya dari papan dan beratap genteng yang kemudian didalam rumah kumbung dibuat rak-rak bertingkat untuk penempatan baglog.

Adapun untuk raknya bisa terbuat daru bambu yang sesuai dengan ukuran baglog yang anda siapkan, dan sebelumnya menempatkan baglog di dalam rumah kumbung ada baiknya anda bersihkan dulu dengan melakukan penyemprotan fungisida dan didiamkan selama 2 hari sebelum mengisi rak dengan baglog.

Perawatan Baglog
Sebelum baglog ditempatkan dirak di rumah kumbung, pastikan telah memotong ujung baglog dengan tujuan memberikan ruang agar jamur dapat tumbuh lalu dibiarkan selama 3 hari tanpa penyiraman, apabila melakukan penyiraman dilakukan pada bagian lantai dengan maksud menjaga kelembapan saja, dan setelah 3 hari untuk penyiraman jamur tiram dilakukan dengan sprayer yang berbentuk kabut dan jangan melakukan penyiraman langsung. Dan untuk menjaga suhu baglog, usahakan agar suhu didalam rumah kumbung sekitar 16-24 derajat saja.

Masa Panen
Jika semua dilakukan dengan tepat, maka masa panen budidaya jamur tiram perdana anda dapat dilakukan setelah berumur 1-2 minggu ketika permukaan baglog sudah tertutup dengan miselium. Untuk jamur tiram yang betul-betul sudah dapat dipanen yakni ketika ujung jamur sudah meruncing dan berwarna putih bersih dan tudung yang belum pecah. Adapun jarak panen selanjutnya adalah sekitar 2-3 minggu, dan baglog yang telah dipakai dapat dibuang atau digunakan menjadi kompos untuk tanaman.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai Panduan Lengkap Cara Budidaya Jamur Tiram yang bagi anda yang tertarik berbudidaya jamur tiram atau mengalami kegagalan dalam berbudidaya jamur tiram patut mencoba panduan budidaya yang kami uraikan, terima kasih.

Baca juga artikel menarik kami lainnya mengenai Tips Lengkap Cara Sukses Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula

Related posts

Leave a Comment