You are here
Cara Menanam Kacang Panjang Sayur 

Panduan Praktis Cara Menanam Kacang Panjang

Cara Menanam Kacang Panjang – Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Jika ditinjau dari segi bisnis, tanaman yang satu ini tergolong masih sangat potensial untuk dikembangkan. Nah, untuk Anda yang ingin memulai usaha cocok tanam kacang panjang, Anda dapat mengikuti langkah – langkah cara menanam kacang panjang berikut ini :

Cara Menanam Kacang Panjang

Tahap Pemilihan Bibit

Agar tanaman kacang panjang yang ditanam bisa tumbuh dan menghasilkan buah dengan optimal, maka Anda perlu melakukan penyortiran bibit yang akan digunakan. Bibit kacang panjang yang baik memiliki ciri – ciri bernas / kusam, memiliki bentuk yang sempurna / tidak cacat, tidak berasal dari tanaman yang terserang penyakit, dan memiliki tingkat perkecambahan lebih dari 90%.

Tahap Persiapan Lahan

Sebelum kacang panjang bisa ditanam, Anda perlu mempersiapkan lahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Penanaman kacang panjang biasanya dilakukan dengan menggunakan sistem bedengan single row dengan ukuran lebar 80 cm dan tinggi sekitar 40 cm.

Sebelum bedengan dibentuk, Anda harus memastikan bahwa lahan yang akan dibuat bedengan telah bersih dari berbagai macam tanaman gulma dan juga berbagai macam benda – benda pengganggu lainnya. Selain itu, sebelum bedengan dibentuk Anda juga perlu menggemburkan dan memupuk tanah yang akan digunakan terlebih dahulu. Kegiatan pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang dengan takaran 1 ton untuk setiap hektar lahan.

Cara Menanam Kacang Panjang

Di sela – sela bedengan, Anda harus menyediakan spasi jarak yang berfungsi sebagai drainase dengan lebar kurang lebih sekitar 50 cm. Di setiap bedengan nya sendiri, Anda harus membuat lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 30 x 40 cm.

Tahap Penanaman Bibit ke Lahan

Setelah lahan siap untuk digunakan, selanjutnya Anda dapat langsung menebar benih yang telah Anda siapkan ke dalam lubang tanam di bedengan. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya masalah tidak tumbuh, Anda sebaiknya menebar 2 biji kacang panjang di setiap lubangnya. Setelah benih ditebar, jangan lupa untuk menutup lubang tanam dengan menggunakan abu dapur yang telah dicampur dengan pupuk kandang.

Agar kemungkinan biji tumbuh bisa lebih besar, kegiatan penanaman bibit ini sebaiknya dilakukan di awal musim penghujan sehingga bibit bisa mendapatkan suplay air yang cukup.

Tahap Pemeliharaan Tanaman

Untuk mendukung tumbuh kembang tanaman kacang panjang, Anda perlu melakukan beberapa aktivitas pemeliharaan tanaman seperti penyulaman, pengajiran, penyiangan, pengairan, pemupukan, dan juga pembasmian hama (hanya ketika hama muncul).

Kegiatan penyulaman dapat dilakukan ketika tanaman berusia 5 hingga 7 hari. Untuk pengajiran sendiri dapat dilakukan setelah tanaman berusia kurang lebih sekitar 2 hingga 3 minggu.

Untuk mencegah perkembangan gulma, Anda perlu melakukan aktivitas penyiangan setiap 1 minggu sekali. Sedangkan untuk kegiatan pengairan sebaiknya dilakukan setiap hari di pagi ataupun sore hari (di musim kemarau).

Agar tanaman bisa tumbuh dengan subur, Anda juga perlu melakukan pemupukan ulang ketika tanaman berusia 45 hari dengan menggunakan beberapa macam pupuk seperti urea (50 kg/ha), KCL (75 kg/ha), dan SP36 (25 kg/ha). Sistem pemupukannya sendiri dapat dilakukan dengan jalan menebarkan campuran pupuk di lahan tempat kacang panjang ditanam.

Tahap Panen

Kacang panjang biasanya sudah dapat dipanen ketika usia tanaman kacang panjang telah mencapai 3 hingga 4 bulan. Kacang panjang yang siap untuk dipanen memiliki ciri – ciri berupa ukuran polong yang sudah optimal dan tekstur kulit kacang panjang yang mudah untuk dipatahkan.

Untuk memanen kacang panjang, Anda hanya perlu memetiknya secara manual menggunakan tangan secara langsung. Agar hasil panen kacang panjang bisa lebih segar, Anda sebaiknya melakukan kegiatan panen kacang panjang di pagi hari sebelum jam 7.

Demikianlah panduan praktis cara menanam kacang panjang yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Related posts

Leave a Comment